Gempa Hari Ini Terasa di Pacitan Hingga Bantul, Magnitudo 4,1

Oleh: Addi M Idhom - 28 November 2019
Gempa hari ini, 28 November 2019, terjadi pada Kamis malam dengan pusat di laut dekat kawasan Pacitan. BMKG melaporkan getaran akibat gempa ini terasa di Pacitan hingga Bantul.
tirto.id - Gempa hari ini mengguncang kawasan Pacitan, Jawa Timur dan sekitarnya dengan kekuatan Magnitudo 4,1. Gempa ini terjadi pada pukul 20.18 WIB, Kamis malam (28/11/2019).

Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan lokasi pusat gempa ini di laut, tepatnya pada koordinat 8.84 LS dan 111.47 BT.

Adapun posisi pusat gempa itu pada jarak sekitar 83 kilometer arah tenggara Pacitan. Kedalaman pusat gempa berkekuatan M4,1 tersebut hanya sekitar 25 kilometer.

Meskipun gempa ini termasuk memicu guncangan yang dirasakan dan berpusat di laut, tidak ada peringatan potensi tsunami yang dirilis oleh BMKG.

Sementara jangkauan guncangan gempa ini cukup luas, yakni dirasakan di kawasan Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Wonogiri, Gunungkidul dan Bantul.

Berdasarkan data BMKG tingkat guncangan berdasarkan skala MMI akibat gempa Pacitan malam ini ialah:

I-III MMI Pacitan
II-III MMI Ponorogo
II-III MMI Trenggalek
II MMI Wonogiri
II MMI Gunungkidul
II MMI Bantul

Berdasarkan penjelasan di laman BMKG, guncangan dengan skala I MMI berarti getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luarbiasa oleh beberapa orang.

Lalu, skala II MMI menunjukkan getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sedangkan skala III MMI berarti getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa seakan-akan ada truk berlalu.

Sebelumnya, akun twitter BMKG DY juga menginformasikan terjadi gempa dengan kekuatan Magnitudo 3 pada Kamis siang (28/11/2019), sekitar pukul 13.33 WIB.

Pusat gempa ini juga di laut, yakni pada jarak sekitar 103 km arah Tenggara Pacitan, Jawa Timur. Kedalaman pusat gempa yang terletak pada koordinat 9.09 LS,111.30 BT tersebut, hanya 10 km.




Baca juga artikel terkait GEMPA BUMI atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Addi M Idhom
Editor: Agung DH
DarkLight