Jadwal MotoGP 2020: Race Virtual 5 GP Inggris Akhir Pekan Ini

Oleh: Permadi Suntama - 27 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal MotoGP Virtual 2020: race kelima, Grand Prix Inggris di Sirkuit Silverstone pada Minggu (31/5/2020). Jorge Lorenzo ambil bagian.
tirto.id - MotoGP Virtual 2020 memasuki seri kelima, Grand Prix Inggris yang akan digelar di Sirkuit Silverstone pada Minggu (31/5/2020). Di kelas MotoGP, pembalap tes Monster Energy Yamaha, Jorge Lorenzo akan ambil bagian. Ini adalah pertama kalinya bagi X-Fuera turun di lomba virtual yang jadi pengisi kekosongan sementara kalender MotoGP tahun ini.

"Jorge Lorenzo, sang juara dunia lima kali yang batal mendapat wildcard dengan Monster Energy Yamaha musim ini akan ambil bagian (di seri kelima MotoGP Virtual 2020). Sirkuit Silverstone adalah arena yang ia taklukkan tiga kali di kelas MotoGP," pengumuman di situs web resmi MotoGP.

Selain Jorge Lorenzo, 7 pembalap lain dijadwalkan bakal ikut ambil bagian dalam lomba yang berlangsung pada akhir pekan ini. Namun, tidak berarti semua pembalap tim elite MotoGP akan terjun.

Dilansir dari Crash, Alex Marquez, Marc Marquez (keduanya Repsol Honda) dan Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) akan absen. Selain mereka, Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) juga tak akan mengemudikan motor virtual di Silverstone.



Dengan kondisi seperti ini, maka Pecco Bagnaia (Pramac Racing) menjadi satu-satunya pemenang lomba virtual MotoGP yang akan bertarung di GP Inggris. Harapan akan muncul juara baru cukup terbuka.

Selain Bagnaia, salah satu pembalap yang terbukti cukup kompetitif untuk urusan balapan virtual, Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) bisa pula jadi calon pemenang.

Dalam balapan virtual kali, operator pertandingan akan melakukan sejumlah perubahan seperti jumlah putaran yang diambil separuh dari balapan nyata. Dengan demikian, balapan virtual di kelas MotoGP akan berlangsung selama 10 putaran atau setengah dari lap normal MotoGP Inggris yang berlangsung 20 putaran.

Selain kelas MotoGP, Grand Prix Silverstone akan kembali menggelar balapan di kelas Moto2 dan Moto3 yang di seri sebelumnya ditiadakan. Untuk Moto2, balapan akan digelar selama 6 lap atau 35 persen dari total lap asli. Sementara itu, Moto3 juga akan menampilkan 6 lap saja, juga 35 persen dari total lap jika gelaran dilakukan di Sirkuit Silverstone yang sesungguhnya.



Berikut daftar pembalap yang ambil bagian dalam MotoGP Virtual Race 5 di Sirkuit Silverstone.

Daftar Pembalap MotoGP

Michele Pirro (Ducati)
Jorge Lorenzo (Monster Energy Yamaha)
Joan Mir (Suzuki Ecstar)
Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT)
Francesco Bagnaia (Pramac Racing)
Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu)
Lorenzo Savadori (Aprilia Racing Team Gresini)
Tito Rabat (Reale Avintia Racing)

Daftar Pembalap Moto2

Tetsuta Nagashima (KTM Red Bull Ajo)
Hector Garzo (Flexbox HP 40)
Marcel Schrötter (Liqui Moly Intracht)
Kasma Daniel Kasmayudin (ONEXOX TKKR SAG)
Xavi Vierge (Petronas Sprinta Racing
Bo Bendsneyder (NTS RW Racing)
Marco Bezzecchi (Sky Racing Team VR46)
Stefano Manzi (MV Agusta Forward Racing)
Nicolo Bulega (Federal Oil Gresini Moto2)
Augusto Fernandez (EG 0,0 Marc VDS)

Daftar Pembalap Moto3

Stefano Nepa (Aspar Team Gaviota)
John McPhee, Petronas Sprinta Racing)
Jaume Masia (Leopard Racing)
Jeremy Alcoba (Kömmerling Gresini)
Yuki Kunii (Asian Honda Team)
Kaito Toba (Red Bull KTM Ajo)
Ayumu Sasaki (Red Bull KTM Tech 3)
Carlos Tatay (Reale Avintia Racing)
Maximilian Kofler (CIP Green Power)
Barry Baltus (CarXpert Prüstel)

Baca juga artikel terkait MOTOGP 2020 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Otomotif)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight