Menuju konten utama

Contoh Soal PAT Tema 6 Kelas 5 Semester 2 dan Kunci Jawabannya

Contoh soal PAT Tema 6 kelas 5 semester 2 dan kunci jawabannya akan disajikan berikut ini.

Contoh Soal PAT Tema 6 Kelas 5 Semester 2 dan Kunci Jawabannya
Ilustrasi Ujian. FOTO/Istockphoto

tirto.id - Contoh soal PAT yang disajikan di bawah ini terkait dengan materi tematik 6 kelas 5 semester 2 kurikulum 2013 atau K13. Pertanyaan-pertanyaannya sudah dilengkapi dengan kunci jawabannya, sebagai bahan referensi belajar siswa.

Dalam ujian PAT mata pelajaran tematik 6 kelas 5 meliputi beberapa materi seperti PPKN, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, serta Seni Budaya dan Prakarya (SBDP). Materi yang dipelajari mencakup 4 subtema yakni "Suhu dan Kalor", "Perpindahan Kalor di Sekitar Kita", "Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan", "Literasi".

Setelah mengikuti pembelajaran selama semester genap, siswa akan menghadapi Penilaian Akhir Tahun (PAT). Ujian ini dilaksanakan untuk mengukur capaian kompetensi siswa. Hasilnya akan menjadi salah satu pertimbangan kenaikan kelas.

Cakupan penilaian dalam PAT meliputi seluruh indikator yang menjadi representasi kompetensi dasar di semester genap.

Peserta didik dapat mempelajari dan mengerjakan contoh soal Tema 6 kelas 5 semester 2 sebagai alternatif dalam mempersiapkan diri jelang PAT. Kendati demikian, mendalami penguasaan materi melalui buku pelajaran maupun bahan ajar lain juga tak kalah penting, selain mengerjakan latihan soal.

Contoh Soal PAT Tema 6 Kelas 5 Semester 2 dan Kunci Jawabannya

Berikut ini contoh soal PAT mata pelajaran tematik 6 kelas 5 semester 2 yang meliputi soal PPKN, bahasa indonesia, IPA, dan SBDP beserta kunci jawabannya.

Muatan Pelajaran PPKN

1. Tanggung jawab setiap warga Negara adalah…

a. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan menghindari sikap dan perilaku yang diskriminatif

b. Memiliki kedudukan yang sama di mata hukum

c. Mempunyai kebebasan memeluk dan menjalankan agama yang mereka percayai.

d. Menyuarakan pendapat mereka

2. Setiap siswa harus menjaga sarana pendidikan yang ada di sekolah dengan baik. Ketika sarana tidak dijaga dengan baik maka sarana belajarnya akan rusak sehingga kegiatan belajar akan terganggu. Supaya kegiatan belajar berjalan dengan baik maka siswa harus menjalankan….sebagai siswa dengan penuh tanggung jawab.

a. Kewajiban

b. Hak

c. Sikap

d. Norma

3. Hak seorang siswa disekolah adalah….

a. Ikut bertanggung jawab atas kebersihan, keamanan ketertiban sekolah.

b. Melengkapi diri dengan keperluan sekolah.

c. Memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnyad. Menghormati guru dan saling menghargai antar sesama murid

4. Keadaan untuk menerima akibat dari perbuatan, baik yang dilakukan sendiri maupun yang dilakukan bersama dengan orang lain disebut…

a. Tanggung jawab

b. Kewajiban

c. Hak

d. Norma

Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia

Teks bacaan untuk soal nomor 5-6

"Sumber Energi Panas"

Benda yang dapat menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas. Sumber energi panas dapat kita jumpai di alam, salah satunya adalah matahari. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar. Semua makhluk hidup memerlukan energi panas matahari. Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis. Makanan yang dihasilkan dari hasil fotosintesis menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia.

Energi panas matahari dapat menerangi bumi sehingga udara di bumi menjadi hangat. Dalam kehidupan sehari-hari, energi panas matahari dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan manusia. Misalnya, panas matahari digunakan untuk mengeringkan padi setelah dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk mengeringkan pakaian yang basah.

