tirto.id - Poster adalah karya seni berupa tulisan atau gambar yang mengandung informasi. Berdasarkan tujuannya dalam menyebarkan informasi, poster dibuat dengan semenarik mungkin untuk menarik perhatian setiap orang yang membaca. Sehingga, diperlukan desain yang bewarna-warni.
Menurut Purnomo (2019) dalam buku Seni Budaya Kelas VIII SMP/MTS Isi dan pesan poster bergantung pada tujuan poster. Isi pesan menggambarkan apa dan bagaimana tujuan tersebut dinyatakan dalam bentuk gambar dan tulisan.
Pembuatan poster sebaiknya ditulis sesingkat mungkin tetapi memiliki pesan yang kuat dan jelas. Adanya gambar pada poster selain menarik perhatian juga membantu memberikan makna pada tulisan.
Pengaplikasian poster dengan cara ditempel pada dinding atau permukaan yang datar pada tempat umum karena sifatnya untuk mencari perhatian. Biasanya dipasang di tempat yang strategis seperti, sekolah, mall, pasar, dan tempat yang banyak dikunjungi oleh orang.
Ukuran poster juga menyesuaikan kebutuhan, poster berukuran kecil biasanya ditempel di dinding berupa kertas sedangkan poster ukuran besar ditemukan di pinggir jalan berupa baliho.
Tujuan poster untuk menyebarkan informasi adalah bentuk mempromosikan sesuatu, misalnya produk, jasa, pendidikan, nasihat, kegiatan, dan lain-lain. Pada umumnya bertujuan untuk mengajak masyarakat.
Berdasarkan tipenya tujuan poster antara lain:
- Mengajak
- Mengimbau
- Mengingatkan
- Melarang
- Mengkampanyekan
- Propaganda
- Memotivasi
- Mengajar
- Menginspirasi
Dalam pembuatan poster tidak asal membuat, melainkan harus merencanakan konsep berdasarkan tujuan. Jika bertujuan untuk mengajak dalam hal pendidikan maka harus menyesuaikan antara gambar yang mendukung isi pesan, sebaliknya jika mempromosikan produk maka selain gambar produk itu sendiri juga menyertakan visual lain yang mendukung.
Pranata (2020) dalam buku Seni Rupa Kelas VIII menjelaskan secara umum konsep dalam pembuatan poster berupa:
1. Tujuan poster
Seseorang yang akan membuat poster terlebih dahulu menentukan tujuan. Jika poster ditujukan untuk propaganda politik maka berbeda dibandingkan poster untuk pendidikan yang bersifat memotivasi. Setidaknya gambar partai dan tokoh yang akan dipromosikan dicantumkan pada poster ditambah tulisan untuk mendukung.
2. Tema dan isi pesan
Setelah menentukan tujuan dari pembuatan poster selanjutnya penting untuk memilah tema. Apabila tujuannya untuk mempromosikan produk kecantikan, maka tema yang dibuat tidak jauh dari kecantikan. Sehingga, memudahkan dalam pembuatan isi pesan
3. Dukungan terhadap isi pesan
Isi pesan dibuat sesuai karakteristik tujuan dan khalayak pasaran. Pembuatan isi pesan juga harus jelas dan mudah diingat. Poster yang dibuat dalam bentuk tulisan akan membosankan untuk menarik perhatian. Oleh karena itu, perpaduan antara tulisan dan gambar akan memberikan kesan menarik ditambah warna-warna yang kontras. Selain itu, gambar dapat menyampaikan arti pesan.
4. Cara atau teknik dalam menyampaikan pesan
Teknik penyampaian pesan berdasarkan isi dan tema antara tulisan dengan gambar harus saling keterkaitan. Misalnya dalam mempromosikan rumah makan padang, maka gambar yang diambil dapat berupa orang yang sedang makan dengan tambahan khas Kota Padang
Penulis: Wulandari
Editor: Yantina Debora