Demokrat Masih Kaji Koalisi di Pilkada Jawa Barat 2018

Oleh: Felix Nathaniel - 1 Agustus 2017
Dibaca Normal 1 menit
Wakil Ketua DPR RI dari fraksi Demokrat Agus Hermanto menilai bahwa Partai Demokrat sedang menimbang dengan matang terkait dengan siapa pihaknya menjalin koalisi.
tirto.id - Jelang pemilihan kepala daerah serentak di Jawa Barat pada tahun 2018 mendatang, Partai Demokrat mengakui tengah mempersiapkan para kadernya. Wakil Ketua DPR RI dari fraksi Demokrat Agus Hermanto menilai bahwa Partai Demokrat sedang menimbang dengan matang terkait dengan siapa pihaknya menjalin koalisi.

Hal ini dikatakan oleh Agus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada hari Selasa (1/8/2017). Menurut Agus sampai sekarang Demokrat belum bisa memastikan, tapi hubungan intensif antara Partai Demokrat dengan Partai Gerindra, PAN, dan PKS masih terus berlangsung. Sampai sekarang, koalisi yang bersifat tetap antara partai-partai tersebut juga masih belum berlangsung.

“Sekarang kita kan belum ada karena via line pun belum ada koalisi-koalisi itu,” pungkas Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat tersebut.

Terkait dengan pengajuan nama Dede Jusuf yang sempat digadang-gadang untuk diajukan sebagai gubernur Jawa Barat dari Partai Demokrat, Agus mengatakan bahwa hal itu belum pasti terjadi. Pihaknya tidak menutup kemungkinan bahwa Dede Jusuf ataupun kader lain dari Partai Demokrat akan disandingkan dengan Deddy Mizwar atau Ahmad Syaikhu.

“Itulah kecerdasan politik yang harus diperlukan, kalau saya ngomong sekarang, nanti terbuka semuanya. Makanya kita memang seharusnya menunggu saat yang paling tepat manakala memang deklarasi seluruhnya siapa yang harus diusung. Kalau ditebak-tebak dari sekarang pasti malah meleset,” jelasnya.

Namun Agus tidak menampik bahwa Partai Demokrat harus mengajukan koalisi untuk partai lainnya. Hal ini dipastikan Agus karena Partai Demokrat sendiri mengetahui bahwa persaingan di Jawa Barat memang cukup berat.

“Untuk pasangan yang fix, Demokrat belum memutuskan kita masih juga memberikan calon-calon dari demokrat yang nanti kemungkinan karena Demokrat kan tidak mungkin maju sendirian harus berkoalisi. Tentunya nanti calon-calon dari Partai Demokrat ada beberapa itu mungkin sudah pada mengerti semuanya, sehingga inilah yang akan kita bahas kepada pasangan-pasangan yang mengajukan di antara partai politik tentunya yang mendukung di Pilkada Jabar yang sama dengan Partai Demokrat,” jelasnya.

Beberapa nama calon pemimpin Jawa Barat sampai saat ini ada Ridwan Kamil yang diusung oleh Partai NasDem, koalisi Gerindra dan PKS dengan Deddy Mizwar dan Ahmad Syaikhu dan Golkar sendiri dikabarkan akan mengusung Dedi Mulyadi. Sampai hari ini, baru NasDem yang tetap tegas mengatakan akan mendukung Ridwan Kamil.

Baca juga artikel terkait PERTEMUAN SBY DAN PRABOWO atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Politik)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Maya Saputri
DarkLight