Kementerian PAN-RB Terima Soal Ujian PPPK dari Kemendikbud

Oleh: Alfian Putra Abdi - 18 Februari 2019
Total soal tes yang diterima Kemenpan RB sebanyak 1.310 soal ujian terdiri atas kompetensi manajerial, kompetensi sosio kultural, uji kompetensi teknis, dan wawancara.
tirto.id - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin telah menerima soal ujian untuk seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahap I dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Syafruddin mengatakan, telah menerima 1.310 soal ujian terdiri atas soal kompetensi manajerial 530 soal, kompetensi sosio kultural 130 soal, uji kompetensi teknis 520 soal, dan wawancara tertulis 130 soal.

Semua soal tersebut diperuntukan untuk para peserta PPPK tahap I yang akan mengikuti tes pada 23 Februari-24 Februari 2019.


"Kita memberikan pencerahan atau harapan kepada saudara kita yang punya jasa, yaitu para guru honorer, tenaga kesehatan, penyuluh pertanian yang sudah 10 hingga 15 tahun mengabdi dengan gaji terbatas," ujar dia di kantornya, Jakarta Selatan, Senin (18/2/2019).

Mendikbud, Muhadjir Effendy mengatakan, soal-soal yang diserahkan bukanlah berisi kompetensi teknis melainkan kompetensi manajerial dan sosio kultural yang hanya berlaku pada jabatan yang bisa diisi oleh PPPK.

Muhadjir juga menekankan, Kemendikbud berkomitmen untuk selalu membantu proses pengadaan ASN secara akuntabel dan transparan. "Agar diperoleh calon-calon ASN yang profesional dan berintegritas," ungkap dia.

Hingga Minggu (17/02/2019), jumlah akun pendaftar mencapai 95.290. Dan peserta yang telah selesai mendaftar berjumlah 87.561 pelamar.

Namun hingga saat ini, data pelamar yang telah diverifikasi sebanyak 30.111 pelamar. Kementerian PANRB mengimbau kepada instansi pemerintah untuk segera memverifikasi karena sebagai penentuan jadwal dan tempat tes.


Baca juga artikel terkait CPNS KEMENPANRB atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Zakki Amali