Hari Anak Nasional 2020: Cara Mengajak si Kecil Tetap Aktif & Sehat

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 23 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Hari Anak Nasional 2020: tip dan cara mengajak si kecil untuk tetap aktif dan selalu sehat.
tirto.id - Hari Anak Nasional 2020 yang bertepatan dengan hari ini, 23 Juli tentu berbeda dengan perayaan-perayaan sebelumnya.

Seluruh kegiatan rangkaian dan acara puncak Hari Anak Nasional 2020 pun didesain secara virtual, yakni melalui aplikasi Zoom.

Sesuai tema yang diusung Hari Anak Nasional tahun ini “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” dan tagline #AnakIndonesiaGembiraDiRumah, tentu saja membuat anak-anak tak bebas beraktivitas di luar rumah selama masa pandemi COVID-19.

Meski berada di rumah, jangan sampai anak terkunci aktivitasnya, si kecil harus bisa tetap aktif agar tubuhnya juga selalu bugar dan sehat.

"Kebugaran kardiorespirasi sangat penting untuk jantung yang baik dan kesehatan secara keseluruhan baik di masa kanak-kanak dan sebagai anak-anak saat menjadi dewasa," kata Geetha Raghuveer, M.D., ahli jantung di Children's Mercy Hospital dan profesor pediatri di University of Missouri di Kansas City.

Orang tua, kata Geetha seperti diwartakan Medical Daily, harus membuat anak-anak bergerak dan terlibat dalam aktivitas fisik rutin, seperti olahraga atau apa pun yang mereka sukai.

"Aktivitas terbaik adalah aktivitas yang disukai anak atau remaja dan dipertahankan untuk jangka waktu yang lebih lama. Kebiasaan yang mereka pelajari ketika mereka masih muda akan secara langsung bermanfaat bagi kesehatan mereka saat mereka menjadi dewasa," lanjutnya.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan para orangtua untuk mengajak anak tetap aktif saat berada di rumah seperti dilansir laman Eat Right:

1. Pendidikan Jasmani

Untuk gaya hidup sehat, anak-anak membutuhkan permainan gratis dan instruksi khusus tentang keterampilan fisik.

Cara mudah bagi anak-anak untuk mencapai tujuan ini adalah dengan berpartisipasi dalam pendidikan jasmani seperti ketika anak-anak berada di sekolah.

Pada saat anak berada di rumah karena sekolah libur akibat pandemi COVID-19, orang tua sebaiknya terlibat dalam aktivitas fisik, mirip dengan apa yang akan dilakukan di sekolah. Pendidikan jasmani terbaik adalah yang sesuai dengan usianya dan bersifat menyenangkan.

2. Kegiatan Terorganisir

Orang dewasa atau anak-anak dapat mengatur permainan aktif. Ada permainan dalam ruangan yang aktif seperti senam dengan panduan video daring, dan puluhan permainan untuk dimainkan di luar rumah seperti lompat tali, bulu tangkis, dan bola voli.

3. Jadikan Kebugaran Bagian dari Rutinitas Anak

Ketika sekolah sedang libur, berjalan, bersepeda dengan anak-anak atau berkeliling di sekitar blok rumah menjadi pilihan yang tepat.

4. Bermain Gim Interaktif

Ketika bermain di luar bukanlah suatu pilihan, anak-anak dapat memainkan video game interaktif yang membutuhkan aktivitas fisik seperti tenis, bowling, atau baseball.

Orang tua juga dapat menggunakan video dance dan video game aktif lewat televisi yang menyiarkannya atau melalui YouTube.

5. Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga

Dorong anak-anak untuk berpartisipasi dalam pekerjaan di luar rumah yang aktif seperti menyapu teras, mencabut rumput, menyiram tanaman, menyapu jalan, atau membersihkan garasi.

Buat tugas-tugas terasa menyenangkan sambil mendengarkan musik ceria dan pastikan bergabung untuk menyelesaikannya sebagai sebuah keluarga.

6. Jadilah Contoh

Temukan aktivitas yang disukai dan aktifkan selama setidaknya 30 menit dalam lima hari seminggu. Ketika anak-anak melihat bahwa orangtuanya menikmati aktivitas tersebut, maka mereka akan lebih cenderung untuk meniru perilaku itu.


Baca juga artikel terkait HARI ANAK NASIONAL atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight