Ilustrator Tom and Jerry dan Popeye Gene Deitch Meninggal Dunia

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 21 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Gene Deitch meninggal dunia pada Kamis (16/4/2020) dalam usia 95 tahun di apartemennya di lingkungan Little Quarter, Praha.
tirto.id - Gene Deitch, seorang animator, illustrator, sutradara, dan produser film Amerika telah meninggal dunia.

Deitch meninggal di usia 95 tahun, dan telah menghasilkan berbagai karya termasuk Popeye, dan Tom and Jerry.

Melansir Seattle Times, Penerbit Ceko-nya Petr Himmel mengatakan kepada The Associated Press Deitch meninggal secara tidak terduga pada Kamis (16/4/2020) malam di apartemennya di lingkungan Little Quarter, Praha.

Pada tahun 1958, karya Deitch Sidney’s Family Tree masuk dalam nominasi di Academy Award. Sementara itu, ia juga menciptakan seri Tom Terrific di tahun yang sama.

Munro, salah satu karyanya, memenangkan academy Award untuk Film Animasi Pendek Terbaik pada tahun 1960. Empat tahun selanjutnya, ia juga masuk dalam penghargaan yang sama untuk Here Nudnik dan How To Avoid Friendship.

Gene Deitch lahir di Chicago, Illinois, Amerika Serikat, pada 8 Agustus 1924. Ia tiba di Praha pada tahun 1959 dengan niat menetap pada 10 hari, tetapi jatuh cinta dengan wanita bernama Zdenka yang kemudian menjadi istrinya. Deitch kemudian menetap di ibu kota Cekoslowakia.

Ia bekerja di balik Iron Curtains, ia menyutradarai 13 episode Tom and Jerry dan juga beberapa seri Popeye the Sailor.

Pada 2004, ia menerima Penghargaan Winsor McCay untuk kontribusinya seumur hidup di bidang animasi seperti di wartakan Washington Post.

Pada tahun 1929, ia dan keluarganya pindah ke California dan Deitch bersekolah di Hollywood. Ia lulus dari Los Angeles High School pada 1942.

Setelah lulus, ia bekerja untuk Penerbangan Amerika Utara menggambar cetak biru pesawat. Di tahun 1943, ia direkrut dan menjalani pelatihan pilot sebelum terkena pneumonia dan diberhentikan dengan hormat pada bulan Mei tahun berikutnya.

Dari tahun 1940-1951, Deitch menyumbangkan sampul dan seni interior untuk majalan jazz The Record Changer.

Pada tahun 1955, ia magang di studio animasi United Productions of America (UPA) dan menjadi direktur kreatif Terrytoons. Di sanalah ia menciptakan karakter seperti Sidney the Elephant, Gaston Le Cranyon, Great Tom, dan Clint Clobbor.

Sementara itu mulai tahun 1955, ketika bekerja di UPA, Deitch menulis dan menggambar strip komik United Feature Syndicate The Real-Great Adventures of Terr'ble Thompson!, Hero of History, yang dibintangi seorang anak pemberani dalam sebuah petualangan.

Pada Agustus 1958, ia dipecat dari Terrytoons dan mendirikan studionya sendiri di New York bernama Gene Deitch Associates, Inc., yang utamanya memproduksi iklan televisi.

Ia juga menyutradarai film Alice of Wonderland di Paris pada tahun 1966. Di tahun tersebut, ia juga bekerja dengan animator Ceko Jiří Trnka dalam film adaptasi film The Hobbit.

Melansir LA Times, pada tahun 2004 ia menerima Penghargaan Winsor McCay untuk kontribusinya seumur hidup di bidang animasi.

Deitch meninggalkan seorang istri dan tiga putra dari pernikahan pertamanya, yang semuanya adalah kartunis dan ilustrator.


Baca juga artikel terkait SENIMAN atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Humaniora)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight