Jubir Penanganan COVID-19 Tampik Potensi RI Lockdown Akibat Corona

Oleh: Andrian Pratama Taher - 11 Maret 2020
Masyarakat diajak terlibat pencegahan Corona COVID-19 meluas, sehingga tak perlu ada lockdown seperti Italia dan kota lain di Cina dan Korea Selatan.
tirto.id - Pemerintah RI belum berpikir untuk menerapkan konsep lockdown setelah meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia meski hampir setengah penularan berasal dari luar negeri atau imported case.

“Yailah cuma segitu aja kok lockdown. Nggak lah,” kata Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Sebagai informasi, kasus Covid-19 kini mencapai 27 kasus. Berdasarkan pemberitaan Tirto, Covid-19 dengan latar belakang imported case cukup banyak.

Per Selasa (10/3/2020), 13 dari 27 kasus merupakan imported case Covid-19. Kabar terkini, 2 penderita Covid-19 kini dinyatakan sembuh, yakni pasien nomor 6 dan pasien nomor 14. Sementara itu, satu kasus, yakni kasus 25 dinyatakan meninggal dunia. Namun, pemerintah mengklaim pasien tersebut meninggal akibat penyakit lain di luar Covid-19.

Yurianto membandingkan kasus Indonesia dengan Italia. Sebagai informasi, Italia kini berada di peringkat kedua dalam jumlah kasus Covid-19. Kini, ada sekitar 10.149 kasus di Italia.

Menurutnya, pemerintah RI tidak perlu melakukan lockdown. Pihaknya justru kini berharap agar kasus Covid-19 tidak bertambah. Ia pun meminta masyarakat ikut terlibat dalam pencegahan Covid-19 agar tidak terjadi lockdown.

“Upayanya semuanya lah, kan upaya masyarakat bersama, bukan hanya pemerintah saja,” kata Yurianto.

Sejumlah negara mulai menerapkan konsep lockdown untuk mencegah penyebaran Covid-19. Dalam berita Tirto, dua kota di dunia negara yakni Wuhan, Tiongkok dan Daegu, Korea Selatan. Sementara itu, satu negara menerapkan lockdown, yaitu Italia.


Baca juga artikel terkait WABAH VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Zakki Amali
DarkLight