tirto.id - Contoh soal PKK atau Produk Kreatif dan Kewirausahaan kelas 12 semester 1 Kurikulum Merdeka beserta jawabannya dapat diakses di artikel ini. Anda bisa membaca latihan soal ini untuk belajar sebelum menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS)/Ujian Akhir Semester (UAS).
Kurikulum Merdeka menyuguhkan sistem pembelajaran yang menyesuaikan dengan kondisi peserta didik. Adapun rangkaian kegiatan dan programnya dirancang untuk menciptakan siswa-siswi ber-Profil Pelajar Pancasila.
Berkaitan dengan kurikulum tersebut, siswa kelas 12 semester 1 diberikan pelajaran PKK. Peserta didik akan disuguhkan pengetahuan mulai dari produk massal, perakitan produk, pengujian dan evaluasi produk, hingga produk dan jasa.
Produk kreatif misalnya, kita dapat melihat sekeliling kita dari benda kerajinan yang didaur ulang untuk menjadi barang berguna. Kegiatan ini dalam kewirausahaan mempunyai beberapa macam faktor produksi.
Sementara itu, untuk menyiarkannya Anda dapat menggunakan sejumlah teknik promosi. Hal yang dapat dipikirkan pada proses pengenalan produk ini adalah medianya.
Daftar Materi Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas 12 SMK
Dalam Modul Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XII SMK (Fauzia, Ellya, dkk., 2019), disuguhkan beberapa bab terkait mata pelajaran tersebut. Berikut ini daftar materi PKK kelas 12 SMK tersebut.
1. Produk Massal:
- Hakikat dan Konsep Produksi Massal
- Perencanaan Produksi Massal
- Metode Peramalan dalam Perencanaan Produksi Massal
- Indikator Keberhasilan Tahapan Produksi Massal
- Proses Produksi Massal
2. Perakitan Produk:
- Teori Dasar Perakitan
- Metode Perakitan
- Sistem Perakitan dan Keseimbangan Lintasan
3. Pengujian dan Evaluasi Produk:
- Pengujian Produk
- Standarisasi dan Sertifikasi Produk
- Evaluasi dan Pengendalian Kualitas Produk
- Produk
- Kualitas Produk
- Klasifikasi Produk
- Jasa
- Kualitas Jasa.
Contoh Soal UAS/PAS PKK Kelas 12 Semester 1
Berikut ini sejumlah contoh soal PAS PKK kelas 12 semester 1 lengkap dengan kunci jawabannya.
1. Apa yang dimaksud dengan Harga Pokok Penjualan .....
A. Biaya yang harus dikeluarkan perusahaan dalam rangka mendukung proses produksi jasa yang diberikan
B. Harga yang dijual ke konsumen dengan menambah variabel produksi
C. Jumlah pengeluaran dan beban yang diizinkan baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga menghasilkan barang produksi maupun barang jasa yang bisa dijual kembali
D. Biaya yang harus dikeluarkan perusahaan dalam rangka menghasilkan produk barang ataupun produk jasa yang baru dan terbarukan
E. Harga yang harus dikeluarkan oleh para penjual untuk bisa mengolah bahan menjadi produk yang bisa dijual
Jawaban: B
2. Dalam usaha perjalanan wisata untuk biaya bahan baku seperti menyewa bus untuk mendukung kegiatan penjualan paket wisata, hal ini termasuk dalam .....
A. Direct Material
B. Biaya Overhead Perusahaan
C. Harga Pokok
D. HPP
E. Biaya Tenaga Kerja
Jawaban: A
3. Biaya yang harus dikeluarkan perusahaan dalam rangka mendukung proses produksi jasa yang diberikan, di mana biaya tenaga kerja ini terlibat dalam proses produksi baik secara langsung maupun tidak langsung, merupakan pengertian dari .....
A. Direct Material
B. Biaya Overhead Perusahaan
C. Harga Pokok
D. HPP
E. Biaya Tenaga Kerja
Jawaban: E
4. Harga yang harus dikeluarkan oleh para penjual untuk bisa mengolah bahan mentah menjadi produk yang bisa dijual baik itu produksi barang maupun jasa adalah pengertian dari .....
A. Harga Pokok
B. Harga Pokok Produksi
C. Harga Pokok Penjualan
D. Biaya
E. Biaya Tenaga Kerja
Jawaban: B
5. Jumlah dari pengeluaran dan beban yang diizinkan, baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga menghasilkan barang produksi maupun barang jasa yang bisa dijual kembali merupakan pengertian dari .....
A. Harga Pokok
B. Harga Pokok Produksi
C. Harga Pokok Penjualan
D. Biaya
E. Biaya Tenaga Kerja
Jawaban: A
6. Laporan yang berisi ringkasan transaksi - transaksi keuangan yang terjadi selama periode akuntansi yang bersangkutan disebut juga .....
A. Laporan Transaksi
B. Laporan kerja
C. Jurnal keuangan
D. Laporan Keuangan
E. Kas
Jawaban: D
7. Hal yang harus dilakukan seorang marketer supaya berhasil dalam memasarkan produknya ialah.....
A. Memberikan harga setinggi mungkin supaya mendapat profit yang lebih besar
B. Asal jadi dalam membuat produk tanpa perhitungan yang matang
C. Menjual di mana saja walaupun tidak dibutuhkan pasar
D. Tidak melakukan tawar - menawar supaya tidak menghabiskan energi
E. Memberikan promosi kepada pelanggan terhadap produknya
Jawaban: E
8. Hal yang terjadi jika menjual produk pada target
pasar yang salah adalah .....
A. Produk akan cepat laku terjual
B. Tidak ada minatnya pelanggan yang
membuat semua tidak laku
C. Akan memuaskan para konsumen
D. Bisa bersaing dengan perusahaan yang lain
E. Produk tersebut akan terjual habis
Jawaban: B
9. Alasan sebuah perusahaan atau organisasi dalam membuat produk harus melihat peluang pasar adalah .....
A. Supaya tidak dapat memenuhi keinginan konsumen
B. Supaya mendapat complaint
C. Berharap dapat memuaskan kebutuhan pelanggan
D. Produk yang dijual akan merugikan perusahaan
E. Supaya produknya berbeda dari yang lain
Jawaban: C
10. Berikut ini yang membuat produk yang disediakan oleh perusahaan tidak laku, kecuali .....
A. Kualitas produk yang minim
B. Pemasaran yang buruk
C. Tidak bisa memenuhi keinginan konsumen
D. Marketing yang buruk
E. Tawar - menawar yang baik
Jawaban: E
11. Rumus BEP jumlah rupiah adalah .....
A. BEP = FC/(1 – (VC/P)
B. FC = BEP + VC
C. BEP = FC/(P-VC)
D. BEP (VC + P)/FC
E. BEP = P + FC – P
Jawaban: A
12. Titik dimana perusahaan belum memperoleh laba dari usaha yang telah dilakukan, namun juga tidak dalam keadaan rugi, merupakan .....
A. Pengertian BEP (Break Even Point)
B. Fungsi dari BEP
C. Komponen BEP
D. Rumus cara menentukan keuntungan usaha
E. Rumus BEP
Jawaban: A
13. Rumus BEP dasar unit adalah .....
A. BEP = FC - VC/P
B. FC = BEP + VC
C. BEP = FC/(P-VC)
D. BEP (VC + P)/FC
E. BEP = P + FC – P
Jawaban: C
14. Sebagai sistem untuk mengukur target dan perencanaan produksi dan penjualan agar perusahaan tidak merugi, merupakan .....
A. Pengertian BEP (Break Even Point)
B. Fungsi dari BEP
C. Komponen BEP
D. Rumus cara menentukan keuntungan usaha
E. Rumus BEP
Jawaban: B
15. Biaya Overhead Perusahaan adalah .....
A. Biaya yang harus dikeluarkan perusahaan selain dari bahan baku dan tenaga kerja
B. Biaya ini merupakan biaya yang harus dikeluarkan perusahaan dalam rangka menghasilkan produk barang ataupun produk jasa
C. Biaya produksi dalam proses awal dan dikurangi persediaan produk dalam proses akhir
D. Biaya yang harus dikeluarkan perusahaan dalam rangka mendukung proses produksi jasa
E. Biaya yang harus dikeluarkan perusahaan dalam rangka mendukung proses produksi jasa
Jawaban: A
16. Berikut ini termasuk tugas pemasaran, kecuali .....
A. Bekerja sama dengan mitra
B. Memaksa secara keras untuk membeli produk
C. Memperkenalkan produk
D. Memastikan kepuasan konsumen
E. Mencapai target penjualan
Jawaban: B
17. Berikut ini yang termasuk komponen BEP, yaitu.....
A. Variable Cost, Fixed Cost, Prive
B. Time Table, Time Limit, Ticketing
C. Variable Cost, Fixed Cost, Selling Price
D. Selling Price, Profit, Prive
E. Prive, Profit, Ticketing
Jawaban: C
18. Salah satu fungsi dari pemasaran adalah .....
A. Fungsi pertukaran
B. Fungsi pembelian
C. Memperbanyak produk
D. Menjatuhkan perusahaan lain
E. Memperkenalkan produk
Jawaban: A
19. Berikut ini yang dimaksud konsep produksi adalah .....
A. Konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, performansi, dan ciri-ciri yang terbaik
B. Konsumen akan menyukai produk yang tersedia di mana - mana dan harganya murah
C. Menentukan kebutuhan, keinginan, dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat
D. Bahwa konsumen, dengan dibiarkan begitu saja, organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi agresif
E. Konsep yang memaksa supaya produk dapat laku terjual
Jawaban: B
20. Berikut ini dasar konsep pemasaran, kecuali .....
A. Konsep produksi
B. Konsep produk
C. Konsep penjualan
D. Konsep pemasaran
E. Konsep evaluasi
Jawaban: E
21. Ciri perencanaan produksi jangka pendek adalah.....
A. Produk yang dihasilkan sedikit
B. Waktu pelaksanaan kurang dari 1 tahun
C. Modal yang dibutuhkan relatif sedikit
D. Desain produk tidak terlalu rumit
E. Tidak ada standarisasi produk
Jawaban: B
22. Jika Pa Bayu menjual balon warna warni, segmen pasar yang tepat adalah untuk konsumen .....
A. Anak TK
B. Ibu PKK
C. Manula
D. Mahasiswa
E. Anak SD
Jawaban: A
23. Berikut ini yang bukan termasuk tujuan dari monitoring adalah .....
A. Mengukur dan memberikan penilaian atas capaian kinerja perusahaan
B. Menganalisis kinerja karyawan
C. Mengumpulkan data yang tidak dibutuhkan
D. Menganalisis hambatan –hambatan yang ditemukan
E. Memberikan umpan balik atas capaian dan kendala yang ditemukan
Jawaban: C
24. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dari analisis pasar, kecuali .....
A. Desain dan model barang
B. Kuantitas dan kualitas
C. Merek dan harga barang
D. Barang konsumsi dan barang industri
E. Meniru produk yang sudah ada
Jawaban: E
25. Analisis yang dilakukan lebih pada operasional yang terjadi di lapangan dikenal dengan .....
A. Analisis akuntansi
B. Analisis kompetensi
C. Analisis teknis
D. Analisis finansial
E. Analisis produksi
Jawaban: C
26. Tahapan evaluasi usaha yang berhubungan dengan kondisi permintaan di pasaran dikenal dengan .....
A. Tahap akuntan
B. Tahap penghitungan
C. Tahap finansial
D. Tahap analisis pasar
E. Tahapan teknis
Jawaban: D
27. Tahapan evaluasi usaha pada perusahaan yang berhubungan dengan keuangan dikenal dengan.....
A. Tahap akuntan
B. Tahap penghitungan
C. Tahap finansial
D. Tahap analisis pasar
E. Tahapan teknis
Jawaban: C
28. Salah satu manfaat dari evaluasi usaha pada perusahaan adalah .....
A. Menagih utang pada subagent BPW
B. Menambah relasi BPW
C. Memperkecil risiko kegagalan
D. Memperbanyak kegagalan
E. Memudahkan pembeli
Jawaban: C
29. Berikut ini yang bukan termasuk manfaat evaluasi usaha adalah .....
A. Memperkecil resiko kegagalan dalam berinvestasi
B. Memperbesar peluang keberhasilan investasi
C. Sebagai panduan dalam mengoptimalkan dana
D. Menggunakan dana yang tidak terpakai
E. Berusaha memperbaiki kesalahan yang terjadi
Jawaban: D
30. Berikut ini hal - hal yang perlu dievaluasi sesuai aspek kinerja perusahaan, kecuali .....
A. Kualitas produk jasa
B. Kinerja karyawan
C. Evaluasi pasar wisata
D. Teknologi yang digunakan
E. Manajer yang kompeten
Jawaban: E
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Yulaika Ramadhani