Google Uji Coba Fitur Youtube, Setelan Offline Lintas Perangkat

Oleh: Yuda Prinada - 21 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Uji coba fitur baru untuk Youtube Premium yakni setelan offline lintas perangkat.
tirto.id - Google sedang menjalankan proyek uji coba terhadap metode yang memungkinan pengguna Youtube Premium dapat mengunduh video di perangkat terpisah, “Setelan Offline lintas perangkat”.

Selain itu, Youtube Premium ini juga memberikan keuntungan kepada pelanggan Youtube Music untuk menikmati lagu tanpa gangguan iklan.

Anda dapat mengunduh di perangkat terpisah sehingga seseorang bisa menyimpan video menggunakan akun Youtube Premium ke perangkat lain miliknya. Dengan begitu, seseorang dapat memanfaatkan Smartphone utamanya untuk kebutuhan lain.

Perdana, fitur ini ciptakan oleh Android Police pada 2018. Opsi pengaturan latar belakang dan unduhan ini hanya dapat digunakan oleh pelanggan Youtube Premium v15.49.34 dan 15.50.32.

Cara Mengaktifkan Setelan Offline Lintas Perangkat

Fitur ini hanya dapat diakses oleh pelanggan Youtube Premium. Untuk mengaktifkannya, terdapat opsi yang tersedia dan bisa diketuk di pengaturan “Latar Belakang dan Unduhan”. Setelah itu, akan muncul tampilan yang bertanya tentang perangkat lain yang disinkronkan.

Di layar tersebut juga muncul tombol yang bertuliskan “Izinkan mengunduh ke perangkat ini”. Langkah selanjutnya, ketik nama perangkat yang akan disinkronkan lalu ketuk pilihan simpan.

Dilansir dari Android Police, setelah mengetuk pilihan “simpan” biasanya akan muncul tulisan “Status offline lintas perangkat diperbarui” atau “Kesalahan memperbarui status offline perangkat”.

Menurut situs tersebut, kendati hasilnya salah atau berhasil, pada kenyataannya fitur tersebut seharusnya memang telah mensinkronkan unduhan pada perangkat ke perangkat lain pada waktu lain dan tidak secara langsung (on time).

Terkait hal ini, pihak Android Police telah menanyakannya kepada pihak Youtube. Meski tidak mendapat jawaban, situs tersebut mengungkapkan, terdapat kemungkinan bahwa beberapa pengguna Youtube Premium masih memiliki akses terhadap fitur ini dengan terus memperbarui aplikasi Youtube ke versi terbarunya di Play Store.

Dikutip dari Antaranews, fitur ini juga diklaim dapat digunakan pengguna sebagai cara untuk berbagi preferensi jaringan serta kualitas streaming melalui perangkat lain.

Selain itu, penggunaan fitur ini mendapat keuntungan dengan akses video bebas iklan serta menjadikan pengguna dapat menikmati video saat menggunakan aplikasi lain.

Dilansir dari Phone Arena, akses dari Youtube Premium bisa didapatkan dengan membelinya dengan harga 11,99 dolar AS. Pengguna dapat merasakan sensasi kenyamanan dari fitur-fitur premium yang diberikan selama satu bulan.


Baca juga artikel terkait YOUTUBE atau tulisan menarik lainnya Yuda Prinada
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Yuda Prinada
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Yantina Debora
DarkLight