Jadwal MotoGP 2020 Ditunda Dorna Gelar Race Virtual Minggu 29 Maret

Oleh: Fitra Firdaus - 26 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Dorna menyusun race MotoGP virtual pada Minggu, 29 Maret 2020 setelah berbagai penundaan jadwal MotoGP 2020.
tirto.id - Ditundanya jadwal beberapa grand prix MotoGP 2020 pada awal musim ini karena pandemi virus corona COVID-19 membuat Dorna sebagai promotor menggagas ide berbeda. Mereka akan menggelar MotoGP virtual (eSport) pada Minggu (29/3/3020) pukul 15.00 GMT live di MotoGP.com.

"Seperti yang diumumkan pada Selasa (24/3), akhir pekan ini kita akan melihat balapan virtual pertama MotoGP. Line-up bertabur bintang yang dipimpin Marc Marquez (Repsol Honda Team) dan Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha) akan kembali ke trek, kali ini secara virtual, dalam acara khusus yang dimainkan lewat videogame MotoGP19," keterangan di laman resmi MotoGP.

Seperti dalam balapan MotoGP yang sesungguhnya, MotoGP virtual kali ini bakal menggunakan sesi kualifikasi untuk menentukan siapa yang berhak ada di grid terdepan. Bedanya tentu masalah waktu. Kualifikasi MotoGP virtual hanya berlangsung lima menit.



Grand prix untuk MotoGP virtual akhir pekan ini adalah GP Italia di Autodromo del Mugello versi digital. Jika dalam balapan sesungguhnya, grand prix di Sirkuit Mugello memakan 23 lap, maka dalam lomba virtual, yang dimainkan hanya enam lap.

Para pembalap elite bakal turun dalam balapan virtual ini. Marc Marquez sang juara dunia bersama sang adik, Alex Marquez dari Repsol Honda, akan siap tempur. Sementara itu, Maverick Vinales dari Monster Energy Yamaha ikut berlomba. Hanya, kali ini sang pembalap legendaris, Valentino Rossi tidak akan menjajal kemampuannya dalam versi digital.



Jadwal Grand Prix MotoGP eSport

Belum diketahui apakah grand prix MotoGP eSport akhir pekan ini adalah grand prix pertama dari beberapa GP virtual selama kejuaraan tidak gelar karena pandemi corona COVID-19. Namun, dipastikan lomba digelar pada Minggu, 29 Maret 2020 pukul 15.00 CET.

Fans dapat menonton grand prix di situs web motogp.com dan esport.motogp.com, melalui TV penayang terpilih, juga lintas platform media sosial termasuk YouTube (melalui saluran MotoGP dan MotoGP eSport), Twitter MotoGP eSport, Instagram, dan Facebook (melalui halaman eSport MotoGP dan MotoGP)

Daftar Peserta MotoGP eSport

Awalnya, Valentino Rossi disebut bakal ikut serta dalam lomba virtual ini. Meskipun demikian, pada Rabu (25/3/2020), Dorna mengonfirmasi The Doctor takkan masuk dalam 10 pembalap yang tampil. Demikian pula dengan duo Ducati, Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci.

Total peserta lomba adalah 2 pembalap Repsol Honda, 1 pembalap tim pabrikan Yamaha, 1 pembalap tim satelit Yamaha, 1 pembalap Aprilia, 2 pembalap Suzuki, 2 pembalap Red Bull, dan 1 pembalap Pramac.

Repsol Honda Team: Marc Marquez, Alex Marquez
Monster Energy Yamaha MotoGP: Maverick Viñales
Aprilia Racing Team Gresini: Aleix Espargaro
Team Suzuki Ecstar: Alex Rins, Joan Mir
Petronas Yamaha SRT: Fabio Quartararo
Red Bull KTM Tech 3: Iker Lecuona, Miguel Oliveira
Pramac Racing: Francesco Bagnaia

Baca juga artikel terkait MOTOGP atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Otomotif)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight