Foto Keluarga KIP Kuliah 2023

Foto Bersama Keluarga KIP Kuliah 2023: Aturan, Cara Kompres Foto

Kontributor: Ilham Choirul Anwar, tirto.id - 18 Feb 2023 21:02 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Foto bersama keluarga KIP Kuliah 2023. Simak ketentuan, aturan, dan cara kompres foto 100kb hingga 200kb.
tirto.id - Salah satu syarat berkas yang harus dimasukkan ketika mendaftar KIP Kuliah 2023 adalah foto bersama keluarga. Ketika diunggah, file harus sesuai dengan aturan yang ditetapkan, termasuk perihal ukuran. Cara yang bisa dilakukan untuk menyesuaikannya adalah dengan kompres foto, yang tersedia di beberapa platform online.

KIP Kuliah telah dibuka pendaftarannya pada 14 Februari 2023 lalu. Calon penerima KIP Kuliah bisa melakukan pendaftaran akun lewat tautan https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Dalam pendaftaran, ada sejumlah berkas dan lampiran yang harus diunggah.

Syarat terkait pengunggahan foto keluarga dapat ditemukan ketika pendaftar memasuki tahap pengisian kolom Data Keluarga. Semua isian yang meliputi NIK Kepala Keluarga, Nomor Kartu Keluarga, Informasi Ayah, Informasi Ibu, serta foto bersama keluarga, harus dilengkapi.

Kendati demikian, foto bersama keluarga tidak boleh sembarangan. Ada ketentuan yang harus diperhatikan agar memenuhi persyaratan.


Ketentuan Foto Bersama Keluarga KIP Kuliah 2023


Pihak penyedia KIP Kuliah 2023 belum menetapkan secara resmi terkait ketentuan foto bersama keluarga yang menjadi salah satu syarat ketika mengisi data. Namun, para pendaftar bisa menjadikan buku Petunjuk Teknis Pendaftaran KIP Kuliah 2020 sebagai pendoman awal.

Dalam juknis tersebut dijelaskan, foto bersama keluarga merupakan foto formal dan rapi. Foto tampak wajah, boleh berkerudung untuk perempuan, latar foto bebas. Siswa yang mendaftar KIP Kuliah juga harus masuk di dalam foto.

Foto keluarga diusahakan lengkap berisi seluruh anggota keluarga. Pengecualiannya adalah jika ada anggota keluarga tidak lagi tinggal satu atap dengan siswa pendaftar. Pengambilan foto harus yang terbaru, dengan waktu maksimal 3 bulan terakhir.

Detail teknis foto yang diunggah yaitu menggunakan format JPG/JPEG. Ukuran berkas foto maksimal 300 kilobita (kb). Jika berkas tersebut ukurannya terlalu besar, gunakan aplikasi kompres foto untuk memperkecil ukurannya.


Cara Kompres Foto Online


Berikut daftar beberapa situs penyedia layanan kompres foto dan cara menggunakannya:

1. Image Optimizer
  1. Buka laman http://imageoptimizer.net
  2. Pada kotak "Optimize Now", klik "Choose File" untuk memilih berkas JPG dari folder komputer
  3. Pilih ukuran piksel dan kualitasnya sesuai kebutuhan
  4. Klik "Optimize Now!" dan tunggu sampai proses selesai
  5. Unduh file JPG yang sudah dikompres

2. Waifu 2X
  1. Buka laman https://waifu2x.udp.jp
  2. Pada bagian "Image Choosing", klik "Choose File" untuk mengunggah file foto yang akan dikompres
  3. Klik tombol "Upscaling (ubah skala)" sesuai kebutuhan
  4. Setelah pengaturan selesai, klik tanda centang pada kotak "Captcha"
  5. Klik "Convert" dan tunggu sampai proses kompres selesai
  6. Klik "Download" untuk mengunduhnya

3. Pixlr
  1. Buka laman https://pixlr.com/id/x
  2. Klik "Buka Gambar" untuk memilih file foto yang akan dikompres
  3. Setelah file foto terbuka, klik "Menyimpan"
  4. Pada kotak menu JPG, tentukan kualitas dan resolusi gambar. Setiap kali Anda mengubah kualitas, akan diikuti perkiraan ukuran file pasca-kompres
  5. Jika sudah selesai, klik tombol Simpan sebagai untuk menyimpannya


Syarat Pendaftaran KIP Kuliah 2023


KIP Kuliah 2023 hanya bisa diikuti oleh peserta yang memenuhi syarat tertentu. Syarat pendaftaran KIP Kuliah 2023 adalah sebagai berikut:
  • Penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang telah atau akan lulus pada tahun berjalan atau maksimal 2 tahun sebelumnya.
  • Peserta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid.
  • Memiliki potensi akademik baik, namun memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen sah.
  • Siswa SMA/SMK/MA/sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP atau Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos).
  • Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada program studi (prodi) dengan Akreditasi A, B, atau C (khusus Akreditasi C dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada prodi).


Tahapan Pendaftaran KIP Kuliah 2023


Pendaftaran KIP Kuliah 2023 memerlukan beberapa data yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Mengutip laman resmi KIP Kuliah Kemdikbud, data tersebut meliputi Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Ketiga harus dipastikan valid.

Setelah data NIK, NISN, dan NPSN tersedia, ikuti cara berikut untuk memulai pendaftaran KIP Kuliah:
  1. Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan lewat laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau aplikasi KIP Kuliah Mobile yang bisa diunduh lewat Google Play Store.
  2. Klik Daftar, dan masukan NIK, NISN, NPSN dan alamat surel (e-mail) aktif.
  3. Sistem KIP Kuliah segera melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan penerima.
  4. Jika validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat surel yang telah didaftarkan.
  5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/ SBMPTN/ SMPN/ UMPN/ Mandiri).
  6. Siswa melanjutkan dengan menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur yang dipilih. Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian menggunakan skema host-to-host.
  7. Calon penerima KIP Kuliah yang dinyatakan diterima, akan diverifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi terkait sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah 2023.


Jadwal KIP Kuliah 2023


Jadwal KIP Kuliah 2023 untuk saat ini memiliki agenda sebagai berikut:
  • Pendaftaran Akun Siswa KIP-Kuliah: 14 Februari 2023 - 31 Oktober 2023
  • Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP): 16 - 27 Februari 2023

Baca juga artikel terkait EDUKASI DAN AGAMA atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof

DarkLight