Menuju konten utama

Daftar Kota dengan Cuaca Terpanas di Indonesia Mei 2024

BMKG merilis daftar kota dengan cuaca terpanas di Indonesia berdasarkan hasil pengamatan di 20 stasiun pengamatan 12-13 Mei 2024.

Daftar Kota dengan Cuaca Terpanas di Indonesia Mei 2024
Sinar Matahari. foto/Istockphoto

tirto.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis daftar kota dengan cuaca terpanas di Indonesia Mei 2024. Daftar tersebut rilis berdasarkan pengamatan di 20 stasiun BMKG yang tersebar di berbagai kota dalam 24 jam terakhir.

Berdasarkan daftar tersebut, setidaknya ada 15kota yang mencapai suhu tertinggi di Indonesia per 12 - 13 Mei 2024. Laporan ini sekaligus menggambarkan kondisi cuaca panas yang terjadi di sejumlah wilayah Indonesia sejak awal hingga pertengahan Mei 2024.

Menurut BMKG, cuaca panas yang terjadi belakangan ini merupakan tanda bahwa musim kemarau akan datang. Menurut Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, beberapa wilayah di Indonesia sudah memasuki musim kemarau.

"Sebagian wilayah lainnya masih mengalami periode peralihan musim atau pancaroba, sehingga potensi fenomena suhu panas dan kondisi cerah di siang hari masih mendominasi cuaca secara umum di awal Mei 2024," katanya dalam rilisBMKG.

Melalui kesempatan yang sama, Guswanto menepis bahwa udara panas Indonesia terjadi karena fenomena gelombang panas atauheatwavedi Asia belakangan ini. Menurutnya, fenomena gelombang panas itu terjadi karena anomali dinamika atmosfer yang jarang terjadi di wilayah ekuator seperti Indonesia.

Daftar Kota dengan Cuaca Terpanas Mei 2024

Memasuki pertengahan Mei 2024, BMKG melaporkan beberapa kota yang mencapai suhu maksimum di Indonesia. Berdasarkan pengamatan 12-13 Mei 2024, suhu maksimum di Indonesia mencapai 36,4 derajat Celicius (C).

Mengutip Instagram@Infobmkg, suhu maksimum itu berhasil diamati di Stasiun Meteorologi Pangsuma, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Suhu ini tak lebih tinggi dari pada suhu maksimum yang diamati di awal Mei 2024.

Sebelumnya, BMKG sempat mencatat suhu maksimum mencapai 37,1 derajat di Deli Serdang, Sumatra Utara pada 3 Mei 2024. Kendati demikian, Deli Serdang masih masuk ke dalam jajaran kota terpanas di Indonesia hari ini.

BMKG mencatat wilayah tersebut memiliki suhu tertinggi mencapai 35,6 derajat selama 24 jam terakhir. Selain Deli Serdang dan Kapuas Hulu, masih ada kota-kota lainnya yang mengalami suhu terpanas di pertengahan Mei 2024.

Beberapa kota dan kabupaten dengan suhu tertinggi termasuk Jakarta, Tangerang, Surabaya, Semarang, dan sebagainya. Berikut ini daftar kota dan kabupaten dengan cuaca terpanas Mei 2024:

Kota/KabupatenStasiun PengamatanSuhu Maksimum
Kapuas HuluStasiun Meteorologi Pangsuma36,4
Jakarta UtaraStasiun Meteorologi Maritim Tanjung Priok35,6
Deli SerdangStasiun Geofisika Deli Serdang35,6
TangerangStasiun Meteorologi Budiarto35,4
Tangerang SelatanStasiun Klimatologi Banten35,1
Jakarta PusatStasiun Meteorologi Kemayoran35,0
BerauStasiun Meteorologi Kalimarau35,0
SikkaStasiun Meteorologi Fransiskus Xaverius Seda35,0
MajalengkaStasiun Meteorologi Kertajati34,8
SurabayaStasiun Meteorologi Maritim Tanjung Perak34,8
SemarangStasiun Meteorologi Ahmad Yani34,8
SumbawaStasiun Meteorologi Sultan Muhammad Kaharuddin34,8
PaluStasiun Meteorologi Mutiara Sis-Al Jufri34,6
LampungStasiun Meteorologi Maritim Panjang34,4
SabangStasiun Meteorologi Maimun Saleh34,4

Tips Menghadapi Suhu Panas di Indonesia

Cuaca panas yang terjadi di beberapa kota di Indonesia belakangan ini tentu memengaruhi aktivitas masyarakat. Masyarakat rentan mengalami dehidrasi, kelelahan, hingga masalah kesehatan lainnya akibat suhu tinggi.

Kabar baiknya, ada beberapa tips yang bisa diterapkan masyarakat untuk tetap sehatdi tengah-tengahcuaca panas. Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berikut beberapa tips yang sebaiknya diterapkan untukmenghadapi suhu panasdi Indonesia:

  • Minum air putih yang cukup untuk menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi;
  • Menghindari minuman berkafein, berenergi, alkohol, dan gula tinggi untuk mencegah stamina berlebih;
  • Mengenakan tabir surya, topi, dan payung selama beraktivitas di luar untuk menghindari paparan sinar UV;
  • Menggunakan pakaian longgar dan ringan untuk mencegah tubuh kepanasan;
  • Menghindari pakaian berwarna gelap di siang hari karena menyerap panas lebih banyak;
  • Menghindari keluar ruangan dari jam 11.00 hingga 15.00.

Baca juga artikel terkait CUACA atau tulisan lainnya dari Yonada Nancy

tirto.id - Sosial budaya
Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Iswara N Raditya