Cobalah kamu gosokkan kedua tanganmu selama satu menit! Apa yang kamu rasakan? Sekarang, ambillah sebuah mistar plastik! Kemudian gosok-gosokkanlah pada kain yang kering selama dua menit! Lalu sentuhlah permukaan mistar plastik itu! Apa yang kamu rasakan? Setelah kamu melakukan dua kegiatan tersebut, apakah kamu merasakan panas? Energi panas dapat dihasilkan ketika terjadi gesekan antara dua benda. Pada kegiatan di atas, gesekan antara kedua telapak tanganmu dan gesekan antara mistar dan kain, dapat menimbulkan energi panas.

Selain matahari dan gesekan antara dua benda, energi panas juga dapat diperoleh dari api. Pada zaman dahulu, orang mendapatkan api dengan cara menggosokkan dua buah batu yang kering sampai keluar percikan api.

Selain itu, nenek moyang kita dahulu menggunakan kayu kering lalu digosok- gosokkan dengan tanah yang kering sampai keluar api. Ternyata gesekan dua benda antara dua batu kering, dan gesekan antara dua kayu kering dapat menghasilkan energi panas berupa api. Saat ini api mudah dihasilkan dari korek api dan kompor.

5. Pokok pikiran pada paragraf kedua adalah…

a. Sumber energi panas

b. Macam- macam energi

c. Manfaat energi panas matahari

d. Energi panas matahari

6. Macam- macam sumber energy panas adalah..

a. Matahari

b. Gesekan dua benda

c. Api

d. a,b, dan c benar

Teks bacaan untuk soal nomor 7-10

"Perbedaan Suhu dan Panas"

Indra peraba, seperti telapak tangan tidak dapat menentukan secara tepat derajat panas dan dingin suatu benda. Tangan hanya dapat memperkirakan panas dan dingin suatu benda. Tangan tidak dapat menjelaskan berapa nilai derajat panas atau dinginnya suatu benda. Pernahkah kamu pergi berkemah ke daerah pegunungan? Ketika malam hari saat kamu berkemah di daerah pegunungan, kamu akan merasakan bahwa cuaca di sekitarmu terasa dingin sehingga kamu memerlukan jaket tebal untuk menghangatkan tubuhmu. Lain halnya dengan penduduk yang tinggal di dataran tinggi seperti daerah pegunungan. Mereka tidak terlalu merasakan hawa dingin karena mereka sudah terbiasa dengan hawa dingin di pegunungan.

Hal tersebut, membuktikan bahwa indra peraba tidak dapat digunakan untuk mengukur derajat panas suatu benda karena setiap orang memiliki perbedaan dalam merasakan suhu di sekitarnya. Nah, dalam ilmu pengetahuan alam untuk menyatakan tingkat panas dinginnya suatu keadaan digunakan suatu besaran yang disebut suhu atau temperatur.

Panas (kalor) dan suhu adalah dua hal yang berbeda. Energi panas merupakan salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda. Ketika sebatang logam dipanaskan dengan api, batang logam tersebut mendapatkan energi panas dari api. Energi panas membuat batang logam tersebut menjadi panas. Ketika batang logam tersebut panas, suhunya meningkat. Ketika batang logam menjadi dingin, suhunya menurun.

Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda. Suhu suatu benda menunjukkan tingkat energi panas benda tersebut. Satuan suhu yang digunakan di Indonesia adalah derajat Celcius (°C). Alat untuk mengukur suhu disebut termometer. Satuan panas dinyatakan dalam kalori dan diukur dengan kalorimeter.

7. Pokok pikiran pada paragraf ketiga adalah..

a. Perbedaan panas dan suhu

b. Panas dan suhu

c. Persamaan panas dan suhu

d. Hubungan panas dan suhu

8. Kata kunci pada paragraf kedua adalah…

a. Kalor

b. Alam

c. Suhu

d. Panas

9. Alat yang digunakan untuk mengukur suhu adalah…

a. Barometer

b. Kalorimeter

c. Celcius

d. Termometer

10. Besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda disebut…

a. Derajat

b. Celcius

c. Suhu

d. Kalor

Muatan Pelajaran IPA

11. Perubahan suatu benda yang menjadi berkurangnya panjang, lebar, dan luas karena terkena suhu dingin disebut...

a. Pengkristalan

b. Pencairan

c. Penyusutan

d. Pemuaian

12. Interaksi manusia dengan alam yang mempunyai dampak negatif adalah…

a. Penggunaan pestisida menyebabkan pencemaran lingkungan

b. Menggunakan pupuk alam dari kotoran hewan

c. Penggunaan musuh alami hama tanaman

d. Limbah ternak dapat dimanfaatkan untuk bahan makanan ternak, pupuk organik

Muatan Pelajaran SBDP

13. Tangga nada yang dimiliki alat musik seperti piano dan organ adalah…

a. Diatonis

b. Pentanonis

c. Kromatis

d. Pelog

14. Tangga nada yang digunakan dalam menyanyikan lagu yang berjudul “ Cing Cangkeling” adalah tangga nada pentatonis yang berjenis…

