Hasil Drawing Ulang Badminton Asia Team Championships (BATC) 2020

Oleh: Oryza Aditama - 10 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Tiga kontingen peserta Badminton Asia Team Championships 2020 (BATC) mengundurkan diri akibat wabah virus corona. Akibatnya, penyelenggara melakukan drawing ulang.
tirto.id - Penyelenggara Badminton Asia Team Championships 2020 (BATC) terpaksa mengadakan drawing ulang untuk pembagian grup. Hal ini menyusul beberapa negara peserta yang mengundurkan diri akibat merebaknya wabah virus corona.

Kontingen yang telah dikonfirmasi mengundurkan diri dari kejuaraan beregu tersebut adalah tim putra-putri Cina dan Hong Kong, serta tim putri India.

“Setelah Tiongkok dan Hong Kong juga tim putri India mundur dari #BATC2020 terkait masalah virus Corona. Berikut undian ulang grup,” tulis akun twitter resmi PBSI, @INABadminton, Senin (10/2/2020).

Dari hasil undian ulang, tim putra Indonesia masih tetap berada di Grup A. Meski demikian, lawan yang bakal dihadapi Anthony Ginting dan kolega berubah total.

Jika sebelumnya Indonesia tergabung bersama India dan Filipina, kali ini skuad Merah Putih akan menghadapi tim Korea Selatan saja mengingat grup ini hanya diisi 2 tim.

Sebaliknya, posisi grup skuad putri Merah Putih tak mengalami perubahan sama sekali. Gregoria Mariska Tunjung dan kawan-kawan masih berada di Grup Y bersama kontingen Thailand dan tuan rumah, Filipina.

Sementara format pertandingan tidak mengalami perubahan. Masing-masing grup tetap menggelar pertandingan round-robin untuk menentukan dua tim teratas yang lolos ke fase gugur (perempat final).

Dengan demikian, anggota grup yang berisi dua tim saja, langsung melakoni laga perebutan juara dan runner-up. Keduanya pun dipastikan lolos ke perempat final.

“Tidak ada perubahan format yaitu tetap akan mengambil dua tim untuk lolos ke perempat final. Grup yang hanya memiliki dua tim langsung berlaga memperebutkan posisi juara grup dan runner up. #BATC2020,” jelas @INABadminton.


BATC merupakan kejuaraan badminton Asia setiap dua tahun sekali dengan mengusung konsep beregu putra dan putri layaknya Piala Thomas dan Uber.

Kejuaraan edisi tahun ini akan berlangsung mulai Selasa (11/2/2020) hingga Minggu (16/2/2020) di Rizal Memorial Coliseum, Manila, Filipina.

Sejak pertama kali dihelat tahun 2016 silam, tim putra Indonesia selalu sukses menyabet gelar juara. Pada edisi perdana, skuad Merah Putih menang 3-2 atas Jepang di final. Sementara di BATC 2018, tim putra Indonesia berhasil menekuk Cina dengan skor 3-1 di partai puncak.

Sebaliknya, tim putri Indonesia belum pernah merasakan manisnya gelar juara. Catatan terbaik dibukukan pada edisi 2018. Saat itu, tim putri Indonesia terhenti di semifinal usai kalah 0-3 dari tim kuat Jepang.

Berikut hasil lengkap drawing ulang BATC 2020.

Beregu Putra

Grup A

Indonesia
Korea Selatan

Grup B

India
Malaysia
Kazakhstan

Grup C

Taiwan
Singapura
Filipina

Grup D

Thailand
Jepang

Beregu Putri


Grup W

Malaysia
Jepang

Grup X

Korea Selatan
Kazakhstan

Grup Y

Thailand
Indonesia
Filipina

Grup Z

Taiwan
Singapura.

Baca juga artikel terkait BATC 2020 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Oryza Aditama
Penulis: Oryza Aditama
Editor: Addi M Idhom
DarkLight