SEA Games 2021

Jadwal SEA Games 2022 Vietnam & Mulai Tayang Live TV di Mana?

Kontributor: Permadi Suntama - 30 Apr 2022 18:35 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal SEA Games 2022 Vietnam dimulai tanggal 12 Mei 2022 dan disaksikan melalui live streaming gratis di RCTI+.
tirto.id - Jadwal SEA Games 2021 Vietnam secara resmi akan dimulai tanggal 12 Mei 2022. Khusus cabang olahraga sepak bola akan digelar sejak Jumat tanggal 6 Mei 2022. Jalannya pertandingan di SEA Games 2022 dapat disaksikan melalui live streaming gratis di RCTI+.

Timnas Indonesia U23 vs Vietnam bakal menjalani laga pembuka SEA Games 2021 yang digelar tahun 2022 untuk cabor sepak bola putra. Dua finalis SEA Games 2019 tersebut sama-sama mengincar kemenangan untuk merealisasikan target medali emas.

Berstatus juara bertahan dan tuan rumah, Vietnam lebih diunggulkan dibanding Indonesia. Akan tetapi, skuad Garuda Muda yang diisi banyak pemain jebolan Piala AFF 2020 membuat tim besutan Shin Tae Yong lebih punya pengalaman dalam pertandingan internasional.

Selain pertandingan sepak bola, cabor SEA Games 2022 lainnya seperti bulu tangkis dan angkat besi, bakal disiarkan langsung dan live streaming di jaringan MNC Grup sebagai pemegang hak siar di Indonesia. Kontingen Indonesia sendiri mengirim 476 atlet ke Vietnam.


Prediksi SEA Games 2022 Live TV & Cabor yang Diikuti Kontingen Indonesia

Kendati jumlah atlet yang tampil di SEA Games 2022 turun drastis dibanding edisi-edisi sebelumnya, tetapi kontingen Indonesia diharapkan tetap meraih hasil terbaik. Bahkan, mereka ditargetkan bisa meraih medali lebih banyak dibanding edisi sebelumnya yang meraih 267 medali.

Dikutip dari Antara, dari total 476 atlet Indonesia yang tampil di SEA Games 2022 hanya akan turun di 32 cabor dari total 40 cabor dipertandingkan. Cabor-cabor yang diikuti merupakan nomor yang berpotensi menghadirkan medali untuk Indonesia.

Sementara untuk cabor atau atlet yang dinilai sulit menghasilkan medali, berdasarkan catatan data statistik Kemenpora, tidak diberangkatkan. Penentuan tersebut didasarkan pada Desain Besar Olahraga Nasional (DPON).

Di dalam DPON, Indonesia memiliki 14 cabor unggulan di antaranya bulu tangkis, atletik, balap sepeda, angkat besi, dayung, menembak, panahan, pencak silat, renang, senam, taekwondo, dan wushu.


Sementara 18 cabor lain yang tetap diberangkatkan, meskipun tidak masuk dalam cabor unggulan DPON adalah voli indor, voli pantai, boling, catur, jujitsu, judo, tenis, triathlon, sepak takraw, kickboxing, sepak bola, esport, anggar, basket, gulat, selam, vovinam, golf dan futsal.

Kendati tidak masuk dalam cabor unggulan DPON, tetapi cabor-cabor tersebut tetap bisa meraih hasil terbaik, seperti voli indor putra yang di SEA Games 2019 lalu berhasil meraih medali emas, begitu juga dengan sepak bola yang diharapkan bisa menjadi juara.

Sejak terakhir kali meraih medali emas pada 1991, tim sepak bola Indonesia belum pernah menjadi juara, terutama sejak menggunakan aturan pemain berusia di bawah 23 tahun atau Timnas U23 ditambah beberapa pemain senior.


Jadwal SEA Games 2022 Live di RCTI+

Rangkaian pertandingan SEA Games 2022 dapat disaksikan melalui live streaming RCTI+ dan siaran langsung di stasiun televisi yang tergabung dalam MNC Grup seperti RCTI, MNCTV, iNews TV, Glolab TV, dan saluran berbayar Vision+.

SEA Games 2022 Vietanam sendiri dijadwalkan dibuka secara resmi pada 12 Mei 2022, sementara untuk cabor sepak bola bakal memulai kick off pada 6 Mei 2022.

Baca juga artikel terkait SEA GAMES 2021 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight