Menuju konten utama

Syarat Umum dan Link Pengumuman Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022

Pendaftaran sekolah kedinasan akan dilaksanakan secara online melalui link dikdin.bkn.go.id dengan syarat-syarat tertentu.

Syarat Umum dan Link Pengumuman Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022
Ilustrasi Laman Sekolah Kedinasan. foto/https://dikdin.bkn.go.id/

tirto.id - Pendaftaran seleksi sekolah kedinasan 2022 akan segera dibuka pada Sabtu (9/4/2022). Proses pendaftaran seleksi akan dilaksanakan secara online melalui linkdikdin.bkn.go.id dengan syarat-syarat tertentu.

Melansir laman resminya, pendaftaran tahun ini akan memanfaatkan portal Sistem Seleksi Sekolah Kedinasan (SSCASN DIKDIN). Pendaftaran dibuka mulai 9 April 2022 pukul 09.22 WIB hingga 30 April 2022 pukul 23.59 WIB.

Rangkaian seleksi akan ditentukan oleh masing-masing sekolah kedinasan, meliputi ujian, tes kesehatan, maupun tes fisik. Namun, menurut SSCASN DIKDIN, peserta seleksi setidaknya akan melalui empat proses seleksi termasuk pendaftaran, seleksi administrasi, ujian seleksi kompetensi dasar (SKD), dan seleksi lanjutan.

Sekolah kedinasan sendiri adalah perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh lembaga pemerintahan. Lembaga pemerintahan yang menaungi sekolah kedinasan tersebut akan mendanai sebagian atau seluruh biaya pendidikan di sekolah tersebut.

Lulusan sekolah kedinasan memiliki peluang ikatan dinas, sehingga lebih mungkin melanjutkan karir di pemerintahan sesuai lembaga atau instansi yang menaungi perguruan tingginya. Selain itu, lulusan sekolah ikatan dinas juga bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi ataupun bekerja di instansi non pemerintahan.

Syarat Umum Daftar Sekolah Kedinasan 2022

Melansir laman tanya-jawab SSCASN DIKDIN, ada beberapa persyaratan umum yang wajib dipersiapkan oleh calon pendaftar seleksi sekolah kedinasan 2022. Syarat-syarat tersebut meliputi kelengkapan dokumen administrasi.

Mengingat kegiatan pendaftaran diselenggarakan secara online, maka dokumen-dokumen persyaratan dibutuhkan dalam bentuk digital dengan format JPG/JPEG maupun PDF. Berikut daftar syarat umum mendaftar sekolah kedinasan:

  • Pas foto dalam format JPG berukuran maksimal 200 KB;
  • KTP dalam format JPG berukuran maksimal 200 KB;
  • Ijazah dalam format PDF berukuran maksimal 700 KB;
  • Transkrip nilai dalam format PDF berukuran maksimal 400 KB;
  • Rapor dalam format PDF berukuran maksimal 500 KB;
  • Bukti bayar dalam format JPG berukuran maksimal 200 KB;
  • Surat pernyataan dalam format PDF berukuran maksimal 700 KB;
  • Surat lamaran dalam format PDF berukuran maksimal 400 KB;
  • Surat keterangan dalam format PDF berukuran maksimal 500 KB;
  • Dokumen lainnya sesuai yang disyaratkan oleh masing-masing sekolah dalam format PDF berukuran maksimal 1 MB.

Daftar Link Pengumuman Pendaftaran Sekolah Kedinasan

Sekolah-sekolah kedinasan yang dibuka tahun ini diselenggarakan oleh 8 kementerian dan lembaga pemerintahan. Informasi terkait pendaftaran dan persyaratan khusus dapat disimak melalui laman resmi masing-masing instansi yang menaungi sekolah kedinasan.

Berikut link website resmi 8 kementerian dan lembaga yang membuka rekrutmen calon taruna/taruni baru sekolah kedinasan 2022:

Nama InstansiLink Informasi Sekolah Kedinasan
Badan Intelijen Negara (BIN)https://ptb.stin.ac.id/
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)https://ptb.stmkg.ac.id/pengumuman/penerimaan-taruna-baru-tahun-akademik-2022-2023
Badan Pusat Statistik (BPS)https://spmb.stis.ac.id/
Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)https://poltekssn.ac.id/pendaftaran/
Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)https://spcp.ipdn.ac.id/
Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham)https://catar.kemenkumham.go.id/
Kementerian Keuangan (Kemenkeu)https://pknstan.ac.id/
Kementerian Perhubungan (Kemenhub)https://sipencatar.dephub.go.id/pengumuman

Baca juga artikel terkait SEKOLAH KEDINASAN 2022 atau tulisan lainnya dari Yonada Nancy

tirto.id - Pendidikan
Penulis: Yonada Nancy