Flavs Festival 2022: Siap Rayakan Keragaman Hip Hop, R&B, & Soul

Penulis: Lilin Rosa Santi, tirto.id - 1 Sep 2022 21:05 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Tiket Flav Festival 2022 masih dapat dibeli dengan harga 325 ribu (2 hari) dan 500 ribu (1 hari)
tirto.id - Dua tahun diadakan secara daring, tahun ini Flavs Festival 2022 diselenggarakan secara langsung pada tanggal 10 dan 11 September 2022 di Istora Senayan, Jakarta. Festival ini akan menjadi ajang pertemuan bagi musisi dan pecinta musik hip hop, R&B, dan Soul di Indonesia. Dari 59 penampil Flavs Festival 2022, sekitar 15 penampil berasal dari Indonesia Timur.

“Musisi tersebut termasuk Blok 8 dari Sorong, Bianca da Silva BLVCKMINDS dari Maumere, GhabrielMC dari Maluku, Onal S.O.B dari Makassar, Negatif Satu dari Manado, Januarta The Goat dari Kupang,” ujar Yacko, Director of Program Flavs Festival 2022 (1/9).

Keterlibatan musisi-musisi tersebut menurut Yacko sangat berarti dalam festival ini, karena musik mereka turut menambah keragaman dan kekayaan musik hip hop di Indonesia. Rap, menurut Yacko, bukan sekadar adu kecepatan rapping. Menurutnya, yang tidak kalah penting musik rap justru pesan yang terdapat di dalam teksnya. Dan teman musisi dari Indonesia Timur menyampaikan beragam pesan yang menarik dalam lagunya.

“Yang jelas, festival ini akan memberikan pengalaman menikmati musik hip hop dengan berbagai elemen yang menarik,” lanjut Yacko.

Flavs Festival 2022 menurut Yacko juga memiliki tujuan sebagai ruang berbagi pengetahuan mengenai musik hip hop, R&B, dan soul di antara musisi dan pecinta musik Indonesia. Ke depannya, ruang berbagi ini diharapkan bisa semakin menguatkan musisi di genre ini untuk tetap berkarir di jalur ini.

M. Riza, Director of Festival Flavs, menambahkan bahwa festival ini dihadirkan untuk membuktikan bhawa akulturasi budaya hip hop yang meluas di Indonesia itu nyata. Di festival ini kita bisa melihat kreativitas keragaman budaya Indonesia yang berbalut hip hop itu keren.

Penampil yang akan tampil pada Flavs Festival 2022 terbagi dalam tiga sesi. Di sesi pertama, akan tampil Afgan, Basboi, Blakumuh, Block8, Ghetto Side (Alifuru Hip-Hop, Sangsaka, Tickang Palungku), Insthinc, Iwa K, Januarta The Goat, Joe Million, Juicy Lucy, Mukarakat, NDX AKA, Negatif Satu, Orang Hutan Squad, Raisa, Ramengvrl, Rizky Febian, Saykoji, T-Five, Teza Sumendra, The Couch Club, Tiara Andini, Tuan Tigabelas & REP, Wasaka, dan Yura Yunita.

Kemudian pada sesi kedua, Al Smith, Almamosca, Andmesh Kamaleng, DREAMFILLED, BAP., DZEE, Flava Effect, BRIGHTBEAT dari IndoBeatbox, Jumat Gombrong, Kaleb J, Kenny Gabriel (format The Playground Live Session), Kripikpedeus, Krowbar, Marion Jola, SIVIA, Teddy Adhitya, Vocalizm, kolaborasi Time Machine: The R&B Divas dan Denada, Imaniar, Reza Artamevia, Sania, Shanty, serta pemenang kompetisi FLAVS NU ICON yaitu: Farrel Hillal, GhabrielMC, Jackpool, Onal S.O.B, G!ano.

Dan di sesi ketiga akan tampil 8ROOKS, A. Nayaka & The Blue Room Boys, Bianca Da Silva BLVCKMINDS, ENVY*, Keilandboi, Kunto Aji, Laidthis Nite, Maliq & D’Essentials, Oslo Ibrahim, Penikmat Soto, penampilan spesial Rap Rock United (St.Loco, 7 Kurcaci, Kripikpeudeus, Ragajimesin, Master Wu Feat. Andy /Rif, Eka Annash, Iwa K, John Doe, Laze & Yacko), Salon R&B Represents RL KLAV, Gavendri, Moneva. Tak kalah istimewa pertunjukan rap orchestra bertajuk “Symphony From Hell” yang diisi oleh DPMB, GNTZ, Mario Zwinkle, Moneva, PB, Ramengvrl, Sade Susanto, Tuan Tigabelas, Uncle T, Xaqhala. Juga ada penampilan dari kolektif Westwew.

Selain menampilkan keragaman musik hip hop, Flavs Festival 2022 juga diramaikan dengan aktivitas seperti 2 on 2 Freestyle basketball, BMX & Skate Park, Grafitti, DPR (Di bawah Pohon Rindang) Ghetto, yaitu tempat pengunjung dapat menggunting dan menata rambut mereka.

Ada pula Area Cinematic Room yang akan memutarkan pemutaran film-film hip hop Indonesia, di antaranya Wijilan, Start From Scratch , Alas Tempuh, Black Book, Ink & Paint, Hibob, Cipinang Prison Gemah Ripah Loh Symphony.

Sampai saat ini penjualan tiket Flavs Festival sudah mencapai 4.300 tiket, dan diharapkan terus bertambah. Tiket Flav Festival 2022 masih dapat dibeli dengan harga 325 ribu (2 hari) dan 500 ribu (1 hari). Festival ini juga dapat disaksikan secara virtual dengan membeli tiket 75 ribu (dua hari), 50 ribu (1 hari).

Baca juga artikel terkait HIP HOP atau tulisan menarik lainnya Lilin Rosa Santi
(tirto.id - Musik)

Penulis: Lilin Rosa Santi
Editor: Nuran Wibisono

DarkLight