Frozen 2 Berhasil Raup 1 Miliar Dolar AS di Box Office Global

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 16 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Frozen 2 berhasil meraup pendapatan sebesar 1 miliar dolar AS di box office global sejak pemutaran perdananya.
tirto.id - Film "Frozen 2" berhasil meraup 1 miliar dolar Amerika Serikat di box office global dan menjadi rilisan keenam dari Disney yang mencapai angka di atas 1 miliar sepanjang 2019.

Menurut laporan The Hollywood Reporter, pada Senin (16/12/2019), film yang disutradarai oleh Chris Buck dan Jennifer Lee ini telah meraup 366,5 juta dolar di dalam negeri dan 666 juta dolar di luar negeri sehingga jika ditotal penghasilan yang dicapai oleh "Frozen 2" sebesar 1,032 miliar dolar AS.

Pada 2013, "Frozen" mendapat 1,28 miliar dolar AS di box office global dan menjadi film animasi terlaris sepanjang masa. Film ini juga memenangkan banyak penghargaan termasuk Oscar untuk Film Animasi Terbaik.

Dalam sekuelnya, Kristen Bell (Putri Anna) dan Idina Menzel (Ratu Elsa) kembali mengisi suara untuk keduanya. Karakter lain juga masih diisi oleh aktor yang sama seperti Jonathan Groff, Josh Gad dan Santino Fontana.

Sedangkan aktor dan aktris baru yang turut serta dalam film kali ini adalah Evan Rachel Wood dan Sterling K.Brown.

Di luar negeri, Cina memimpin semua pasar dengan 111,5 juta dolar, diikuti oleh Korea Selatan sebesar 85,4 juta dolar, Jepang (67,3 juta dolar), Inggris (49,6 juta dolar), Jerman (39,9 juta dolar) dan Prancis (37 juta dolar). Saat ini "Frozen 2" sekarang menjadi judul animasi terlaris sepanjang.

Sepanjang 2019 ini, Disney memiliki deretan film yang menembus angka 1 miliar dolar yakni "Avengers: Endgame" (film terlaris sepanjang masa dengan 2,79 miliar dolar), "The Lion King" (1,65 miliar dolar), "Captain Marvel" (1,12 miliar dolar) "Toy Story 4" (1,07 miliar dolar), "Aladdin" (1,05 miliar dolar) dan terakhir "Frozen 2".

Sinopsis Frozen 2

Film ini mengisahkan kelanjutan petualangan Elsa dan Anna di hutan ajaib. Dalam trailer Frozen 2 ditampilkan sosok sosok Anna dan Elsa ketika masih anak-anak.

Keduanya sedang mendengarkan sebuah dongeng tentang hutan ajaib penuh sihir yang diceritakan oleh ayah mereka.

Dahulu kala hutan ajaib itu menyenangkan hingga suatu ketika tempat itu terkunci oleh sihir gelap yang membuat manusia tak lagi bisa masuk atau pun keluar dari sana.

Adegan kemudian berpindah ketika sesuatu yang buruk menimpa Kerajaan Arendelle dan memaksa semua orang pergi untuk mencari perlindungan. Tak hanya itu, trailer juga menunjukkan Elsa yang sering mendengar suara-suara misterius dan tidak tahu dari mana datangnya.

Elsa pun turun tangan untuk menangani segala kejadian yang terjadi. Tindakannya mengantarkan ia ke sebuah tempat jauh di utara yang diduga lokasi hutan ajaib itu berada.

Dia bersama dengan Anna, Kristoff, dan Olaf berangkat menuju hutan ajaib tersebut dengan penuh rintangan badai, gelombang laut, monster dan kekuatan sihir lain yang mengancam.

Selain untuk menyelamatkan Kerajaan Arendelle dan mencari tahu semua kejanggalan yang terjadi, petualangan ini juga akan menguak asal usul kekuatan yang dimiliki Elsa, demikian sebagaimana ditulis CNN.

Frozen 2 disebut berfokus pada kisah petualangan seperti film pertamanya, yang tidak akan membawa kisah romantis untuk karakter Elsa.

"Ada begitu banyak film yang mendefinisikan seorang perempuan dengan kisah romantisnya. Itu bukan cerita yang ingin kami ceritakan pada saat ini," kata penulis lagu film, Aderson-Lopez, sebagaimana dikutip dari Digital Spy.



Baca juga artikel terkait FILM ANIMASI atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Film)

Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH
DarkLight