Mahfud MD Nilai Formula E Ditunda Anies Karena Khawatir Tak Sukses

Oleh: Hendra Friana - 12 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Menkopolhukam Mahfud MD menilai pembatalan Formula E disebabkan kekhawatiran tak suksesnya acara tersebut karena Corona (COVID-19).
tirto.id - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menilai penundaan Formula E oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lantaran khawatir ajang balap mobil listrik itu tak sukses.

Sebab, menurutnya, hingga saat ini Jakarta masih aman di tengah merebaknya virus corona jenis baru, COVID-19.


"Karena melihat situasi jangan-jangan itu (Formula E nanti) tidak sukses kan, karena kecenderungan di banyak dunia menghendaki agar menghindarkan perkumpulan-perkumpulan orang terlalu banyak, seperti tontonan dan sebagainya," ujarnya di Kemenko Polhukam, Jakarta, Kemarin (11/3/2020) seperti dikutip Antara.

Ia bilang juga menyampaikan kekhawatiran atas sepinya animo penonton karena wabah Coron adalah hal wajar. "Itu mungkin kalau enggak banyak orang yang nonton kan rugi juga, lalu ditunda, barangkali," jelas Mahfud.

Meski demikian, Mahfud tak tahu pasti alasan Anies melakukan penundaan.

"Yang tahu alasan penundaan itu tentu Pak Anies, karena memang Pak Anies yang punya program itu, program formula itu, dia yang mengumumkan dulu bahwa akan ada itu, lalu dia juga yang kalau harus ditunda," tuturnya.

Hingga saat ini, ia bilang, persoalan corona sudah ditangani oleh pemerintah dengan baik. "Situasi Jakarta itu biasa-biasa saja, enggak ada kepanikan yang luar biasa," ujar Mahfud.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan menunda gelaran Formula E. Sebelumnya, lomba jet listrik tersebut sudah dijadwalkan akan berlangsung di Jakarta pada 6 Juni 2020 mendatang.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan penundaan Formula E di Jakarta sebagai bentuk tanggung jawab Pemprov DKI menjaga keselamatan warga ibu kota dari penularan virus corona (COVID-19).

Lebih lanjut Anies mengatakan penundaan Formula E ini turut diterima oleh pihak FIA Formula E selaku pemilik ajang balapan mobil listrik itu.

"Alhamdulillah pihak Formula E dan FIA menyetujui itu, sehingga hari ini kami di Jakarta dan mereka (FIA) di Eropa akan bersama- sama mengumumkan bahwa Formula E bulan Juni tidak dilaksanakan," kata Anies.

Anies juga mengatakan belum memastikan tanggal dihelatnya Formula E karena keputusan itu nantinya harus melihat perkembangan virus corona di Indonesia.

"Fokus kita saat ini bukan Formula E tapi keselamatan warga," kata Anies.


Baca juga artikel terkait FORMULA E atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Penulis: Hendra Friana
Editor: Hendra Friana
DarkLight