a. Melodic

b. Ritmis

c. Slendro

d. Pelog

15. Salah satu tradisi yang timbul dari interaksi manusia dengan alam yaitu….

a. Festival mane’e

b. Festival kembang api

c. Festival Lagu daerah

d. Festival budaya

Essay

16. Apakah yang dimaksud dengan tanggung jawab? Sebutkan tanggung jawab sebagai warga Negara Indonesia!

17. Sebutkan hak- hak siswa berdasarkan peraturan pemerintah No 28 tahun 1990!

18. Sebutkan perbedaan suhu dan kalor!

19. Sebutkan dan jelaskan dua macam interaksi manusia dengan alam!

20. Jelaskan maksud dari teknik arsir, teknik blok , dan teknik sapuan?

Kunci Jawaban :

Pilihan Ganda

1. A

2. A

3. C

4. A

5. E

6. D

7. A

8. C

9. D

10. C

11. C

12. A

13. A

14. E

15. A

Essay

16. Tanggung jawab adalah keadaan untuk menerima akibat dari perbuatan, baik yang dilakukan sendiri maupun yang dilakukan bersama dengan orang lain.

Tanggung jawab sebagai warga bangsa Indonesia:

- Memahami dan mengamalkan nilai-nilai dalam sila-sila Pancasila.

- Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa agar tidak terpecah belah.

17. Hak- hak siswa berdasarkan peraturan pemerintah No 28 tahun 1990 :

a. mendapat perlakuan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya

b. memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya

c. mengikuti program pendidikan yang bersangkutan atas dasar pendidikan berkelanjutan, baik untuk mengembangkan kemampuan diri maupun untuk memperoleh pengakuan tingkat pendidikan tertentu yang telah dibakukan

d. mendapat bantuan fasilitas belajar, beasiswa, atau bantuan lain sesuai dengan persyaratan yang berlaku

e. pindah ke sekolah yang sejajar atau yang tingkatnya lebih tinggi sesuai dengan persyaratan penerimaan siswa pada sekolah yang hendak dimasuki

f. memperoleh penilaian hasil belajarnya

g. menyelesaikan program pendidikan lebih awal dari waktu yang ditentukan

h. mendapat pelayanan khusus bilamana menyandang cacat.

18. Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda. Suhu suatu benda menunjukkan tingkat energi panas benda. Sedangkan Kalor adalah salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda.

19. Interaksi antara manusia dan alam dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu:

- Interaksi manusia yang menyesuaikan diri dengan alam contohnya adalah hidup dekat dengan sumber makanannya. Manusia menyesuaikan waktu tanam dengan musim penghujan, waktu untuk berlayar menyesuaikan dengan keadaan cuaca, menghindari tinggal di daerah rawan bencana alam, dan lain-lain.

- Interaksi manusia yang mendominasi alam. Ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki manusia cenderung melakukan upaya mengambil sumber daya alam. Bahkan, manusia berupaya memodifikasi cuaca dengan mengembangkan teknologi hujan buatan.

20. Teknik arsir adalah teknik yang menggunakan bahan kering yaitu teknik arsir dibuat dengan menorehkan pensil, spidol atau alat lain berupa garis-garis berulang yang menimbulkan kesan gelap terang, dan kesan adanya dimensi.

Teknik blok adalah teknik menutup gambar dengan menggunakan satu warna sehingga menimbulkan kesan siluet atau blok.

Teknik sapuan adalah teknik yang menggunakan bahan dengan campuran air di atas kertas.

Baca juga artikel terkait CONTOH SOAL atau tulisan lainnya dari Ririn Margiyanti

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Ririn Margiyanti
Penulis: Ririn Margiyanti
Editor: Fadli Nasrudin