Federal Lubricants Optimistis Perluas Jaringan Setelah Diakuisisi

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 24 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Federal Lubricants berkomitmen untuk memperluas jaringannya, efektivitas, dan efisiensi sejumlah aktivitas operasional usai diakuisisi oleh ExxonMobil.
tirto.id - Federal Lubricants telah resmi menjadi bagian dari ExxonMobil, perusahaan minyak dan gas terbesar di dunia, sejak 28 Juni 2018 lalu.

Bergabungnya Federal Lubricants ke ExxonMobil merupakan sinergi positif, yang membuka ruang lebih lebar untuk perkembangan penetrasi pasar produk-produk yang dihasilkan keduanya.

Kiprah panjang Federal Lubricants selama lebih dari 30 tahun memenuhi kebutuhan pelumas konsumen Indonesia, merupakan nilai tambah yang memunculkan optimisme akan hasil yang positif.

"Setelah menjadi bagian dari ExxonMobil, Federal Lubricants memiliki visi baru yaitu, menjadi perusahaan global terkemuka yang tetap berpegang teguh pada kearifan lokal dengan senantiasa mendengarkan kebutuhan pasar, serta menjaga kelincahan dengan integritas, dan standar keselamatan tinggi," kata Patrick Adhiatmadja, Presiden Director PT Federal Karyatama, dalam rilis yang diterima Tirto, Rabu (24/4/2019).

Selain itu, bersandar kepada credo dari ExxonMobil, Federal Lubricants juga menerapkan value WINNING BEHAVIOUR yang memuat nilai-nilai: LEARN, INCLUDE, COMPETE, EMPOWER, tanpa melupakan aspek HUMBLE dan GRATEFUL.

Hal penting dari bergabungnya Federal Lubricants ke ExxonMobil adalah proses integrasi jaringan (dual brand integration) terkait pergerakan produk-produk di pasar.

ExxonMobil sebelumnya telah memiliki entitas perusahaan yang memasarkan pelumas yaitu ExxonMobil Lubricants Indonesia.

Kedua entitas ini mulai melakukan integrasi jaringan distribusi penjualan yang berfokus pada area-area potensial, meliputi wilayah-wilayah di Jawa, Bali, dan Sumatera.

Proses ini diharapkan berimplikasi pada peningkatan availability, dan visibility produk-produk dari keduanya yang berujung pada peningkatan penjualan berkesinambungan.

Lebih jauh, upaya integrasi jaringan ini diharapkan dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi waktu, biaya, serta sejumlah aktivitas operasional lainnya dalam mendistribusikan produk.

Penyebaran integrasi jaringan distribusi antara kedua merek akan terus ditingkatkan di wilayah-wilayah lainnya, sehingga nantinya akan merata di seluruh Indonesia.

“Proses integrasi pasca akuisisi masih terus kami lakukan. Pada tataran pemasaran produk, saat ini sudah mulai digulirkan integrasi jaringan penjualan untuk produk-produk dari Federal Lubricants dan ExxonMobil Lubricants Indonesia. Upaya ini kami harapkan dapat memperluas jaringan pemasaran produk, serta berimplikasi pada tumbuhnya pangsa pasar“, ujar Patrick.

Selanjutnya, Patrick menambahkan bahwa proses integrasi jaringan ini merupakan upaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen, dengan ketersediaan secara maksimal produk di pasar.

Baca juga artikel terkait FEDERAL LUBRICANTS atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Bisnis)

Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH
DarkLight