Live Debat ke-5 Pilpres 2019: Palagan Terakhir Jokowi vs Prabowo

Suasana debat kelima Pilpres 2019 yang diikuti pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/hp.

TIMELINE KRONOLOGI

23:08
Tim sukses baik dari BPN atau TKN sama-sama puas dengan performa Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga.

Juru bicara BPN Andre Rosiade mengatakan Jokowi keliru, terutama ketika bicara soal ekonomi digital.

"Itu [ekonomi digital] memang baik, tapi rakyat nih lagi lapar. Cari lapangan pekerjaan susah," kata Andre. "Pak Jokowi enggak memahami masalah riil masyarakat," katanya lagi.

Kelemahan itulah yang bisa ditunjukkan Prabowo-Sandiaga.

Sementara Erick Thohir, Ketua TKN, selain mengaku puas, juga bilang Jokowi-Ma'ruf menang dalam debat terakhir ini.

"Saya rasa selalu menang di setiap debat karena Pak Jokowi konsisten menjawab pertanyaan di setiap debat, sedangkan paslon 02 kan selalu jawabnya ke lain-lain gitu," katanya.

"Dan tadi Pak Jokowi, kan, sudah menyampaikan perlu ada solusi-solusi, bukan wacana," tambahnya.
22:44
Debat Pilpres 2019 putaran kelima resmi ditutup setelah digelar sejak pukul delapan tadi. 

Pembawa acara mengundang perwakilan dari tim kampanye masing-masing, TKN dan BPN, untuk naik ke atas panggung dan saling bersalaman. Pun dengan masing-masing kandidat. 

Afgan dan Putri Ayu bernyanyi lagu Indonesia Pusaka mengiringi mereka semua. 
22:39
Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno mengajak warga Indonesia memilih dirinya. Caranya ialah dengan berbondong-bondong ke TPS. Bagi Sandiaga, TPS adalah akronim dari Tusuk Prabowo Sandi.

"Mau pemerintahan bersih, Tusuk Prabowo Sandi. Mau harga-harga murah Tusuk Prabowo Sandi," kata Sandiaga.

Sandiaga merentet beberapa janjinya. Di antaranya perbaikan tenaga medis pasien, turunnya harga energi, memperluas lapangan kerja, hingga setop impor.
22:33
Dalam pernyataan penutup, Joko Widodo kembali menegaskan agar bangsa Indonesia bersikap optimis.

"Kita tidak boleh takut terhadap tantangan dan kesulitan-kesulitan. Bukan kesulitan yang membuat kita takut, seringkali ketakutanlah yang membuat jadi sulit. Jadi jangan pesimis, jangan mudah menyerah, optimis, kita harus selalu optimis," ujarnya.

Sedangkan Ma'ruf Amin berjanji dia dan Jokowi akan mampu mengemban tugas dengan baik.

"Kami akan melakukannya dengan baik, dan kami yakin kami bisa," kata Ma'ruf.
22:29
Sandiaga Uno mengatakan ia dan Prabowo Subanto tak akan mengambil uang satu rupiah pun jika nanti terpilih sebagai Presiden-Wakil Presiden. 

"Kami berkomitmen berdua untuk tidak mengambil gaji serupiah pun. Kami akan memberikan pada kaum yatim, kaum duafa," kata Sandiaga. 

"Bagi kami saatnya tentukan pilihan terbaik buat masa depan kita. Kami bertekad menghadirkan pemerintahan yang kuat," tambahnya.

Pernyataan ini ia sampaikan dalam sesi penutup. Debat sendiri diselenggarakan sejak jam 20 tadi 
22:17
Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto mengakui dirinya adalah bagian dari satu persen elite yang menguasai aset di Indonesia. Pernyataan itu dia sampaikan untuk merespons pertanyaan dari cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin.

Namun kata Prabowo, meski menguasai aset, dia bagian dari satu persen yang cinta tanah air atau patriotik. Dia siap turut membangun bangsa.

"Jangankan harta, jiwa dan raga saya siap berikan pada bangsa dan negara," kata Prabowo.
22:14
Prabowo mengatakan kalau segala sesuatu yang "digital-digital" itu bagus. Tapi, kata Prabowo, "rakyat kita butuh swasembada pangan."

Ini ia katakan dalam rangka menjawab pertanyaan Jokowi soal perkembangan e-sport. Jokowi bertanya apa yang akan Prabowo-Sandiaga lakukan untuk mengembangkan segmen ini.

Namun Prabowo menjawab dengan mengaitkannya ke hal lain dan di luar konteks seperti yang dikutip di atas. 

Jokowi lantas menjawab lagi: "Saya bertanya mengenai pengembangan e-sport Mobile Legend. Saya mau cerita mengenai PUBG, DOTA, dan lain-lain. Tapi karena jawaban bapak tadi... kok enggak nyambung?"

