Menuju konten utama

Login dikdin.bkn.go.id 2022: Cek Status Tiket & Koneksi Terputus

Selama melakukan pendaftaran di dikdin.bkn.go.id peserta mungkin akan mengalami kendala seperti koneksi terputus atau web tidak dapat diakses.

Login dikdin.bkn.go.id 2022: Cek Status Tiket & Koneksi Terputus
Ilustrasi Laman Sekolah Kedinasan. foto/https://dikdin.bkn.go.id/

tirto.id - Peserta yang ingin mendaftar sekolah kedinasan 2022 diharuskan untuk melakukan login di laman dikdin.bkn.go.id. Selama melakukan pendaftaran, peserta mungkin akan mengalami kendala seperti koneksi terputus atau web tidak dapat diakses.

Kendala-kendala yang dialami bisa dipantau solusinya melalui laman FAQ. Namun, jika tidak menemukan solusi, maka peserta dapat mengadukannya di fitur Helpdesk dan menerima nomor tiket aduan. Nantinya, perkembangan status aduan bisa dipantau di laman Cek Status Tiket secara berkala.

Pendaftaran masuk sekolah kedinasan 2022 dibuka serentak secara nasional mulai dari 9 April hingga 30 April 2022. Rangkaian kegiatan pendaftaran, seperti pembuatan akun hingga unggah berkas-berkas pendaftaran akan melibatkan platform SSCASN DIKDIN di link dikdin.bkn.go.id.

SSCASN DIKDIN sendiri merupakan Sistem Seleksi Sekolah Kedinasan yang dikembangkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Panitia seleksi nasional (panselnas) mengumumkan bahwa tahun ini akan dibuka 7.080 kuota formasi calon mahasiswa/taruna baru untuk 30 sekolah kedinasan. Sekolah-sekolah kedinasan tersebut berada di bawah naungan 8 kementerian dan lembaga.

Kementerian dan lembaga yang terlibat, yaitu Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Keuangan, Badan Pusat Statistik, Badan Intelijen Negara, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Badan Siber dan Sandi Negara, dan Kementerian Perhubungan.

Jadwal Seleksi Sekolah Kedinasan 2022

Seleksi sekolah kedinasan 2022 rencananya akan berlangsung selama beberapa bulan, tergantung kebijakan dari BKN dan masing-masing sekolah kedinasan. Jadwal secara umum yang sudah dirilis oleh panselnas saat ini berupa jadwal pendaftaran hingga ujian SKD, sebagai berikut:

  • Pengumuman pendaftaran: 1 - 8 April 2022
  • Pendaftaran: 9 - 30 April 2022
  • Ujian SKD: Mei - Juni 2022
  • Seleksi lanjutan: diatur oleh masing-masing sekolah kedinasan.

Perlu diketahui bahwa jadwal tersebut masih bersifat tentatif, sehingga masih ada kemungkinan perubahan selama pelaksanaan seleksi. Jadwal lebih lengkap terkait seleksi lanjutan bisa disimak di portal informasi resmi masing-masing sekolah kedinasan.

Alur Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022

Pendaftaran sekolah kedinasan 2022 melalui serangkaian tahap, mulai dari pembuatan akun hingga pembayaran biaya seleksi. Berdasarkan informasi yang tercantum di laman SSCASN DIKDIN berikut alur pendaftaran sekolah kedinasan 2022:

  1. Peserta mengakses portal sekolah kedinasan https://dikdin.bkn.go.id;
  2. Peserta membuat akun SSCASN DIKDIN menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang telah tervalidasi oleh Dukcapil dan mencetak Kartu Informasi Akun;
  3. Peserta melakukan login ke SSCASN DIKDIN menggunakan NIK dan password yang sudah didaftarkan;
  4. Peserta melakukan pendaftaran dengan cara mengunggah swafoto, memilih sekolah, melengkapi nilai, mengunggah berkas, dan melengkapi biodata;
  5. Peserta melakukan cek resume dan mencetak kartu pendaftaran;
  6. Tim verifikator instansi akan memverifikasi data dan berkas Peserta;
  7. Peserta memantau status kelulusan di SSCASN DIKDIN;
  8. Peserta yang dinyatakan lulus kelengkapan administrasi berkas akan memperoleh kode billing yang digunakan untuk pembayaran di masing-masing sekolah kedinasan;
  9. Peserta mencetak kartu ujian setelah melakukan pembayaran;
  10. Peserta mengikuti ujian seleksi sesuai dengan ketentuan masing-masing instansi atau sekolah kedinasan;
  11. Peserta memantau pengumuman hasil seleksi sekolah kedinasan melalui SSCASN DIKDIN.

Cara Cek Status Tiket Aduan SSCASN DIKDIN

Kendala yang dihadapi selama pendaftaran sekolah kedinasan 2022 di SSCASN DIKDIN bisa diadukan melalui laman Helpdesk. Laman ini memungkinkan peserta memperoleh solusi terkait kendala data diri maupun keamanan.

Peserta yang ingin melakukan aduan wajib mengisi formulir aduan yang berisi data diri, Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan nomor Kartu Keluarga (KK). Peserta juga diharuskan mengunggah file scan KTP serta foto selfie memegang KTP untuk mengajukan aduan.

Setelah aduan diajukan, peserta akan menerima nomor tiket aduan. Nomor ini harus disimpan untuk bisa dicek perkembangan statusnya. Melansir laman tanya jawab SSCASN DIKDIN, berikut cara cek tiket aduan di laman Helpdesk:

  • Buka laman Helpdesk di link https://helpdesk-sscasn.bkn.go.id/dikdin/home;
  • Pada menu Tiket, klik "Cek Status Pengaduan";
  • Masukkan nomor tiket aduan di kolom yang tersedia;
  • Klik "Cek Status Tiket";
  • Pastikan melakukan cek status tiket dalam waktu 2x24 jam setelah melakukan aduan.

Cara Mengatasi Koneksi Terputus atau Web Tidak Bisa Diakses

Konseksi terputus dan web tidak bisa diakses merupakan kendala yang umum dialami peserta selama mengakses laman SSCASN DIKDIN. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari koneksi internet yang kurang stabil hingga tidak tercukupinya bandwith pada layanan internet.

Menurut SSCASN DIKDIN, kedua kendala tersebut bisa diatasi dengan beberapa cara, yaitu:

  • Pastikan koneksi internet dalam kondisi stabil;
  • Pastikan layanan internet yang digunakan mempunyai cukup bandwidth;
  • Pertimbangkan menggunakan browser versi terbaru;
  • Jika masih terjadi kendala lakukan refresh browser.

Perlu diketahui bahwa langkah refresh browser dapat menyebabkan data yang sudah diisi namun belum diklik "Simpan (Selanjutnya)" hilang. Sehingga pastikan telah mengklik "Simpan (Selanjutnya)" sebelum melakukan refresh browser agar tidak mengulangi proses pendaftaran.

Baca juga artikel terkait SEKOLAH KEDINASAN 2022 atau tulisan lainnya dari Yonada Nancy

tirto.id - Pendidikan
Penulis: Yonada Nancy