Timnas Indonesia U-23

Kondisi Terkini Evan Dimas Usai Cedera di Final SEA Games 2019

Oleh: Iswara N Raditya - 12 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Evan Dimas Darmono mengalami cedera di laga final cabang sepakbola putra SEA Games 2019 antara Timnas U23 Indonesia vs Vietnam.
tirto.id - Evan Dimas Darmono mengalami cedera di laga final cabang sepakbola putra SEA Games 2019 antara Timnas U23 Indonesia vs Vietnam yang digelar di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, pada Selasa (10/12/2019) lalu. Lantas, bagaimana kondisi terkini gelandang andalan tim Garuda Muda ini?

Skuad Timnas Indonesia U23 sudah bertolak dari Filipina pada Rabu (11/12/2019) malam. Setibanya di tanah air, Evan Dimas dibawa ke Rumah Sakit Royal Progress di Jakarta Utara untuk menjalani pemeriksaan MRI engkel kaki kirinya yang cedera akibat dilanggar salah satu pemain Vietnam dalam laga kemarin.

"Kami MRI untuk mendiagnosa kecurigaan kami tentang cidera pada antero talo vibular ligamen (atfl ankle sinestra kiri),” ungkap Ketua Tim Dokter Timnas Indonesia, Syarif Alwi, dikutip dari situs resmi PSSI.

“Setelah kita mengetahui, kita akan mengambil langkah terapi. Kita juga akan melakukan x-ray ankle kiri untuk mengatahui apakah ada kelainan sekitar tulang ankle kiri," lanjutnya.


Apabila tidak ada kelainan serius dan setelah melalui proses terapi dan fisio secara intensif, gelandang Barito Putra itu diperkirakan membutuhkan waktu pemulihan sekitar tiga pekan.

“Mudah-mudahan cederanya tidak terlalu parah sehingga penyembuhannya bisa cepat," harap Syarif Alwi.

Evan Dimas harus meninggalkan lapangan lebih cepat saat memperkuat Timnas Indonesia U23 di final sepakbola SEA Games 2019 melawan Vietnam. Mantan kapten Timnas Indonesia 19 ini mengalami cedera akibat ulah pemain lawan, Doan van Hau, di pertengahan babak pertama.

Pelatih Indra Sjafri kemudian memutuskan menarik keluar Evan Dimas dan digantikan oleh Syahrian Abimanyu. Namun, hilangnya Evan Dimas dari lini tengah membuat pola permainan Timnas Indonesia U23 terganggu.

Akibatnya, gawang tim Garuda Muda yang dikawal oleh Nadeo Argawinata harus kebobolan tiga kali. Timnas Indonesia U23 akhirnya kalah 0-3 dari Vietnam dan harus puas membawa pulang medali perak dari SEA Games 2019.


Baca juga artikel terkait SEA GAMES 2019 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight