Sekolah Kedinasan 2022

Kuota Sekolah Kedinasan 2022: STIN, Poltekip, STAN, hingga Poltekim

Penulis: Yandri Daniel Damaledo - 8 Apr 2022 15:32 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Kuota sekolah kedinasan 2022 di STIN, Poltekip, STAN, hingga Poltekim, jadwal dan cara daftarnya.
tirto.id - Pendaftaran sekolah kedinasan akan dibuka mulai Sabtu, 9 April 2022 pukul 09.22 WIB hingga 30 April 2022 pukul 23.59 WIB, yang dilakukan secara online melalui portal https://dikdin.bkn.go.id.

Portal SSCASN Sekolah Kedinasan merupakan pintu awal dalam pendaftaran seluruh sekolah yang ada.

Pendaftaran dimulai dengan membuat akun di situs tersebut, lalu login, lantas memasukkan biodata beserta berkas dokumen yang dipersyaratkan.

Selanjutnya, seluruh data akan diverifikasi oleh verifikator instansi yang membuka Sekolah Kedinasan, untuk menentukan kelulusan peserta pada seleksi pertama yaitu seleksi administrasi.

Beberapa sekolah kedinasan telah mengumumkan kuota formasi untuk Tahun Akademik 2022/2023, sebagai berikut.

1. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

Tahun ini, Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) membuka kebutuhan formasi untuk jenjang Sarjana Terapan (Diploma IV) sebanyak 250 taruna.

Adapun dua formasi yang dibuka adalah reguler dan afirmasi. Untuk imformasi lebih lengkap bisa dicek melalui tautan berikut ini: https://ptb.stmkg.ac.id/pengumuman/penerimaan-taruna-baru-tahun-akademik-2022-2023

2. Badan Siber dan Sandi Negara

Sekolah Kedinasan Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) Badan Siber dan Sandi Negara membuka formasi sebanyak 100 taruna.

Pendaftaran SPTB Poltek SSN, hanya menggunakan 1 (satu) portal pendaftaran milik BKN.

Peserta dapat mendaftar melalui portal https://sscasn.bkn.go.id lalu pilih menu Sekolah Kedinasan, atau peserta dapat mendaftar melalui portal https://dikdin.bkn.go.id. Untuk informasi lebih lanjut bisa dicek melalui laman: https://poltekssn.ac.id.

3. Sekolah Kedinasan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

Sekolah Kedinasan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim), tahun ini membuka sebanyak 600 Taruna/Taruni untuk Umum dan Putra/Putri Papua/Papua Barat, dan dan sebanyak 50 Taruna/Taruni untuk Pegawai dan Pegawai Putra/Putri Papua/Papua Barat.

Adapun kriteria pelamar sebagai berikut:

1. Formasi Umum merupakan pelamar lulusan SLTA/sederajat yang memenuhi kualifikasi persyaratan sebagaimana dalam pengumuman ini.

2. Formasi Putra/Putri Papua/Papua Barat merupakan pelamar lulusan SLTA/sederajat keturunan Papua/Papua Barat berdasarkan garis keturunan orang tua (salah satu atau kedua orang tua) asli Papua/Papua Barat, dibuktikan dengan KTP Bapak/Ibu kandung, Akta Kelahiran atau Surat Keterangan Lahir yang bersangkutan dan diperkuat dengan surat keterangan dari Kepala Desa/Lurah/Kepala Suku.

3. Formasi Pegawai merupakan pelamar yang telah diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil Kementerian Hukum dan HAM dan memenuhi kualifikasi persyaratan sebagaimana dalam pengumuman ini.

4. Formasi Pegawai Putra/Putri Papua/Papua Barat merupakan pelamar keturunan asli putra/putri Papua/Papua Barat yang telah diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil Kementerian Hukum dan HAM dan memenuhi kualifikasi persyaratan sebagaimana dalam pengumuman ini.

Untuk informasi lebih detail, bisa dicek melalui laman https://catar.kemenkumham.go.id.

4. Politeknik Keuangan Negara STAN

Kementerian Keuangan Negara tahun ini kembali membuka penerimaan mahasiswa baru Program Studi Siploma IV Politeknik Keuangan Negara STAN, dengan kuota formasi sebanyak 750 orang.

Adapun 750 kuota dengan rincian 700 kuota reguler dan 50 kuota afirmasi. Pendaftar adalah lulusan (tahun 2021 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2022) semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat.

Pendaftaran dilakukan secara online dengan mengakses portal SSCASN Sekolah Kedinasan di https://dikdin.bkn.go.id.

5. Sekolah Tinggi Intelijen Negara

Badan Intelijen Negara (BIN) membuka seleksi penerimaan Taruna Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) Tahun Akademik 2022/2023, dengan kuota sebanyak 300 orang.

Jadwal pelaksanaan rekrutmen Sekolah Kedinasan mengacu pada alur berikut:

- Pengumuman pendaftran Sekolah Kedinasan: 1-8 April 2022

- Pendaftaran Sekolah Kedinasan: 9 April 2022 pukul 09.22 WIB - 30 April 2022 pukul 23.59 WIB

- Seleksi Kompetensi Dasar (SKD): Mei - Juni 2022 (tentative)

- Seleksi lanjutan oleh instansi: Juni 2022

Pada penerimaan peserta didik Sekolah Kedinasan tahun ini setidaknya ada empat seleksi yakni pendaftaran, seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD), dan seleksi lanjutan.

Setelah melalui seleksi administrasi dan SKD, peserta akan menjalani seleksi lanjutan yang ragamnya ditentukan masing-masing instansi dari Sekolah Kedinasan. Contoh seleksi tersebut yaitu tes tertulis, tes kesehatan, hingga tes fisik.

Untuk informasi lebih detail terkait pendaftaran dan syaratnya, bisa dicek melalui situs: ptb.stin.ac.id.

Link Mirror Sekolah Kedinasan 2022

Sekolah Kedinasan merupakan Perguruan Tinggi yang diselenggarakan lembaga pemerintahan.

Sekolah ini berada di bawah naungan lembaga pemerintahan tersebut uang turut mendanai sebagian hingga seluruh biaya pendidikannya.

Konsekuensi menempuh pendidikan di Sekolah Kedinasan yaitu berkesempatan mendapatkan ikatan dinas daan melanjutkan karir di pemerintah sesuai lembaga atau instansinya yang menaunginya

Selain bisa langsung bekerja di lembaga pemerintahan, lulusan Sekolah Kedinasan juga bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan lebih tinggi.

Di samping itu, dimungkinkan pula untuk menjalani pekerjaan pada lembaga non-pemerintah.

Sementara itu, pada rekrutmen peserta didik Sekolah Kedinasan 2022, ada 8 instansi yang membuka Sekolah Kedinasan.

Link mirror untuk semua informasi terkait rekrutmen Sekolah Kedinasan di masing-masing instansi dapat diakses pada laman sebagai berikut:

1. Badan Intelijen Negara (BIN): https://ptb.stin.ac.id/

2. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG): https://ptb.stmkg.ac.id/pengumuman/penerimaan-taruna-baru-tahun-akademik-2022-2023

3. Badan Pusat Statistik (BPS): https://spmb.stis.ac.id/

4. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN): https://poltekssn.ac.id/pendaftaran/

5. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri): https://spcp.ipdn.ac.id/

6. Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham): https://catar.kemenkumham.go.id

7. Kementerian Keuangan (Kemenkeu): https://pknstan.ac.id

8. Kementerian Perhubungan (Kemenhub): https://sipencatar.dephub.go.id.


Baca juga artikel terkait SEKOLAH KEDINASAN 2022 atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Addi M Idhom

DarkLight