Menuju konten utama

Syarat Daftar Sekolah Kedinasan STIN 2022: Jadwal dan Caranya

Syarat daftar sekolah kedinasan STIN 2022 Badan Intelijen Negara, jadwal, dan caranya. 

Syarat Daftar Sekolah Kedinasan STIN 2022: Jadwal dan Caranya
Ilustrasi Laman Sekolah Kedinasan. foto/https://dikdin.bkn.go.id/

tirto.id - Badan Intelijen Negara (BIN) membuka seleksi penerimaan Taruna Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) Tahun Akademik 2022/2023.

Pendaftaran dibuka mulai 9-30 April 2022 secara online melalui portal terpusat SSCASN Sekolah Kedinasan di laman https://dikdin.bkn.go.id. Kebutuhan peserta didik untuk STIN dibuka sebanyak 300 taruna.

Jadwal rekrutmen Sekolah Kedinasan STIN 2022

- Pengumuman pendaftaran Sekolah Kedinasan: 1-8 April 2022

- Pendaftaran Sekolah Kedinasan: 9 - 30 April 2022

- Ujian Seleksi Kompetensi Dasar: Mei - Juni 2022 (pelaksanaan tentative)

- Seleksi lanjutan yang diatur oleh masing-masing Sekolah Kedinasan

- Tes Psikologi: Juni 2022

- Tes Kesehatan Fisik dan Jiwa: Juni 2022

- Tes Kesamaptaan Jasmani: Juni 2022

- Tes Mental Ideologi/Wawancara: Juni 2022

Alur pendaftaran Sekolah Kedinasan STIN 2022

Pendaftaran Sekolah Kedinasan, termasuk STIN ,menerapkan alur sebagai berikut:

1. Buka portal SSCASN Sekolah Kedinasan di https://dikdin.bkn.go.id lalu buat akun SSCASN Sekolah Kedinasan dengan NIK, kemudian cetak Kartu Informasi Akun

2. Login ke SSCASN Sekolah Kedinasan dengan NIK dan password yang telah didaftarkan

3. Unggah swafoto, pilih sekolah, lengkapi nilai, unggah berkas, dan lengkapi biodata

4. Cek resume dan cetak kartu pendaftaran

5. Data dan berkas pelamar akan diverifikasi oleh verifikator instansi

6. Cek status kelulusan administrasi dengan login ke SSCASN Sekolah Kedinasan

7. Pelamar yang lulus administrasi memperoleh kode billing. Cek informasi pembayaran lewat masing-masing Sekolah Kedinasan

8. Cetak kartu ujian di SSCASN Sekolah Kedinasan jika pembayaran telah dikonfirmasi sistem

9. Pelamar mengikuti proses seleksi sesuai ketentuan masing-masing instansi

10. Pengumuman hasil seleksi akan disampaikan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan di SSCASN.

Sementara itu, dalam brosur penerimaan taruna STIN 2022 disebutkan, ada beberapa tahapan seleksi yang akan dijalani oleh peserta yang mendaftar di STIN. Seleksi tersebut terdiri dari:

1. Seleksi administrasi

2. Seleksi Kompetensi dasar (SKD)

3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang terdiri dari:

- Tes psikologi

- Tes kesehatan fisik dan jiwa

- Tes kesamaptaan jasmani

- Tes mental ideologi dan wawancara

4. Pantukhir

Syarat Dokumen Daftar Sekolah Kedinasan STIN 2022

Dalam pendaftaran taruna STIN diperlukan beberapa dokumen persyaratan yang nantinya diunggah saat melakukan pendaftaran ulang di situs https://ptb.stin.ac.id jika dinyatakan lulus seleksi administrasi. Dokumen ini terdiri dari:

1. Surat Ijin Orang Tua/Wali asli. Surat diunggah dalam bentuk file PDF/JPEG dengan nama filr ortu.pdf atau ortu.jpeg

2. Fotokopi ijazah SMA/SMK/MA yang telah dilegalisir bagi lulusan tahun 2020 dan 2021. Format file dalam bentuk PDF/JPEG dengan nama file ijazah2020/2021.pdf atau ijazah2020/2021.jpeg

3. Foto berwarna seluruh badan terbaru, tampak depan, ukuran kartu pos (3R) dengan pakaian atas putih dan bawahan hitam. Latar foto untuk laki-laki adalah merah dan latar belakang perempuan yaitu biru. File foto dalam bentuk PDF/JPEG dengan nama foto.pdf atau foto.jpeg

4. Fotokopi Kartu Keluarga (KK). Dokumen dalam bentuk file PDF/JPEG dengan nama kk.pdf atau kk.jpeg.

Brosur pendaftaran taruna STIN dapat diunduh melalui tautan ini.

Informasi lengkap mengenai seleksi taruna STIN Tahun Akademik 2022/2023 yang dirilis BIN bisa diunduh dalam tautan ini.

Baca juga artikel terkait SEKOLAH KEDINASAN 2022 atau tulisan lainnya dari Ilham Choirul Anwar

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Yandri Daniel Damaledo