Lirik Lagu "Dari Sabang Sampai Merauke" dan Siapa Penciptanya

Kontributor: Yuda Prinada, tirto.id - 8 Agu 2022 11:45 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Lirik lagu Dari Sabang Sampai Merauke, yang diciptakan oleh R. Suharjo, deskripsikan keberagaman Nusantara.
tirto.id - Lirik lagu Dari Sabang Sampai Merauke merupakan salah satu dari sekian banyaknya lagu wajib nasional Indonesia.

Dalam lagu tersebut, termuat penjelasan tentang berbagai macam pulau dari sabang sampai merauke yang termasuk dalam bagian “Itulah Indonesia”.

Dengan begitu, lagu tersebut menyajikan hal yang berdasarkan geografis, di mana Indonesia memiliki luas wilayah mulai dari Sabang (Aceh) hingga Merauke (Papua).

Melansir catatan Fajar Erikha dan kawan-kawan dalam artikel “Dari Sabang Sampai Merauke: Pendokumentasian Toponimi di Indonesia Melalui Lagu-lagu Populer”, Indonesia terdiri dari berbagai keanekaragaman dan beberapa di antaranya dituangkan melalui lagu populer.

Ternyata, lagu wajib nasional juga memiliki peran tersebut. Lagu Dari Sabang Sampai Merauke berhasil mendeskripsikan keberagaman yang ada dari Sabang hingga Merauke dan menyimpulkannya sebagai satu kesatuan, yakni Indonesia.


Lirik Lagu Dari Sabang Sampai Merauke



Dari Sabang sampai Merauke

Berjajar pulau-pulau

Sambung-menyambung menjadi satu

Itulah Indonesia



Indonesia tanah airku

Aku berjanji padamu

Menjunjung tanah airku

Tanah airku Indonesia



Dari Sabang sampai Merauke

Berjajar pulau-pulau

Sambung-menyambung menjadi satu

Itulah Indonesia



Indonesia tanah airku

Aku berjanji padamu

Menjunjung tanah airku

Tanah airku Indonesia


Siapa Pencipta Lagu Dari Sabang Sampai Merauke?

Pencipta lagu ini dikenal dengan nama R. Suharjo. Mengutip catatan Elah Nurelah dan Supriyadi dalam Tematik 6H Bumiku Kurikulum 2013 Revisi 2016 (2021:15), wilayah Indonesia setelah kemerdekaan pernah dibagi menjadi sejumlah 8 provinsi.

Lalu, kini jumlahnya sudah bertambah hingga mencapai jumlah 34 provinsi. Seluruh wilayah Indonesia tersebut dimuat dalam lagu Dari Sabang Sampai Merauke ciptaan R. Suharjo. Selain mengungkapkan kondisi geografis Indonesia, lagu tersebut juga mencerminkan wujud cinta tanah air.

Hal tersebut digambarkan melalui lirik “aku berjanji padamu”, kemudian diteruskan dengan kewajiban “menjunjung tanah airku”, dan terakhir berupa pengungkapan daerah negaranya “tanah airku Indonesia”.

Lagu wajib nasional adalah sebuah lagu yang mana setiap lirik berisikan peristiwa-peristiwa sejarah kemerdekaan Indonesia dimulai dari hari kemerdekaan Indonesia, lagu tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia hingga lagu yang memuji perjuangan para pahlawan pejuang kemerdekaan.

Lagu wajib nasional juga disebut lagu perjuangan. Menurut Desternelli, dkk (2017), lagu wajib nasional adalah lagu berbahasa yang syairnya berisi aspek kehidupan bangsa Indonesia. Penciptaan lagu wajib nasional di latar belakangi masa perjuangan dan masa kemerdekaan bangsa Indonesia.

Syair lagu wajib nasional mencerminkan masa sebelum dan sesudah perang kemerdekaaan, jiwa patriot dan kebangsaan yang terungkap lewat syair-syair lagunya terasa sangat menonjol sehingga memberi pengaruh positif bagi semangat rakyat dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan.



Baca juga artikel terkait LIRIK LAGU atau tulisan menarik lainnya Yuda Prinada


Kontributor: Yuda Prinada
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Yandri Daniel Damaledo
Penyelaras: Yulaika Ramadhani
DarkLight