Yang menjawab sesuai konteks adalah Sandiaga. Menurutnya, fungsi pemerintah adalah memfasilitasi para pegiat e-sport.

"Jangan sampai Indonesia hanya fokus untuk diserbu produk impor, termasuk produk e-sports," kata Sandiaga.
22:12
Jokowi mengkritik Prabowo yang mengatakan kalau kondisi BUMN saat ini memprihatinkan.

"Besok bapak boleh cek, berapa setoran deviden BUMN ke kita. Naik atau turun?" katanya.

Jokowi juga mengomentari pertanyaan bernada pesimistis yang diajukan oleh Prabowo. Sebelumnya bekas Danjen Kopassus itu mengatakan kondisi maskapai penerbangan di Indonesia "morat-marit."

"Tidak ada negara maju di mana pun kalau rakyatnya pesimis. Enggak mungkin. Tidak ada negara di mana pun akan maju kalau rakyatnya enggak optimis," kata Jokowi. 
22:05
Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno menyatakan, nama-nama ibu-ibu yang dia sebut mencerminkan agregat ekonomi makro. Hal itu ia sampaikan untuk merespons pernyataan capres nomor urut 01 Jokowi.

Sandiaga menuturkan, nama-nama seperti Ibu Mia dan Ibu Nurjanah ia dapati saat kampanye. Keluhan mereka menurutnya tak terlihat.

"Ibu-ibu kita mengeluh harga barang pokok mahal. Ini merupakan fakta," kata Sandiaga.
21:55
Joko Widodo mengkritik cara Sandiaga Uno yang kerap memberikan contoh nasib individu untuk menggeneralisasi kondisi perekonomian Indonesia. Menurutnya hal tersebut tak tepat. 

"Enggak bisa juga seperti bapak tadi sampaikan, ibu ini ibu ini. Ini mengelola ekonomi makro, agregat produksi, itu bukan hanya orang per orang itu dijadikan patokan. Tidak bisa, tidak bisa," tuturnya.

Sepanjang debat, Sandiaga sudah menyebutkan tiga nama sebagai contoh untuk memperkuat argumennya. Dia adalah Mia, Nurjanah, dan seorang pemuda milenial bernama Rahman. 
21:40
Dalam sesi tanya jawab Pilpres 2019, Jokowi bertanya ke Prabowo-Sandiaga soal perkembangan e-sport, khususnya gim Mobile Legends. Jokowi bertanya apa yang akan Prabowo-Sandiaga lakukan untuk mengembangkan segmen ini.

Namun Prabowo menjawab dengan mengaitkannya ke hal lain dan di luar konteks. 

"Digital-digital itu bagus, tapi rakyat kita butuh swasembada pangan," kata Prabowo.

Prabowo menekankan, kebutuhan mendasar bagi petani, nelayan, dan buruh harus diutamakan.

Sedangkan Sandiaga menjawab pokok persoalan. Menurutnya, fungsi pemerintah adalah memfasilitasi para pegiat e-sports.

"Jangan sampai Indonesia hanya fokus untuk diserbu produk impor, termasuk produk e-sports," kata Sandiaga.
21:26
Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Rachland Nashidik keluar dari arena debat kelima Pilpres 2019 di Golden Ballroom Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (13/4/2019).

Sebelum Rachland, Ketua Divisi Advokasi dan Hukum Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean dan Waketum Partai Denokrat Syarief Hasan telah terlebih dulu keluar.

Rachland berkilah ia hanya ingin mencari makan.

"Saya enggak pulang, saya cuma mau cari makan. Nanti balik lagi," ujar Rachland.

Ia menepis keluarnya dia, Ferdinand, dan Syarief dari arena debat karena tak terima dengan omongan Prabowo yang menyalahkan "presiden-presiden sebelum Jokowi" dalam hal pengelolaan ekonomi makro dan mikro.

"Enggak, enggak [pulang]," katanya.

Disinggung apakah Demokrat akan bersikap terkait pernyataan Prabowo ini, Rachland memastikan koalisi Prabowo-Sandi tetap solid.

"Oh iya dong [koalisi] aman," ucapnya.
21:23
Sandiaga Uno mengatakan Indonesia harusnya bisa menjadi raja ekspor produk halal. Sebab Indonesia adalah salah satu negara muslim terbesar di dunia.

"Produk halal kita bisa merajai, jangan terus kita dibanjiri oleh produk impor. Ekosistem itu kita sandingkan dengan enterpreneurship," kata Sandiaga.

Saat kampanye, dia mendapati beberapa orang yang memiliki produk halal bertaraf internasional.

Sandiaga berujar, industri halal bukan hanya soal sertifikasi atau labelisasi. Lebih dari itu harus dibangun ekosistem ekonomi syariah. Fungsinya bukan hanya menciptakan lapangan kerja, namun juga meningkatkan kemampuan ekspor.

