Kylian Mbappe Resmi Jadi Pemain Muda Terbaik Ballon d'Or 2018

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 4 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Kylian Mbappe terpilih sebagai peraih penghargaan pemain muda terbaik (Kopa Trophy) pada gelaran Ballon d'Or 2018.
tirto.id - Kylian Mbappe sukses memenangkan penghargaan Kopha Trophy alias pemain muda terbaik di FIFA Ballon d'Or 2018. Mbappe meraih penghargaan ini dengan mengalahkan beberapa kandidat pemain berbakat lain.

Nama-nama selain Mbappe yang juga masuk nominasi ini antara lain Gianluigi Donnarumma (AC Milan), Justin Kluivert (AS Roma), hingga Trent Alexander-Arnold (Liverpool). Kemenangan Mbappe atas kandidat-kandidat tersebut sebenarnya bukan lagi merupakan kejutan.

Mbappe terpilih berkat berbagai pencapaian fenomenalnya sepanjang musim 2018. Mulai dari menjadi pemenang Piala Dunia termuda sepanjang sejarah, pencetak gol termuda kedua di final Piala Dunia, serta tampil sentral membawa PSG menjuarai dua trofi kompetisi lokal Perancis.

Sang pemain pun hadir langsung pada penyerahan trofi di Paris, Selasa (4/12/2018) dini hari waktu Indonesia. Ditanyai oleh pembawa acara David Ginola apakah target berikutnya bagi sang pemain adalah Ballon d'Or, Mbappe hanya menjawabnya dengan gurauan.

"Tidak [Ballon d'Or]. Tujuan saya berikutnya adalah meraih segalanya," ujar sang pemain.

Pada kesempatan yang sama, David Ginola juga mengumumkan langsung pemenang untuk dua kategori lain, pemain terbaik pria dan wanita. Untuk kategori wanita, pemain yang mendapat predikat terbaik dan berhak membawa pulang trofi adalah Ada Hegerberg asal Olympique Lyon.

Sedangkan bagi kategori pemain terbaik pria, Luka Modric jadi yang terbaik. Mbappe sebenarnya juga ikut bersaing pada kategori ini, namun ia hanya menempati urutan keempat, menempel ketat Cristiano Ronaldo dan rekan senegaranya, Antoine Griezmann.


Kylian Sanmi Mbappe Lottin adalah pemain sepakbola berasal dari Prancis yang pernah memperkuat AS Monaco sejak 2015. Selain itu, Mbappe juga tercatat sebagai pemain Tim Nasional Perancis.

Mbappe mengawali karier sepakbola seniornya dengan bermain untuk klub AS Monaco II pada 2015 dan kemudian pindah ke tim utama AS Monaco. Tahun 2014 hingga 2015, Mbappe menjadi bagian dari Tim Nasional Prancis U17.

Tahun 2016, dia naik ke Tim Nasional Prancis U19, hingga akhirnya pada 2017 dia menjadi Tim Nasional senior. Bersama Monaco, hingga 2017, Mbappe tercatat sudah membukukan 16 gol dalam 40 kali tampil.

Musim 2016-2018 lalu, Mbappe tampil dalam 56 pertandingan di berbagai kompetisi, baik untuk Timnas Perancis maupun PSG. Dari catatan tersebut, 32 gol sukses ia sarangkan.

Penghargaan Kopha Trophy jadi trofi individual besar ketiga Mbappe tahun ini. Sebelumnya ia juga dinobatkan sebagai pemain muda terbaik di Piala Dunia 2018, serta pemain muda terbaik FIFA.

Baca juga artikel terkait BALLON DOR atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
DarkLight