Info Kampus Mengajar 3: Cara Konfirmasi Jika Lolos, Tenggat 26 Jan

Penulis: Addi M Idhom - 26 Jan 2022 14:10 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Info Kampus Mengajar Angkatan 3: mahasiswa yang lolos seleksi tapi belum sempat melakukan konfirmasi diberikan kesempatan lagi pada hari ini.
tirto.id - Kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 3 bakal segera dimulai. Info terbaru, peserta dengan status lolos seleksi tes Kampus Mengajar Angkatan 3, tapi belum melakukan konfirmasi, masih diberi kesempatan pada Rabu, 26 Januari 2022. Namun, kesempatan ini hanya berlaku bagi peserta dari kategori mahasiswa.

Peserta yang menerima email dinyatakan lolos tes seleksi Kampus Mengajar Angkatan 3 dapat mengikuti program ini jika melakukan konfirmasi. Adapun konfirmasi dilakukan dengan klik tombol "Ambil dan Ikuti Kegiatan" melalui akun masing-masing di laman MBKM.

Tim Kampus Mengajar menginformasikan bahwa peserta lolos seleksi Kampus Mengajar Angkatan 3 yang belum klik tombol "Ambil dan Ikuti Kegiatan" masih bisa melakukan langkah konfirmasi pada 26 Januari 2022, sebelum pukul 17.00 WIB.

"Apabila anda [peserta lolos tes seleksi] ingin mengikuti program [Kampus Mengajar Angkatan 3] tetapi belum konfirmasi, mohon untuk segera konfirmasi pada 26 Januari 2022, sebelum pukul 17.00 WIB," begitu informasi di akun media sosial resmi program Kampus Mengajar, yang diunggah pada Rabu (26/1/2022).

Peserta yang berhasil lolos tes seleksi Kampus Mengajar Angkatan 3 telah diumumkan pada 17 Januari 2022 via email masing-masing. Sebelumnya, tenggat melakukan konfirmasi adalah 21 Januari 2022, pukul 16.00 WIB. Info terbaru di atas menunjukkan masih ada peluang bagi yang kelewat belum konfirmasi hingga 21 Januari kemarin.


Bagi mereka yang hendak melakukan konfirmasi pada 26 Januari 2022, ada sejumlah ketentuan yang perlu untuk diperhatikan, sebagaimana pengumuman dari Tim Kampus Mengajar.

Pertama, ketika peserta sudah klik "Ambil dan Ikuti Kegiatan," berarti ia telah menyetujui ditempatkan di sekolah penempatan tanpa terkecuali. Kedua, peserta tidak dapat mengajukan perpindahan sekolah dan wajib bersedia untuk ditempatkan di seluruh Indonesia.

Ketiga, kesempatan konfirmasi pada 26 Januari 2022 hanya berlaku bagi para mahasiswa yang tidak sempat klik "Ambil dan Ikuti Kegiatan."

Keempat, peserta yang sudah mengajukan pengunduran diri tidak dapat mengambil kesempatan ini. Begitu pula jika tidak berminat mengikuti program Kampus Mengajar Angkatan 3, peserta bisa mengabaikan tawaran itu.

Berikut cara melakukan konfirmasi bagi peserta yang dinyatakan lolos seleksi Kampus Mengajar Angkatan 3:

1. Buka website kampusmerdeka.kemdikbud.go.id

2. Login ke akun Kampus Merdeka/MBKM melalui website di atas

3. Masuk ke halaman "Kegiatanku"

4. Di laman "Status Pendaftaran," pastikan ada notifikasi telah lolos seleksi

5. Untuk lihat sekolah penempatan dan kegiatan, klik "Kampus Mengajar Angkatan 3 Tahun 2022"

6. Jika yakin bisa mengikuti program, klik tombol "Ambil dan Ikuti Kegiatan"

7. Lalu akan muncul pesan konfirmasi

8. Jika masih ragu untuk lanjut mengikuti program, klik "Pertimbangkan Lagi"

9. Namun jika sudah yakin untuk mengikuti program, silakan klik "Ya, konfirmasi"

10. Setelah konfirmasi, proses seleksi di kegiatan lain akan dihentikan dan tidak bisa dibatalkan.

11. Selanjutnya, peserta perlu klik "Ke Halaman Kegiatan Aktif"

12. Lalu, peserta wajib melengkapi dan mengunggah Surat Pakta Integritas dengan klik "Pilih File"

13. Klik tombol "Di sini" untuk template Surat Pakta Integritas

14. Surat Pakta Integritas wajib dilengkapi dengan tandatangan basah dan materai Rp10.000.

15. Setelah mengunggah Surat Pakta Integritas, silakan tunggu info selanjutnya dari Tim Kampus Mengajar

16. Jika sudah lolos dan melakukan konfirmasi mengikuti kegiatan, jangan lupa untuk melengkapi data rincian rekening bank di akun MBKM. Pastikan bank yang digunakan BRI dan BSI khusus Aceh.

Informasi selengkapnya klik link ini.

Baca juga artikel terkait KAMPUS MENGAJAR atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Addi M Idhom
Editor: Yantina Debora

DarkLight