"Kita ciptakan institusi misalnya keuangan, kita sudah saatnya punya bank syariah terbesar di ASEAN," tuturnya.
21:22
Ma'ruf Amin mengatakan kalau saat ini standar halal di Indonesia telah dijadikan salah satu acuan negara-negara lain. Ia melihat potensi di bidang ini sangat besar. 

Joko Widodo menambahkan kalau paslon 01 akan membuka halal park jika terpilih.

"Kita tahu Indonesia saat ini dinobatkan sebagai nomor satu di bidang wisata halal. Ini alhamdulillah, dan juga sebentar lagi kita akan membuka halal park di dekat GBK," kata Jokowi.
21:15
Joko Widodo mengatakan setuju jika rasio pajak dinaikkan. Namun ia menegaskan itu tak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Ini ia katakan untuk mengkritik pernyataan Prabowo. 

"Kalau dalam setahun naiknya drastis seperti itu, artinya akan ada lima persen dari GDP kita, artinya Rp750 triliun yang itu akan ditarik pajak. Apa yang terjadi kalau seperti itu? Akan terjadi shock ekonomi"

"Oleh sebab itu yang ingin kami lakukan adalah menaikkan tax ratio secara gradual, dengan membangun sebuah tax base yang sebanyak-banyaknya, dan itu sudah kita lakukan sejak kita melakukan tax amnesty."

Sementara itu, Ma'ruf Amin menekankan intensifikasi wakaf uang guna meningkatkan penerimaan zakat dan wakaf.

"Bukan biasanya wakaf tanah, kuburan, madrasah, masjid, sekarang sudah dikembangkan wakaf uang."

Pernyataan ini diungkapkan Jokowi dan Ma'ruf untuk menjawab pertanyaan panelis: "strategi dan kebijakan konkret apa yang akan dilakukan untuk mendorong peningkatan tax ratio sekaligus penerimaan zakat dan wakaf?"
21:10
Ketua DPP Bidang Advokasi dan Hukum Ferdinand Hutahaean keluar alias walkout dari ruang debat. Ia pergi meninggalkan Hotel Sultan, Jakarta.

Ferdinand yang juga Juru Bicara BPN ini mengaku tidak keluar karena ucapan Prabowo Subianto dalam debat yang menyindir presiden sebelum Joko Widodo.

"Sakit perut," kata Ferdinand.

Namun momen keluarnya Ferdinand bertepatan pada saat istirahat segmen pertama. Ketika ditanyakan perihal pernyataan Prabowo, dia malah menyampaikan jawaban tak jelas. 

"Presiden California kali," ucapnya lagi.

Ferdinand keluar bertepatan saat ada keributan di pintu masuk menuju arena debat. Di kala itu, Ardy Mbalembout, Sekretaris Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum DPP Partai Demokrat, mengatakan akan keluar dari koalisi.

"Bilang Pak AHY kita keluar dari koalisi," kata Ardy. Namun dia mendadak diam ketika hendak diwawancara wartawan.

Ferdinand keluar dan memeluknya, kemudian kericuhan mereda. "Mau tidur kita," kata Ferdinand.
21:10
Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengulang kembali perkataannya soal bocornya uang negara. Dia berpandangan dalam setahun kebocoran sebesar Rp1 Triliun, ternyata KPK menurutnya menyatakan dua kali lipatnya.

"Dalam tahun 1997 waktu Orde Baru, Indonesia sempat tax rationya 16 persen sekarang merosot. Kita kehilangan kurang lebih 60 miliar dolar tiap tahun," kata Prabowo dalam debat kandidat Pilpres 2019

Menurut Prabowo, tax ratio Malaysia dan Thailand sudah 19 persen. Sebabnya, negara itu menggalakan sistem komputerisasi. Teknologi ini mendorong transparansi dan kenaikan pemasukan pajak.
20:57
Ma'ruf Amin mengatakan salah dua hal yang akan dia dan Jokowi lakukan ketika jadi Presiden-Wakil Presiden RI 2019-2024 adalah "dewi dan "dedi".

Apa maksudnya?

"Dewi itu desa wisata dan dedi itu desa digital," kata Ma'ruf.

Menurutnya program tersebut efektif untuk mengentaskan kemiskinan. Program tersebut juga bisa membuat para perempuan jadi tulang punggung ekonomi.
20:55
Ma'ruf Amin mengatakan kalau visi misi dia dan Jokowi salah satunya adalah kesetaraan gender.

"Visi misi kami mengutamakan keseteraan gender. Karena itu kami akan berusaha semaksimal mungkin agar perempuan tidak hanya bisa di bidang ekonomi, di bidang politik, tapi juga di bidang pemerintahan."

Dia mencontohkan telah memberlakukan pembiayaan Ultra Mikro (Umi) dan Bank Wakaf Mikro di pesantren-pesantren yang nasabahnya 100 persen perempuan.
20:46
Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto meyakini tak ada strategi deindustrilisasi yang dijalankan pemerintahan Jokowi. Menurutnya Jokowi tak ada niat bagus untuk mengembangkan Indonesia selama 4,5 tahun kepemimpinannya.

"Pak Jokowi sudah berkuasa 4,5 tahun kenapa mengizinkan impor, petani hancur. Kenapa bukan industri tapi difokuskan infrastrkutur?" tanya Prabowo dalam sesi kedua debat kelima.

Namun, Jokowi menegaskan pengelolaan ekonomi mikro dan makro berbeda, perlu ada prioritas. Argumen itu membuat Prabowo tak lagi fokus menyalahkan Jokowi. Baginya, kesalahan ini sudah lama terjadi, sejak Indonesia dipimpin presiden-presiden sebelum Jokowi.

"Ini kesalahan besar presiden-presiden sebelum bapak. Kita semua harus bertanggung jawab," ujarnya. Selain itu, Prabowo menegaskan Indonesia bisa menyontoh Republik Rakyat Tiongkok yang bangkit dari keterpurukan.
20:44
Joko Widodo mengatakan kalau Indonesia sudah terlalu lama mengekspor barang mentah ke luar negeri. Karenanya ke depan dia akan menerapkan hilirisasi dan industrialisasi.

"Kita sudah terlalu lama, komoditas-komoditas kita tergantung kepada pasar-pasar luar negeri, dan kita sudah terlalu lama mengekspor dalam bentuk mentahan, raw material, baik itu karet, kelapa sawit, baik itu perikanan komoditas-komoditas pertanian," katanya.

"Perlu dibangun industri-industri perikanan sebanyak-banyaknya, pengolahan, pengalengan, sehingga kita mengekspor barang-barang yang sudah olahan."
20:30
Joko Widodo mengatakan bahwa dia dan Ma'ruf Amin tak akan berfokus pada pertumbuhan ekonomi saja, tapi juga pemerataan. Menurut Jokowi, jika pertumbuhan saja yang dikejar, maka ada hal-hal negatif yang muncul.

"Jika mengejak pertumbuhan, akan ada ketimpangan antara kaya dan miskin, antar wilayah, juga ketidakadilan," kata Jokowi.

Karena itu pula selama 4,5 tahun terakhir ini ia mengklaim tidak "Jawa sentris". Inilah yang akan dia lanjutkan jika nanti terpilih.

"Karenanya kami membangun infrastruktur tidak di Jawa saja, tapi di tempat lain," katanya.
20:26
Prabowo Subianto menegaskan ekonomi Indonesia menuju ke arah yang tidak menguntungkan bagi kesejahteraan warga.

"Kami berpandangan bahwa bangsa kita sekarang ini sudah berada dalam arah yang salah," kata Prabowo.

Prabowo menekankan kembali bahwa banyak kekayaan nasional Indonesia yang mengalir ke luar negeri. Menurutnya terkait hal itu sudah diakui oleh pemerintahan Jokowi. Ia dan Sandiaga Uno berjanji akan mengubah hal itu.
20:25
Debat dimulai dengan pemaparan visi-dan misi masing-masing paslon. Yang diberi kesempatan pertama adalah Prabowo-Sandiaga. Masing-masing kandidat diberi waktu empat menit.

Sebelum penyampaian visi-misi, panitia terlebih dulu menjelaskan tata tertib debat terakhir, juga doa-doa dari perwakilan agama yang diakui di Indonesia serta pengambilan amplop pertanyaan yang akan dijawab oleh paslon.

Debat ini akan mengangkat tema Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan, dan Investasi, serta Perdagangan dan Industri.

Format dan mekanisme debat kelima tak berbeda dengan debat keempat. Dalam debat terakhir ini akan ada enam sesi.

Sesi pertama adalah penyampaian visi misi program oleh pasangan calon. Sesi kedua dan ketiga pendalaman visi misi, program melalui pertanyaan yang dibuat panelis. Sesi keempat dan kelima adalah debat antar kandidat dan sesi keenam adalah pernyataan penutup.
20:10
Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli tiba di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat, 10 menit setelah debat kelima Pilpres dimulai. Didampingi asistennya, ia segera menuju ke meja registrasi tamu undangan dan masuk ke lokasi debat.

Ekonom yang digadang-gadang akan kembali masuk ke dalam kabinet jika Prabowo-Sandiaga menang itu enggan berkomentar apa-apa. 

Namun, ketika ditanya soal kesiapannya jadi menteri lagi jika pasangan itu menang, ia menjawab, "siap!".
20:06
Debat terakhir akhirnya dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Debat agak telat karena dimulai pukul 20.06, sementara jadwal seharusnya 20.00. 

Setelah itu dua paslon saling bersalaman. 

Debat siap diselenggarakan. Keduanya akan membahas isu ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, dan industri. 
19:49
Ketua Harian Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Moeldoko datang ke lokasi debat di Hotel Sultan. Ia tampak mengenakan jaket putih bertuliskan nomor 01 di punggungnya.

Moeldoko tak memberikan komentar apapun. Ia tampak menghindari wartawan dan terus berjalan masuk ke dalam Golden Ballroom. Moeldoko bahkan tidak melakukan registrasi ulang di meja pendaftaran.
19:46
Ma'ruf Amin didampingi istrinya Wuri Estu Handayani tiba di Golden Ballroom Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat. Dia datang paling akhir di antara paslon lain. 

"Kan saya ikuti Pak Jokowi," ucap Ma'ruf saat ditanya soal penampilan debat pada malam ini.

Ma'ruf memakai jas putih dan kemeja koko. Peci dan sarung melekat juga melekat--ciri khas Ma'ruf.

Sang istri, Wuri, memakai jaket berwarna putih dengan tulisan angka 01. Bahkan kerudungnya juga bertuliskan angka 01.
19:44
Joko Widodo disambut nyanyian selawat saat tiba di lokasi debat kelima, Golden Ballroom Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (13/4/2019).

Ditanya kesiapan debat pada malam ini, Jokowi yang mengenakan kemeja koko berwarna putih mengaku sudah makan malam dan tak lelah setelah menjalani kampanye terbuka di Stadion Gelora Bung Karno tadi siang hingga sore.

"Tadi makan nalam. Kita mengalir saja, kayak biasanya. Kan tadi sudah tahu saya dari GBK ke sini," kata Jokowi.

Hadir bersama sang istri, Iriana, mantan Walikota Solo itu optimistis dan siap berbagi materi debat dengan cawapresnya, Ma'ruf Amin.

"Harus optimistis. Masak enggak. Nanti dilihat yang bisa dibagi ya dibagi dengan Pak Ma'ruf. Nanti dilihat saja," tambahnya.
19:33
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengacukan tiga jari, salam khas PDIP, saat tiba di lokasi debat kelima Pilpres 2019 di Golden Ballroom Hotel Sultan, Senayan.

Mengenakan jaket berwarna merah, Megawati hadir didampingi putrinya Puan Maharani. Keduanya disambut Sekretaris Kabinet cum fungsionaris PDIP, Pramono Anung

Ketiganya kompak mengacungkan tiga jari alias salam metal, salam PDIP di Pemilu 2019 ini.
19:30
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar berharap debat terakhir berjalan dengan lancar dan tak ada saling serang antar paslon.

"Kami harapkan debat berjalan smooth, lancar, tidak ada saling serang," ucap Muhaimin saat tiba di lokasi debat.

Muhaimin datang bersama politikus PKB Ida Fauziah.

Ia yakin Jokowi-Ma'ruf bisa menjalani debat dengan lancar.

"Kami optimis, Pak Jokowi sudah berpengalaman," ucap Cak Imin
19:27
Ketua TKN Amin Erick Thohir mengatakan pada debat terakhir ini Jokowi-Ma'ruf juga akan menang, sama seperti pada empat debat terakhir. 

"Yang sudah-sudah saya rasa di empat debat, kan, menang terus," kata Erick di lokasi debat.

Erick juga bilang akan ada kejutan data petahana, meski tidak mengungkap apa yang dimaksud.

Debat kali ini salah satunya akan mengangkat tema ekonomi. Mungkin saja akan datang kritik dari Prabowo-Sandiaga. Soal ini, Erick bilang Jokowi-Ma'ruf siap.

"Insya Allah kami percaya apa yang kami buat ini," tegasnya.
19:25
Adik kandung Prabowo, Hashim Djojohadikusumo, tiba di lokasi acara didampingi istrinya.

Ia sempat terkendala masuk saat registrasi. Namun, hal itu bisa segera diatasi oleh asistennya yang dibantu beberapa orang KPU.

Ditanya soal persiapan adik kandungnya, Hashim hanya berkata kalau dia optimis.

"Ya pasti lah tampil baik," ucapnya.
19:18
Sandiaga Uno menyusul capresnya, Prabowo Subianto, hadir di lokasi debat kelima di Golden Ballroom Hotel Sulyan, Jakarta.

Ia hadir didampingi istrinya, Nurasia Uno.

Sama seperti Prabowo, Sandiaga mengenakan jas hitam, lengkap dengan peci di kepalanya. Kepada wartawan, dia lantas mengucapkan terima kasih kepada wartawan. 

"Delapan bulan ini kami keliling kampanye, terima kasih telah menenami," ujar Sandiaga.
19:13
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto meyakini jagoannya, paslon capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin, bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam debat terakhir ini dengan baik.

"Insya Allah debat terakhir optimis, karena beliau sangat menguasai masalah ekonomi," ujar Airlangga.

