Highway Hypnosis, Kondisi Hilang Fokus Saat Menyetir di Jalan Lurus

Oleh: Abdul Hadi - 6 Januari 2020
Dibaca Normal 2 menit
Kondisi hilang fokus ketika berkendara dikenal dengan sebutan highway hypnosis.
tirto.id - Pernahkah Anda melamun saat berkendara di jalan lurus atau rute yang sering dilewati? Jika iya, bisa jadi Anda mengalami highway hypnosis.

Highway hypnosis adalah keadaan semi tidak sadar, ditandai dengan perhatian rendah terhadap situasi sekeliling ketika berkendara. Saat mengemudikan mobil atau sepeda motor, kita dapat mengalami efek highway hypnosis sejenak atau dalam waktu cukup lama, bahkan mungkin sampai menempuh jarak berkilo-kilo meter.

Oleh sebab itu, kadang kala kita tidak sadar selama berkendara, tiba-tiba saja sudah sampai di dekat rumah atau tempat yang kita tuju. Keadaan semi tidak sadar tersebut disebut highway hypnosis.

Dilansir dari ABC, keadaan highway hypnosis terjadi karena reaksi otak berjalan lambat. Beberapa bagian otak tidak saling terkoneksi baik. Efeknya, pengemudi kehilangan fokus dan tidak sadar sepenuhnya dengan keadaan jalan dan rambu-rambu lalu lintas.

Keadaan highway hypnosis mirip dengan kondisi ambang kantuk, namun sebenarnya belum sampai tahap mengantuk. Dan seringkali highway hypnosis terjadi pada pengendara yang kelelahan.

Laman BBC menulis bahwa keadaan highway hypnosis berbahaya bagi pengendara dan sering kali jadi sebab terjadinya kecelakaan.

Orang yang mengalami highway hypnosis bereaksi lambat terhadap hal mendadak yang menyela selama berkendara.

Karenanya, Fatality Analysis Reporting System (FARS) merilis data bahwa sebab terbanyak penyebab kecelakaan adalah melamun, termasuk di dalamnya highway hypnosis. Sebanyak 62 persen penyebab kecelakaan di Amerika dikarenakan pengemudinya tidak fokus selama berkendara.

Psikolog Fridulv Sagberg dalam artikelnya “Road Accidents Caused by Drivers Falling Asleep" yang diterbitkan oleh Journal Accident: Analysis and Prevention menyebutkan bahwa efek highway hypnosis panjang kadang kala menjadikan pengemudi mengantuk. Efek ini berkontribusi besar terhadap banyak kasus kecelakaan.

Setelah mengetahui highway hypnosis dan bahaya yang kadang ditimbulkan olehnya, berikut beberapa cara meningkatkan fokus saat berkendara dan menghindari highway hypnosis yang dilansir laman Thought.

Berkemudi di Siang Hari

Usahakan melakukan perjalanan di siang hari. Adanya cahaya matahari mencegah kita dari kantuk dan kelelahan. Orang-orang juga lebih mawas diri kala siang dari pada malam hari.

Pemandangan di siang hari juga lebih menarik dan tidak semonoton malam hari, yang cenderung menyebabkan pengemudi mengalami highway hypnosis.

Minum Kopi

Meminum kopi atau minuman lain yang mengandung kafein membantu kita untuk terjaga dan awas, serta tidak mengantuk. Adrenalin yang dipicu oleh kafein membuat pengemudi jadi lebih fokus.

Namun, mengkonsumsi minuman berkafein mengaktifkan kerja-kerja di bagian kandung kemih. Efeknya, seseorang jadi ingin buang air kecil lebih sering daripada biasanya. Jika ingin menghindari bolak-balik ke toilet untuk pipis, Anda bisa menelan tablet kafein yang banyak tersedia di apotek.

Matikan AC Kendaraan

Sulit untuk melamun atau mengalami highway hypnosis jika Anda berada di keadaan yang tidak nyaman. Salah satu caranya adalah dengan mematikan AC kendaraan.

Jika tidak ingin mematikan AC, aturlah suhu di dalam kendaraan seefektif mungkin untuk mencegah highway hypnosis. Anda juga bisa membuka jendela dan merasakan udara terbuka agar tetap awas dengan keadaan sekeliling.

Dengarkan Musik Baru atau yang Tidak Disukai

Mendengarkan lagu-lagu atau musik yang disukai kadang-kadang melenakan kita, sementara musik yang terdengar asing, bahkan yang tidak disukai akan menjadikan kita jengkel dan terjaga.

Musik tersebut akan mendistraksi keadaan relaks selama berkendara. Beberapa pengemudi menggunakan cara ini, yang menjadikan kepala mereka tetap jernih selama menempuh perjalanan atau rute panjang.

Mendengarkan Orang Lain Berbicara atau Mengobrol Selama Berkendara

Berbincang-bincang selagi berkendara membutuhkan konsentrasi lebih banyak daripada sekadar mendengarkan musik. Sebagian besar orang merasa lebih nyaman mengobrol selama berkendara karena menjadikan mereka tetap awas dan perjalanan terasa lebih menyenangkan daripada berkendara sendirian.

Cegah Highway Hypnosis Sedini Mungkin

Jika Anda merencakana perjalanan jauh, entah itu siang atau malam hari, bahkan mungkin akan menghadapi cuaca yang buruk, rencanakan perjalanan dengan matang.

Istirahat secukupnya. Hindari begadang di malam sebelumnya. Usahakan untuk tidur siang sebagai persiapan stamina. Jauhi obat-obatan yang efek sampingnya membuat Anda mengantuk, seperti obat pereda nyeri atau obat penenang.

Berhenti dan Beristirahat Sejenak

Jika Anda berkendara dan merasa capai, akan sangat berbahaya memaksa diri meneruskan perjalanan. Memutuskan untuk berhenti sejenak dan beristirahat adalah pilihan tepat daripada membahayakan diri sendiri atau orang lain.

Anda juga bisa menghindari highway hypnosis dengan mengkonsumsi makanan ringan selagi berkendara. Luruskan punggung dan jaga postur agar tetap tegak untuk memaksimalkan aliran darah. Hal-hal ini akan mencegah highway hypnosis selama berkendara daripada terjadi hal-hal yang tak diinginkan di perjalanan.


Baca juga artikel terkait MENYETIR atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight