Menuju konten utama

Kenapa Saat Siang Cuaca Sangat Panas Tapi Pagi dan Malam Dingin?

Penjelasan lengkap BMKG soal kenapa cuaca malam hari sangat dingin dan siang hari sangat panas.

Kenapa Saat Siang Cuaca Sangat Panas Tapi Pagi dan Malam Dingin?
Ilustrasi cuaca panas. foto/istockphoto

tirto.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan penyebab di balik pertanyaan kenapa saat siang cuaca terasa sangat panas, tapi pagi dan malam malah terasa dingin?

Fenomena ini menurut BMKG adalah hal yang lumrah terjadi pada awal musim kemarau, bertepatan pada periode Juli dan Agustus.

Seperti dilaporkanAntara News, cuaca dingin disertai angin di malam hari itu terjadi karena ada pergerakan angin dari timur, yang biasa disebut dengan angin munson Australia yang bersifat dingin dan kering menuju pulau Jawa hingga Nusa Tenggara.

Cuaca yang dingin dan kering di malam hari mendukung terjadi fenomena “bediding” atau penurunan suhu antara malam hingga pagi hari.

Kemudian, awan sebagai penghalang terik matahari berkurang pada musim kemarau, sehingga di malam hari panas matahari yang ada di bumi akan dikembalikan ke atmosfer secara langsung tanpa terhalang. Akibatnya, suhu panas bumi pada malam hari akan turun drastis.

Sebaliknya, fenomena ini akan menyebabkan matahari bersinar langsung tanpa terpantul awan, akhirnya panas di siang hari semakin terasa.

Kemudian, pada musim kemarau curah hujan sangat rendah membuat tingkat air di bumi berkurang, ini juga mendukung suhu udara di siang hari akan terasa panas, karena air merupakan penyerap panas yang paling efektif. Jika air berkurang, maka panas akan semakin terasa di siang hari.

Cara Cek Info Cuaca BMKG

Masyarakat dapat melakukan cek info cuaca BMKG hari ini, prakiraan cuaca dalam beberapa hari ke depan, atau riwayat cuaca dalam beberapa hari lalu melalui dua cara yaitu dengan mengakses laman resmibmkg.go.idatau dengan men-download aplikasi “Info BMKG” pada ponsel pintar, berikut caranya:

1. Cara cek info cuaca melalui laman BMKG

  • Buka lamanhttps://www.bmkg.go.id/;
  • Pada bagian atas laman pilih Cuaca lalu klik bagian Prakiraan Cuaca Indonesia;
  • Setelah itu akan muncul prakiraan cuaca di berbagai wilayah di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya hingga Jayapura;
  • Guna mengetahui lebih detail tentang prakiraan cuaca besok pagi di beberapa wilayah lainnya pilihlah Provinsi Lainnya di bagian bawah lamanhttps://www.bmkg.go.id/.
2. Cara cek info cuaca melalui aplikasi “Info BMKG”

  • Download aplikasi “Info BMKG” melalui App Store untuk pengguna iOS dan melalui Google Play Store untuk pengguna Android;
  • Buka aplikasi;
  • Pilih kecamatan yang akan dicek informasi cuacanya;
  • Cuaca terkini akan otomatis tertera di layar ponsel Anda. Selain mengenai cuaca, pengguna juga bisa mengakses informasi gempa bumi dan kualitas udara.

Baca juga artikel terkait WORK AND MONEY atau tulisan lainnya dari Balqis Fallahnda

tirto.id - Gaya hidup
Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Nur Hidayah Perwitasari