Airlangga mengenakan kemeja kuning bertuliskan "Bersih-Merakyat-Kerja Nyata" dan dilapisi jaket putih bertuliskan '01' di bagian dada kiri.
19:13
Politikus Senior Partai Amanat Nasional Tiba di lokasi debat mengenakan peci hitam dan jas partai berwarna biru tua. Namun, mantan Ketua MPR itu enggan menjawab pertanyaan yang dilontarkan awak media.

Juru Bicara BPN, Dahnil Anzar Simanjuntak yang tiba di lokasi dalam waktu hampir bersamaan mengatakan bahwa ketua Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) itu sempat mendatangi kediaman Sandiaga Uno di Kebayoran Baru.

Tak hanya itu, kata Dahnil, ada pula mantan Menteri ESDM Sudirman Said di kediaman Sandiaga pada siang tadi. Sudirman Said tiba di lokasi, sekitar tiga menit setelah Amin.
19:08
Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tiba di lokasi debat, Golden Ballroom Hotel sultan, Jakarta.

Prabowo mengenakan setelan jas hitam dengan kemejanya berwarna putih dan berdasi. Ia datang sendiri dan tak bersama pasangannya, Sandiaga Salahuddin Uno.

"Alhamdulilllah, optimis, karena yang kami perjuangkan adalah kesejahteraan," singkat Prabowo sebelum memasuki arena debat.

Sebelumnya, Juru Bicara BPN Ferdinand Hutahaean sempat berkata Prabowo-Sandiaga akan berangkat bersama ke lokasi debat dari kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
19:02
Wakil Ketua BPN Priyo Budi Santoso mengatakan dalam debat ini Prabowo tak akan tampil menyerang. Dia bilang Prabowo akan bciara hal-hal besar.

"Tidak ada pertanyaan seperti cerdas cermat, tidak ada pertanyaan yang menjebak dan memalukan pihak lawan. Untuk level kepresidenan yang diperdebatkan itu gagasan-gagasan besar," kata Priyo.

Ini ia katakan saat tiba di lokasi debat sekitar pukul 19.02. 

Meski kali ini bicara soal ekonomi yang cenderung memakai data dan angka, Priyo berharap debat tetap berjalan menarik.

"Insya Allah debat kali ini menarik," ucapnya.
18:55
Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Asrul Sani mengatakan paslon nomor urut 01 sudah menyiapkan sejumlah kejutan dalam debat bertema ekonomi malam ini.

Namun, dikeluarkan atau tidaknya kejutan tersebut tergantung dari dinamika dalam debat.

Jokowi, menurutnya, juga sudah siap dengan jawaban atas isu tertentu yang diduga jadi sasaran kritik rivalnya, Prabowo Subianto.

"Tentu ada [kejutan]. Tetapi apakah itu akan keluar, kan, tergantung jawaban masing-masing nanti. Intinya tema pokok sudah disiapkan," ujarnya.
18:55
Ketua Badan Pengawas Pemilu, Abhan tiba di lokasi debat di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat. Ia tampak mengenakan batik berwarna kuning kecokelat-cokelatan.

Abhan datang bersama dua anggota Bawaslu lainnya yakni Fritz Edward Siregar dan Mochamad Afiffudin. Mereka tiba dengan menunggang mobil dan langsung menuju ke dalam arena debat.
18:55
Prabowo Subianto meninggalkan kediaman di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta, dengan Alphard putih B 108 PSD. Dia mengenakan kemeja putih dan dasi merah.

Prabowo dikawal ketat. Sejumlah mobil patwal menemani mantan Danjen Kopassus tersebut.

Emak-emak dan sejumlah pendukung pun melepas kepergian Prabowo menuju lokasi debat.

"Prabowo...Prabowo...Prabowo..." teriak pendukungnya.

Prabowo sempat melambaikan tangan kepada masyarakat dan wartawan. Ia tidak berbicara sepatah kata pun.
18:45
Simpatisan Jokowi-Ma'ruf tiba di lokasi debat di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat. Mengenakan jaket putih bergaris merah, mereka melantunkan selawat dan berjalan menuju lokasi registrasi.

Beberapa simpatisan juga berulang-ulang meneriakkan nama "Jokowi", dan kemudian dijawab oleh simpatisan lainnya dengan teriakan "sekali lagi".
18:38
Sekelompok emak-emak tiba di depan kediaman Prabowo. Mereka ingin melepas keberangkatan capres 02 itu ke arena debat dengan yel-yel. Orator mengubah lagu maju tak gentar. 

"Prabowo-Sandi Presiden kita," ujar para emak-emak di depan rumah Prabowo.

Mereka juga menyanyikan selawat. 

Hingga pukul 18.38, Prabowo belum meninggalkan kediaman. Mobil Prabowo masih berada di dalam. 
18:30
Anggota Tim Ekonomi BPN Prabowo-Sandiaga, Hareyadin Mahardika memaparkan 3 hal utama yang jadi fokus paslon 02 dalam debat malam ini. Ketiganya dianggap sebagai kegagalan pemerintah Jokowi dalam meningkatkan perekonomian Indonesia.

Pertama, di bidang penerimaan negara, terutama pajak yang mencatatkan shortfall di tahun lalu. Kedua, soal defisit neraca perdagangan yang sangat besar serta defisit transaksi berjalan yang makin melebar tahun.

Dan terakhir, soal investasi serta penanaman modal serta utang pemerintah.

"Narasinya mungkin reformasi struktural. Akan dijelaskan nanti dalam debat," ucapnya.
18:15
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Thomas Lembong tiba di lokasi debat. Ia akan menyaksikan debat pamungkas yang bakal banyak menyinggung kinerja instansinya dalam 4 tahun terakhir.

Investasi serta penanaman modal adalah salah satu isu yang bakal dibahas debat selain isu ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan dan industri.

Lembong tak menyangkal bahwa selama ini instansinya kerap jadi sasaran kritik. Namun, ia mengklarifikasi soal investasi asing (PMA) yang sempat dikritik kubu Prabowo lantaran lebih dominan ketimbang investasi dalam negeri (PMDN).

Terutama jika hal itu dianggap bakal membuat perekonomian Indonesia terlalu bergantung kepada asing dan rentan terserang krisis jika terjadi arus modal keluar/capital outflow.

"Pada dasarnya, misalnya dari 100 dolar AS biasanya hanya 5 dolar AS dalam bentuk deviden yang keluar (capital outflow). Saya kira sudah jelas bahwa modal yang masuk terutama yang bersifat investasi tetap sifatnya tetap di dalam negeri," ucapnya
18:06
Ketua BPN Prabowo-Sandi Djoko Santoso tiba di lokasi debat pukul 18.06. Ia enggan menyampaikan strategi Prabowo-Sandiaga dalam debat yang akan mengusung tema ekonomi dan kesejahteraan sosial tersebut.

Namun ia sedikit bicara terkait investasi asing yang kerap jadi sasaran kritik Prabowo terhadap pemerintah Jokowi. Menurutnya hal itu harus dilihat secara proporsional dan berimbang.

Sebab, menurutnya, Indonesia bukan negara yang anti terhadap asing.

"Saya kira kita bisa memilah dan memilih. Setiap negara harus punya strategi. Kalau asing membawa manfaat, kenapa tidak. Kalau membuat ketahanan kira turun, buat apa?" ujarnya.
17:45
Debat kelima Pilpres 2019 diwarnai aksi ujuk rasa di luar arena debat, Golden Ballroom Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat. Aksi dilakukan sekelompok mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia.

Awalnya mereka berdemo di depan pintu VVIP, di ruas Jalan Gatot Subroto. Namun, kepolisian meminta mereka bergeser 100 meter dari pintu gerbang.

"Kami bergeser karena enggak boleh berdemo di depan pintu VVIP," ucap orator demo dari atas mobil komando.

Mahasiswa dari berbagai universitas ini berunjuk rasa sejak pukul 17.00. Aksi ini juga berbarengan denga bubarnya massa kampanye terbuka Jokowi-Ma'ruf.

Akibatnya, arus lalu lintas terpantau padat merayap.
17:15
Juru Bicara BPN, Ferdinand Hutahaean, mengatakan Prabowo-Sandiaga akan berangkat ke lokasi debat. Keduanya bakal berangkat bersama dari kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Kata Ferdinand, Prabowo-Sandiaga juga akan berangkat bersama Ketua BPN Prabowo-Sandiaga, Djoko Santoso.

"Prabowo bareng-bareng dengan rombongan Sandi juga, dan ketua BPN pukul 19.15 WIB," ucap Ferdinand di Golden Ballroom Hotel Sultan.
17:11
Joko Widodo meninggalkan GBK setelah hampir 45 menit menyampaikan orasi. Dia menyempatkan waktu mengambil gambar dengan masyarakat yang datang ke GBK.

Jokowi keluar ditemani dengan istrinya, Iriana. Sedangkan putranya, Kaesang Pangarep, berada di depannya. Di belakangnya ada Ma'ruf Amin ditemani istrinya sambil melemparkan kaos putih kepada masyarakat.

Seluruhnya menaiki kendaraan semacam kereta dan dibawa keluar GBK.

Sebelum Jokowi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga meninggalkan lokasi pukul 17.03.  Semenit kemudian, Wakil Presiden Jusuf Kalla juga meninggalkan lokasi.

Dia dikawal oleh Paspampres yang menaiki mobil dan motor.

Ridwan Kamil, Jusuf Kalla, dan Jokowi, semuanya keluar diiringi tarian daerah dan alunan gendang.
17:10
Kemacetan terjadi di ruas Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, tepat di depan Hotel Sultan, lokasi debat malam ini. Tersendatnya kendaraan salah satunya disebabkan banyaknya bus-bus yang mengangkut simpatisan paslon 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin. 

Debat putaran terakhir ini memang berbarengan dengan hari terakhir masa kampanye Pemilu 2019.

Jokowi-Ma'ruf mengakhiri kampanye di Jakarta dengan menggelar 'Konser Bersatu' di Stadion Gelora Bung Karno. Tak ayal berakhirnya konser tersebut membuat lalu lintas di kawasan Senayan padat merayap.
17:01
Wakil Ketua BPN Priyo Budi Santoso memastikan mereka akan memberikan kejutan dalam debat kelima ini. Namun, mereka tak akan memberikan pertanyaan jebakan buat lawan debatnya.

"Pertanyaan yang diajukan kepada Pak Jokowi atau Pak Ma'ruf Amin dipastikan bukan pertanyaan yang menjebak, bukan pertanyaan sulit yang kayak kemudian bersifat cerdas cermat," Kata Priyo di Media Center Prabowo-Sandiaga.

Selain itu, Priyo menerangkan, Prabowo-Sandi tidak akan mengajukan pertanyaan yang bersifat menjatuhkan atau teknis. Bekas politikus Partai Golkar ini memastikan, Prabowo-Sandiaga bakal memberikan pertanyaan yang bersifat visi-misi dan permasalahan bangsa di bidang ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investigasi dan juga industri.

"Insya Allah nanti akan ada kejutan. Kejutan seperti apa tunggu saja. Kami tetap slow saja, tidak berpotensi menyerang secara garang tapi juga kami tidak nunduk-nunduk," Kata Priyo.
16:57
Jokowi menutup orasinya di GBK dengan mengucapkan terima kasih kepada para ketua umum partai yang mendukungnya. Ucapan terima kasih juga Jokowi sampaikan kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Terima kasih saya ucapkan spesial kepada Bapak Jusuf Kalla yang 4,5 tahun dampingi saya dalam menghadapi tantangan sehingga sampai hari ini negara berjalan baik," kata Jokowi

Sebelum berterima kasih kepada JK, Jokowi juga sempat mengucap terima kasih kepada seluruh partai pendukungnya.

Satu per satu nama ketua umum parpol dia sebutkan, termasuk nama Suharso Monoarfa yang baru saja menggantikan Romahurmuziy sebagai Ketua Umum PPP.
16:28
Sekretaris Jenderal partai yang tergabung dalam Koalisi Adil Makmur (koalisi Prabowo-Sandiaga) akan menyampaikan persiapan mengenai debat capres, rangkuman kampanye rapat umum, persiapan masa tenang, serta pemungutan suara.

Konpers ini berlangsung di Prabowo-Sandi Media Center, Jalan Sriwijaya I nomor 35, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Dalam konferensi pers itu hadir Ahmad Muzani (Gerindra), Eddy Soeparno (PAN), Hinca Pandjaitan (Demokrat), dan Priyo Budi Santoso (Berkarya).
16:03
Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo tampil di Gelora Bung Karno, Jakarta. Dia memasuki area panggung sambil berlari dan mengacungkan satu jarinya.

Kedatangan Jokowi itu disambut penonton konser yang memenuhi stadion. Mereka bersorak dan memberikan tepuk tangan.

Di belakang Jokowi, Ma’ruf Amin berjalan dengan dituntun seorang panitia. Di belakang Ma’ruf, turut hadir Wakil Presiden Jusuf Kalla, pendamping Jokowi pada Pilpres 2014.

Jokowi kemudian menyampaikan orasi dan mengatakan kalau ekonomi Indonesia akan membaik ke depannya.

“Jangan sampai kita merasa pesimis, jangan sampai kita merasa lemah, jangan sampai kita merasa rendah, karena bangsa ini adalah bangsa besar, negara ini adalah negara besar,” kata Jokowi.
16:00
Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno, bertemu pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid Abdullah Gymnastiar atau yang akrab disapa Aa Gym sebelum memulai debat sesi terakhir pada malam nanti.

Dalam pertemuan tersebut, Aa Gym menyampaikan pesan bahwa praktik korupsi yang terjadi selama ini di Indonesia telah merusak dan mengakibatkan ketimpangan sosial, ekonomi, dan hukum.

Karena itu, ia menilai bahwa saat ini Indonesia membutuhkan pemimpin yang berani berjuang menghilangkan budaya korupsi.

"Yang sering membuat hati saya pedih itu adalah korupsi di negara ini, jadi kita membutuhkan pemimpin yang berani kepada siapa pun dan hanya takut kepada Allah SWT," kata Aa Gym.

Prabowo juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada Aa Gym yang telah memberikan pencerahan dan nasihat kepadanya dan Sandiaga Uno untuk memperbaiki kondisi bangsa Indonesia saat ini.
DarkLight