Lima Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi pada Usia 50 Tahun ke Atas

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 18 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Lima makanan yang sebaiknya dikonsumsi pada usia 50 tahun ke atas: dari almond hingga sayuran hijau.
tirto.id - Seiring bertambahnya usia, baik orangtua, kakek, atau nenek yang ada di rumah, maka tanggung jawab anggota keluarga yang lebih muda adalah merawat dan memastikan kebutuhan nutrisi harian mereka terpenuhi dengan baik.

Hal itu seperti pergerakan jarum jam, di mana saat masih anak-anak, orang tua, kakek atau neneklah yang biasanya membimbing dan mengilhami anak dan cucunya untuk makan sehat serta memastikannya mendapatkan nutrisi yang tepat di masa pertumbuhannya.

Jika Anda sendiri atau ada anggota keluarga berusia 50-an berada di rumah, tentu penting untuk memastikan kebutuhan nutrisi hariannya terpenuhi.

Berikut ini lima makanan yang sebaiknya dikonsumsi anggota keluarga yang berusia 50 tahun atau lebih, untuk menjaga kesehatan seperti dilansir dari Indian Express:

1. Almond

Almond dipercaya dapat membantu pertumbuhan rambut. Penelitian global juga menunjukkan bahwa konsumsi almond setiap hari dapat berdampak positif pada orang dengan penyakit diabetes tipe 2, jantung dan manajemen berat badan, terutama untuk orang-orang berusia 50-an.

Almond mengandung 15 nutrisi utama seperti vitamin E, magnesium, protein, riboflavin, seng. Almond juga tidak mudah rusak dan mudah dibawa, sehingga menjadikannya pilihan tepat untuk dibuat camilan kapan saja.

2. Yoghurt

Yoghurt sarat dengan bakteri baik atau probiotik yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.

"Yoghurt juga bisa membantu penurunan berat badan. Kaya zat gizi mikro seperti seng, kalium dan Vitamin D. Mengonsumsi yoghurt bisa membantu mengendalikan tekanan darah, dan membangun kekebalan. Semua nutrisi ini penting bagi orang berusia 50-an,” kata Kepala Dietetics, Max Healthcare di Delhi Ritika Samaddar.

Saat mengonsumsi yoghurt bisa juga dicampur dengan berbagai bahan lainnya seperti buah-buahan, gandum, atau kacang-kacangan seperti kacang almond.


3. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh mengandung serat yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan meningkatkan kadar kolesterol darah.

Pastikan untuk menambahkan biji-bijian utuh seperti gandum utuh, oatmeal, millet, beras merah, dll, ke dalam makanan, karena akan membantu mengendalikan nafsu makan seseorang.

4. Telur

Makanan populer untuk sarapan ini juga berhubungan dengan manajemen berat badan. Telur mengandungn protein, vitamin D, dan kolin berkualitas tinggi.

Selain itu, telur mengandung asam amino yang membantu menjaga kekuatan otot tubuh, serta sebagai sumber Vitamin B12 dan folat, nutrisi yang dikenal untuk mencegah hilangnya memori.

Karena itu, pastikan untuk melayani anggota keluarga yang lebih tua dengan sebutir telur setiap hari dalam bentuk apa pun yang mereka sukai.

5. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau selain bergizi juga dikenal memiliki tingkat penurunan kognitif lebih rendah, yang menjadikannya pilihan baik terutama bagi orang yang berusia 50 tahun ke atas.

Sayuran seperti selada dan kol kaya akan nutrisi seperti Vitamin C, Vitamin B6, magnesium, serat dan rendah kalori, menjadikannya sebagai tambahan makanan yang baik.

Kemudian ada bayam yang tinggi kalium, magnesium dan juga mengandung antioksidan yang bisa membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan mata.

Jadi pastikan orang tua berusia 50 tahun ke atas cukup banyak mengonsumsi sayuran berdaun hijau setiap minggu. Bayam juga bisa ditambahkan ke semur, dibuat jus, atau sup bayam.


Baca juga artikel terkait MAKANAN SEHAT atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight