Liga Italia Serie A

Lazio Dihukum Atas Serangan Rasisme ke Mario Balotelli

Penulis: Iswara N Raditya, tirto.id - 9 Jan 2020 08:52 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Otoritas Liga Italia Serie A menjatuhkan hukuman kepada Lazio terkait serangan rasisme yang dilakukan suporter mereka kepada striker Brescia, Mario Balotelli.
tirto.id - Otoritas Liga Italia Serie A menjatuhkan hukuman kepada Lazio terkait serangan rasisme yang dilakukan suporter mereka kepada striker Brescia, Mario Balotelli. Pelecehan rasial terhadap Balotelli oleh sebagian Laziale terjadi dalam laga Brescia vs Lazio pada Minggu (6/1/2020) lalu di Stadion Mario Rigamonti.

Hukuman yang ditimpakan kepada Lazio berupa denda sebesar 20.00 euro. Sanksi bisa saja bertambah karena pengadilan disipliner Serie A saat ini sedang menyelidiki lebih jauh terkait identitas oknum tifosi Lazio yang melakukan tindakan diskriminatif terhadap Balotelli.

Pihak Serie A memastikan bahwa suporter Biancoceleste “menyanyikan paduan suara diskriminasi rasis terhadap seorang pemain dari tim lawan pada menit ke-21 dan ke-29 babak pertama", selain melakukan hinaan lainnya.

Brescia yang bertindak sebagai tuan rumah sempat unggul pada menit 18 berkat gol Balotelli. Namun, dikutip dari The Guardian, pertandingan sempat dihentikan lantaran sebagian tifosi Lazio ditengarai melantangkan chant beraroma rasial terhadap striker kelahiran Italia dari keluarga imigran Ghana tersebut.


Mario Balotelli terlihat mengajukan protes kepada wasit akibat nyanyian rasis tersebut dalam pertandingan yang akhirnya usai dengan skor 1-2 untuk kemenangan Lazio atas Brescia tersebut.

Setelah pertandingan, mantan pemain Inter Milan, Manchester City, AC Milan, Nice, dan Marseille ini mengecam aksi tidak patut yang dilakukan sebagian Laziale itu melalui akun Instagram pribadinya.

"Ini merupakan kekalahan yang menyakitkan, tapi kami akan kembali lebih kuat dan di jalan yang benar. Suporter Lazio di stadion hari ini, KALIAN TIDAK TAHU MALU! #saynotracism," tulis Balotelli.

Pihak Lazio mengeluarkan pernyataan resmi terhadap komentar Balotelli tersebut. Biancoceleste mengecam segala bentuk diskriminasi dan akan melakukan tindakan hukum terhadap mereka yang mencederai nilai-nilai sportivitas.


"Seperti yang selalu dilakukan di masa lalu, SS Lazio mengutuk perilaku diskriminatif dari minoritas kecil penggemar selama pertandingan dengan Brescia," tulis pernyataan resmi Lazio.

"Klub sekali lagi mengecam perilaku yang tidak dapat dibenarkan dan menegaskan niat untuk melakukan tindakan hukum terhadap mereka yang mengkhianati gairah olahraga dengan secara serius merusak citra klub dan tim Biancoceleste," tandas pernyataan tersebut.

Baca juga artikel terkait LIGA ITALIA atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Fitra Firdaus

DarkLight