Kode BCA untuk Transfer Antar-Bank

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 3 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Berikut adalah kode transfer antarbank untuk Bank Central Asia (BCA).
tirto.id - Sebagai masyarakat modern yang tidak terlepas dari aktivitas transaksi online, anda pasti tidak asing bukan dengan digital payment atau pembayaran digital? Saat ini seluruh bank di Indonesia menyediakan fasilitas pembayaran digital dan transfer via ATM untuk para nasabahnya, termasuk Bank Central Asia (BCA).

Salah satu bank yang populer untuk melakukan transaksi secara digital ini memberikan kemudahan bagi para nasabahnya untuk melakukan pembayaran secara online.

Bank yang telah berdiri sejak 1957 ini memberikan berbagai fasilitas pendukung kegiatan transaksi bagi para nasabahnya, seperti e-banking.

Untuk bisa transfer ke BCA melalui ATM dan e-banking, Anda memerlukan kode bank. Anda juga akan dikenakan biaya untuk transaksi antarbank, yakni Rp6.500. Kode BCA sendiri adalah 014.

Memang biasanya di ATM tersedia menu kode transfer antar bank. Namun, mencari kode transfer sesaat sebelum transfer dapat meningkatkan kesalahan.

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) (IDX: BBCA) adalah bank swasta terbesar di Indonesia. Bank ini didirikan pada 21 Februari 1957 dengan nama Bank Central Asia NV dan pernah menjadi bagian penting dari Salim Group. Sekarang bank ini dimiliki oleh salah satu grup perusahaan rokok terbesar di dunia, Djarum.

BCA melakukan merger dengan dua bank lain pada 1977. Salah satunya Bank Gemari yang dimiliki Yayasan Kesejahteraan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia. Kantor Bank Gemari pun dijadikan kantor cabang BCA. Merger itu membuat BCA bisa menjadi bank devisa.

Pada tahun 1990-an BCA mengembangkan alternatif jaringan layanan melalui ATM (Anjungan Tunai Mandiri atau Automated Teller Machine).

Pada tahun 1991, BCA mulai menempatkan 50 unit ATM di berbagai tempat di Jakarta.

Pengembangan jaringan dan fitur ATM dilakukan secara intensif. BCA bekerja sama dengan institusi terkemuka, antara lain PT Telkom untuk pembayaran tagihan telepon melalui ATM BCA.

BCA juga bekerja sama dengan Citibank agar nasabah BCA pemegang kartu kredit Citibank dapat melakukan pembayaran tagihan melalui ATM BCA.



Baca juga artikel terkait BCA atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH
DarkLight