Jadwal Piala Wali Kota Surabaya 2022 Live TV & Daftar Tim Peserta

Kontributor: Beni Jo - 26 Apr 2022 07:32 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal Piala Wali Kota Surabaya 2022 live TV dan daftar tim peserta: Persebaya, Persija, PSIS Semarang, dan Persis Solo.
tirto.id - Jadwal Piala Wali Kota Surabaya 2022 rencananya digelar pada 1-11 Juni 2022 di Gelora Bung Tomo, Surabaya. Turnamen pramusim jelang bergulirnya Liga 1 2022/2023 itu akan melibatkan 4 tim peserta, yaitu Persebaya, Persija, PSIS, dan Persis. Seluruh pertandingan bakal disiarkan secara live melalui salah satu saluran televisi nasional.

Piala Walikota Surabaya 2022 diinisasi oleh Asprov (Assosiasi Provinsi) PSSI Jawa Timur beserta Pemerintah Kota Surabaya. Selain demi menyongsong Liga 1 2022, turnamen tersebut juga bakal dimanfaatkan untuk menguji kesiapan Gelora Bung Tomo (GBT), salah satu venue stadion penyelenggara Piala Dunia U20 2023 mendatang.

Sejumlah evaluasi rencananya akan dilakukan terhadap GBT, terutama terkait dengan rumput stadion, pencahayaan, serta tribun penonton.

"Piala Wali Kota bisa dijadikan ujian bagaiana persiapaan Gelora Bung Tomo, baik itu soal rumput, lampu, tribun penonton, dan lain-lainnya setelah mengalami perbaikan sebelum menjadi tuan rumah Piala Dunia. Turnamen ini juga bisa menjadi evaluasi bagi Persebaya yang akan menggunakan Gelora Bung Tomo sebagai homebase," tutur Eri Cahyadi, Wali Kota Surabaya, dikutip laman Antara.

Untuk calon peserta, Amir Burhanuddin selaku wakil ketua Asprov PSSI Jatim memastikan bahwa Persebaya menjadi salah satu partisipan Piala Wali Kota Surabaya 2022 sekaligus berstatus tuan rumah.

Sedangkan 3 tim undangan lainnya ialah Persija Jakarta, PSIS Semarang, dan Persis Solo. Nama terakhir merupakan kampiun Liga 2 2021/2022 dan berstatus tim promisi Liga 1 2022/2023 mendatang.

"Pak Wali Kota menyambut baik turnamen Piala Wali Kota ini sebagai rangkaian Road to World Cup 2023 nanti yang digelar di Gelora Bung Tomo," ungkap Amir.

"Secara lisan (Persija, PSIS, dan Persis) sudah menyatakan kesiapannya, tentu saja Persebaya sebagai klub kebanggaan masyarakat Surabaya tentu harus tampil di kandangnya yang megah," tambahnya.


Daftar Tim Piala Wali Kota Surabaya 2022


Berikut adalah tim peserta Piala Wali Kota Surabaya 2022 pada 1-11 Juni 2022.

  • Persebaya Surabaya
  • Persija Jakarta
  • PSIS Semarang
  • Persis Solo

Persija Datangkan Eks Arsitek Borussia Dortmund


Jelang bergulirnya kompetisi Liga 1 2022/2023, Persija mendatangkan Thomas Doll sebagai arsitek anyar. Pelatih asal Jerman itu pernah menukangi klub-klub top Bundesliga dan sejumlah tim Eropa, seperti Hamburger SV, Borussia Dortmund, Hannover 96 (Jerman), Ferencvaros (Hungaria), dan APOEL Nikosia (Siprus).

Ketika masih aktif bermain di atas rumput hijau, Doll sempat tampil untuk Hansa Rostock, BFC Dynamo, Hamburger SV, Lazio, Eintracht Frankfurt, dan AS Bari.

Di barisan pemain, tim ibukota tak ingin main-main dalam melakukan persiapan. Persija menggaet 3 penggawa anyar berlabel Timnas. Mereka adalah Hansamu Yama Pranata, Firza Andika, dan Hanif Sjahbandi.

Selain itu, beberapa pilar musim lalu juga tetap dipertahankan. Di antaranya bek tengah Maman Abdurahman, Tony Sucipto, dan penyerang Osvaldo Haay.

Di bawah tangan dingin Thomas Doll, turnamen Piala Wali Kota Surabaya 2022 mendatang bisa menjadi ujian pertama bagi Persija. Doll berpeluang pula memperbaiki kinerja Macan Kemayoran, yang musim lalu hanya finis di peringkat 8 klasemen akhir Liga 1 2021/2022.

"Saya merasa terhormat bisa bergabung dengan salah satu tim besar di Indonesia. Tentu saya sangat berhasrat bisa membawa Persija ke level yang lebih tinggi. Saya sudah tak sabar untuk memimpin latihan di Jakarta," ujar juru taktik asal Jerman tersebut, seperti dilaporkan laman resmi klub.

Sementara itu, Persebaya tetap mempertahankan Aji Santoso sebagai pelatih untuk musim depan. Namun demikian, Tim Bajol Ijo dipastikan kehilangan 4 pilar asing yang memilih hengkang. Mereka ialah Taisei Marukawa, Bruno Moreira, Alie Sesay, dan Arsenio Valpoort.

Sederet pilar musim lalu pun telah meninggalkan klub asal kota Pahlawan. Di antaranya Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Ady Setiawan, Reva Adi Utama, Samsul Arif Munip, hingga sang kapten tim Arif Satria.

"Pastinya kami sudah melakukan usaha untuk mempertahankan pemain. Tapi semua kembali ke pemain. Saya sadar pemain saya banyak yang meminati," kata Aji, dikutip laman resmi klub.

Demi memperkuat tim, Persebaya juga mendatangkan sejumlah pilar anyar. 1 pemain asing yang sudah pasti memperkuat tim ialah bek tengah asal Brasil yang merumput bersama Persiraja di musim lalu: Léo Lelis.

Untuk pilar lokal, beberapa nama pemain muda bakal mengisi skuad Bajul Ijo dalam mengarungi kompetisi mendatang. Para muka baru tersebut ialah Andre Oktaviansyah, Mochammad Zaenuri, Salman Al Farid, Januar Eka, dan Dandi Maulana.

Selain itu, Persebaya juga terus dikait-kaitkan dengan Brylian Aldama, eks gelandang Timnas U19 yang musim lalu bermain di Eropa bersama HNK Rijeka (Kroasia).

Baca juga artikel terkait PIALA WALIKOTA SURABAYA 2022 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus

DarkLight