Pilpres 2024

Golkar: Koalisi Indonesia Bersatu Terbuka jika PDIP Ingin Bergabung

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 1 Sep 2022 14:55 WIB
Golkar mengeklaim Koalisi Indonesia Bersatu bersifat terbuka. Namun hingga kini mereka belum membicarakan figur capres dan cawapres yang akan diusungnya.
tirto.id - Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia menyambut terbuka apabila PDIP berencana bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama PAN dan PPP.

"Ya begini kalau soal kemungkinan bisa bentuk koalisi baru. Karena sejak awal kami sudah katakan bahwa KIB adalah koalisi terbuka," kata Doli di Gedung DPR RI pada Rabu (31/8/2022).

Dirinya menegaskan bahwa Golkar, PAN dan PPP sudah sepakat untuk menjadikan KIB sebagai koalisi yang inklusif. Sehingga PDIP bisa bergabung secara terbuka.

"Kami masih terbuka dan tidak eksklusif. KIB bersepakat antara Golkar, PAN dan PPP adalah koalisi yang bekerja sama dan berjalan bersama untuk menyusun visi bersama," terangnya.

Meski membuka diri, Doli mengembalikan opsi bergabung tersebut kepada PDIP apakah berminat untuk maju di Pemilu 2024 bersama dalam KIB. Atau ingin maju sendiri atau dengan partai lainnya.

"Kalau semisal dalam perjalanan ke depan partai politik yang merasa sama antara visi misi dan pandangannya tentang platform yang membangun Indonesia ke masa depan," ungkapnya.

"Narasi yang sama-sama kita bangun, kita terima dengan tangan terbuka," imbuhnya.

Sebelumnya, Golkar dan PDIP sudah mengagendakan jadwal bersama untuk bertemu sebagai bentuk rangkaian safari politik Ketua DPP Puan Maharani kepada sejumlah ketua umum partai politik.

Pertemuan itu dijadwalkan pada Sabtu (3/9/2022) dengan agenda jalan pagi bersama Ketua Umum partai Golkar Airlangga Hartarto.


Baca juga artikel terkait KOALISI INDONESIA BERSATU atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Fahreza Rizky

DarkLight