Gol Lukaku Antar Belgia Lolos Putaran Final Piala Dunia 2018

Oleh: Nicholas Ryan - 4 September 2017
Belgia memastikan diri menjadi negara Eropa pertama yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 atas kemenangan 2-1 melawan Yunani.
tirto.id - Belgia menjadi tim Eropa pertama yang lolos putaran final Piala Dunia 2018. Romelu Lukaku menjadi penentu kemenangan setelah gol yang diciptakannya berhasil membawa Belgia menang 2-1 atas Yunani. Kemenangan Belgia atas mantan juara Eropa itu terjadi Senin (04/09/2017) dini hari.

Gol dari Lukaku tersebut tercipta pada menit ke-74. Umpan yang diberikan Thomas Meunier tidak disia-siakan oleh Lukaku. Sundulan striker Belgia itu tidak mampu dibendung kiper Yunani, Orestis Karnezis. Sundulan itu juga memastikan Belgia menjadi pemuncak klasemen Grup H zona Eropa.

Sebelumnya, tim asuhan Roberto Martinez itu unggul lebih dulu di menit ke-70. Jan Vertonghen membawa Belgia unggul 1-0. Umpan dari Moussa Dembele tak disia-siakan Vertonghen menjadi sebuah gol.

Tak berselang lama, gelandang Yunani kelahiran Portugal, Zeca berhasil menyamakan kedudukan untuk Yunani. Bola sepakan kaki kiri Zeca itu meluncur ke sisi kiri bawah gawang Thibaut Coutois.

Lima menit menjadi waktu yang sengit bagi kedua tim. Menit ke-74 Lukaku menambah keunggulan bagi Belgia lewat gol penentu yang juga merupakan gol kesepuluhnya pada tujuh pertandingan kualifikasi Piala Dunia. Semua gol tercipta dalam jangka waktu lima menit pada laga yang berlangsung di Stadion Georgios Kariskaki, Yunani.

Selanjutnya, Belgia masih menyisakan dua pertandingan dalam kualifikasi Piala Dunia 2018. Meski begitu, tim berjuluk Rode Duivels Diables Rouges Rote Teufel (Setan Merah) itu sudah terpaut delapan poin di atas peringkat kedua yaitu Bosnia Herzegovina yang secara bersamaan juga menang melawan Gibraltar dengan skor 4-0 di mana dua gol diciptakan oleh Edin Dzeko, Antara.

Dilansir dari Reuters, dengan hasil ini, Belgia berhasil menyusul Brasil, Iran, Jepang, Meksiko dan tuan rumah Rusia yang sudah lebih dulu memastikan diri bertarung di putaran final 2018

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Nicholas Ryan
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Nicholas Ryan
Penulis: Nicholas Ryan
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight