Menuju konten utama

Cara Buat Akun untuk Daftar Sekolah Kedinasan 2022 di DIKDIN BKN

Akun DIKDIN BKN dibutuhkan untuk mendaftar seleksi sekolah kedinasan 2022, berikut cara membuatnya.

Cara Buat Akun untuk Daftar Sekolah Kedinasan 2022 di DIKDIN BKN
Ilustrasi Mahasiswa IPDN. foto/antaranews.com

tirto.id - Calon pendaftar sekolah kedinasan 2022 diwajibkan buat akun SSCASN DIKDIN BKN terlebih dahulu untuk mengikuti seleksi. Pembuatan akun SSCASN DIKDIN dapat dilakukan melalui linkhttps://dikdin.bkn.go.id.

SSCASN DIKDIN sendiri merupakan sistem seleksi sekolah kedinasan nasional yang dikembangkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Melalui platform inilah nantinya para pendaftar akan melakukan pendaftaran dan mengunggah dokumen persyaratan administrasi.

Pembuatan akun untuk daftar sekolah kedinasan 2022 dilakukan melalui menu "Daftar" yang ada di laman dikdin.bkn.go.id. Namun, saat ini laman tersebut belum bisa diakses. Berdasarkan jadwal yang ditetapkan oleh panitia seleksi, pendaftaran baru bisa dilakukan mulai Sabtu, 9 April 2022 pukul 09.22 WIB.

Cara Buat Akun untuk Daftar Sekolah Kedinasan 2022

Sesuai dengan yang tercantum di laman tanya jawab SSCASN DIKDIN ada beberapa data yang harus dipersiapkan sebelum melakukan pendaftaran akun. Data-data tersebut termasuk identitas diri, pas foto, alamat e-mail yang masih aktif, hingga data orang tua.

Tata cara pembuatan akun SSCASN DIKDIN tahun ini tidak jauh berbeda dengan tata cara tahun lalu. Berikut langkah-langkah membuat akun SSCASN DIKDIN sesuai dengan panduan yang dirilis tahun 2021:

1. Klik "Daftar" pada laman https://dikdin.bkn.go.id;

2. Masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor KK, dan nomor NIK Kepala keluarga di kolom yang tersedia;

3. Isikan nama lengkap, tanggal lahir, dan kabupaten/kota domisili sesuai KTP;

4. Masukan kode captcha yang terlampir;

5. Setelah data di atas dimasukan, kemudian klik "Lanjutkan";

6. Lengkapi data-data yang terdapat pada form di atas dengan benar. Data yang perlu diisi terdiri dari data:

    • Alamat

      Isi alamat sesuai dengan KTP.

    • Tempat Lahir

      Isi tempat lahir (Kabupaten/Kota), sesuai dengan ijazah.

    • Tanggal Lahir

      Isi tanggal lahir sesuai dengan ijazah.

    • Jenis kelamin

      Pilih jenis kelamin yang sesuai.

    • E-mail

      Masukan e-mail aktif dan valid.

    • Password

      Masukan password yang mudah diingat. Harap catat dan simpan password karena akan digunakan untuk login.

    • Konfirmasi Password

      Masukkan kembali password yang telah dimasukan.

    • Pertanyaan Pengaman 1

      Pilih pertanyaan pengaman pertama.

    • Jawaban Pengaman

      Masukan jawaban pertanyaan pengaman 1 yang telah dipilih.

    • Pertanyaan Pengaman 2

      Pilih pertanyaan pengaman kedua.

    • Jawaban Pengaman

      Masukan jawaban pertanyaan pengaman 2 yang telah dipilih.

    • Captcha

      Masukan kode captcha yang tampil di layar.

7. Unggah pas foto dengan latar belakang merah dalam format JPG minimal 120 kb dan maksimal 200 kb;

8. Pastikan data diisi dengan benar dan lengkap, kemudian klik "Lanjutkan";

9. Cek kembali data-data yang telah dimasukan. Dengan cara, klik "Kembali", kemudian jika sudah benar klik "Proses Pendaftaran Akun";

10. Untuk mengunduh pemberitahuan bahwa pembuatan akun SSCASN Sekolah Kedinasan 2021 berhasil, klik "Cetak Informasi Pendaftaran";

11. Klik "Lanjutkan Login Pendaftaran" untuk ke form berikutnya.

Syarat Dokumen Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022

Terdapat sejumlah dokumen persyaratan yang harus diunggah di laman SSCASN DIKDIN untuk mendaftar sekolah kedinasan 2022. Dokumen-dokumen tersebut berupa file digital dalam format JPG atau PDF dengan ukuran tertentu.

Melansir SSCASN DIKDIN, berikut daftar dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar sekolah kedinasan 2022:

  • Pas foto dalam format JPG berukuran maksimal 200 KB;
  • KTP dalam format JPG berukuran maksimal 200 KB;
  • Ijazah dalam format PDF berukuran maksimal 700 KB;
  • Transkrip nilai dalam format PDF berukuran maksimal 400 KB;
  • Rapor dalam format PDF berukuran maksimal 500 KB;
  • Bukti bayar dalam format JPG berukuran maksimal 200 KB;
  • Surat pernyataan dalam format PDF berukuran maksimal 700 KB;
  • Surat lamaran dalam format PDF berukuran maksimal 400 KB;
  • Surat keterangan dalam format PDF berukuran maksimal 500 KB;
  • Dokumen lainnya sesuai yang disyaratkan oleh masing-masing sekolah dalam format PDF berukuran maksimal 1 MB.

Jadwal Seleksi Sekolah Kedinasan 2022

Pendaftaran sekolah kedinasan dijadwalkan berlangsung serentak mulai 9 hingga 30 April 2022. Akses laman pendaftaran secara online akan dibuka pada 9 April 2022 pukul 09.22 WIB dan akan ditutup pada 30 April 2022 pukul 23.59 WIB.

Setelah pendaftaran, seleksi sekolah kedinasan akan memasuki rangkaian seleksi, termasuk ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Berikut jadwal seleksi sekolah kedinasan 2022 sesuai dengan yang tercantum di laman SSCASN DIKDIN:

  • Pengumuman pendaftaran: 1 - 8 April 2022
  • Pendaftaran: 9 - 30 April 2022
  • Ujian SKD: Mei - Juni 2022 (tentative)
  • Seleksi lanjutan: ditetapkan oleh masing-masing sekolah kedinasan.

Baca juga artikel terkait SEKOLAH KEDINASAN 2022 atau tulisan lainnya dari Yonada Nancy

tirto.id - Pendidikan
Penulis: Yonada Nancy