Menuju konten utama

Soal UAS-PAS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 & Jawabannya

Sejumlah soal UAS/ PAS bahasa Indonesia kelas 12 semester 1 Kurikulum Merdeka dapat dimanfaatkan sebagai referensi latihan soal menuju pelaksanaan ujian

Soal UAS-PAS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 & Jawabannya
Ilustrasi Bahasa Indonesia. tirto.id/iStockphoto

tirto.id - Sejumlah soal UAS/ PAS bahasa Indonesia kelas 12 semester 1 Kurikulum Merdeka dapat dimanfaatkan sebagai referensi latihan soal menuju pelaksanaan ujian. Siswa kelas 12 bisa melaksanakan latihan soal secara mandiri maupun bersama guru.

Ujian Akhir Semester (UAS) atau kerap juga disebut dengan istilah Penilaian Akhir Semester (PAS) akan diperkirakan berlangsung pada awal bulan Desember 2023 mendatang. Upaya pematangan materi dan persiapan menjelang PAS dapat dilakukan sejak saat ini.

Pelaksanaan PAS bertujuan untuk mengevaluasi proses pembelajaran yang telah berjalan selama satu semester. Setelah PAS, guru akan mengolah hasil pengerjaan soal PAS untuk disusun dalam buku laporan hasil belajar atau sering disebut dengan buku rapor.

Seluruh mata pelajaran akan diujikan pada ujian PAS, beberapa di antaranya seperti bahasa Indonesia, matematika, sejarah, PAI, dan sebagainya. Materi yang akan diujikan pada masing-masing mata pelajaran tersebut meliputi materi yang telah dipelajari siswa sejak awal semester satu.

Daftar Materi Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA/SMK

Materi bahasa Indonesia kelas 12 SMA/ SMK berkaitan berbagai jenis teks kebahasaan. Siswa diajak untuk mempelajari aspek-aspek kebahasaan termasuk teks surat lamaran pekerjaan, cerita sejarah Indonesia, hingga teks editorial.

Berdasarkan buku berjudul “Bahasa Indonesia Kelas XII” (2018) materi bahasa Indonesia untuk kelas XII terdiri dari enam bab. Berikut rincian daftar enam bab materi bahasa Indonesia kelas 12 SMA/ SMK.

Bab 1 Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

-Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan

-Menyajikan Simpulan Sistematika dan Unsur-Unsur Isi Surat Lamaran Pekerjaan

-Memformulasikan Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan

-Menyusun Surat Lamaran Pekerjaan

-Melaporkan Kegiatan Membaca Buku

Bab 2 Menikmati Cerita Sejarah Indonesia

-Mengidentifikasi Informasi dalam Cerita Sejarah

-Menganalisis Kebahasaan Teks Cerita (Novel) Sejarah

-Mengonstruksi Nilai-Nilai dalam Novel Sejarah

-Menulis Cerita Sejarah Pribadi

Bab 3 Memahami Isu Teknis Lewat Editorial

-Mengidentifikasi Informasi dalam Teks Editorial

-Menyeleksi Ragam Informasi sebagai Bahan Teks Editorial

-Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Teks Editorial

-Merancang Teks Editorial

Bab 4 Menikmati Novel

-Menafsir Pandangan Pengarang terhadap Kehidupan

-Menganalisis Isi dan Kebahasaan Novel

-Menyajikan Hasil Interpretasi Pandangan Pengarang

-Merancang Novel

Bab 5 Menyajikan Gagasan Melalui Artikel

-Mengevaluasi Informasi, Baik Fakta Maupun Opini dalam Sebuah Artikel yang Dibaca

-Menyusun Opini dalam Bentuk Artikel

-Menganalisis Kebahasaan Artikel dan/atau Buku Ilmiah

-Mengkonstruksi Artikel Berdasarkan Fakta

Bab 6 Menilai Karya Melalui Kritik dan Esai

-Membandingkan Kritik Sastra dan Esai

-Menyusun Kritik dan Esai

-Menganalisis Sistematika dan Kebahasaan

-Mengkonstruksi Kritik Sastra dan Esai

-Mengidentifikasi Nilai-Nilai dalam Buku Pengayaan dan Buku Drama

-Menulis Refleksi tentang Nilai-Nilai dari Buku Pengayaan dan Buku Drama

Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 dan Jawabannya

Contoh soal UAS bahasa Indonesia kelas 12 bisa dipelajari sebagai pematangan materi menjelang UAS. Berikut contoh soal UAS bahasa Indonesia kelas 12 lengkap dengan jawabannya.

Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!

(1) Melalui teks cerita ulang atau dikenal juga dengan sebutan teks rekon (recount), pengalaman nyata pada masa lalu dapat dibangkitkan atau dihidupkan kembali. (2) Setelah informasi tentang sebuah peristiwa sejarah diperoleh, seseorang dapat mengumpulkan data yang tepat, akurat, serta autentik tentang peristiwa tersebut dari berbagai sumber, baik lisan, tertulis maupun benda-benda yang berkaitan dengan peristiwa sejarah yang dimaksud. (3) Bukti sejarah juga sudah dimuat pada buku sejarah yang ditulis oleh pakar sejarah. (4) Dari buku tersebut dicatat hal yang akan diteliti secara cermat, dibandingkan satu sama lain, diinterpretasikan kemudian direkonstruksi sehingga menghasilkan kisah sejarah yang mudah dipahami. (5) Hal yang demikian itu, semoga menjadi perhatian semua peneliti dalam melakukan sebuah penelitian agar hasilnya sempurna dan akurat.

1. Yang tidak padu pada paragraf tersebut adalah kalimat bernomor ….

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

E. (5)

Jawaban: B

2. Yang berupa fakta pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor ….

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

E. (5)

Jawaban: C

Cermati kutipan tajuk rencana berikut untuk menjawab soal nomor 3- 5!

Di Mentawai, Sumatera Barat, lain lagi yang terjadi. Kepulauan ini memiliki ombak terbaik untuk berselancar. Di dunia ini hanya ada tiga tempat yang memiliki barrel ombak berbentuk terowongan yang dapat ditemui sepanjang waktu: Hawaii, Haiti, dan Mentawai. Namun, pemerintah daerah tidak berdaya. Di sana Resor tumbuh menjamur, tetapi kontribusi mereka kepada pusat seharusnya bisa menaikkan jumlah wisatawan asing yang datang ke negeri ini sehingga perekonomian masyarakat setempat terbantu.

3. Opini penulis yang sesuai dengan isi tajuk rencana tersebut adalah …

A. Ternyata banyak tempat wisatawan yang perlu dibangun di tanah air ini dan harus dilestarikan keindahannya oleh masyarakat setempat dan dibantu oleh berbagai pihak.

B. Tidak selalu dibebankan semuanya kepada pemerintah untuk membangun suatu daerah karena keterbatasan tenaga dan biaya yang tersedia, termasuk mempromosikan objek wisata.

C. Kepedulian pemerintah sangat diharapkan untuk mempromosikan tempat wisata yang belum begitu banyak dikenal agar objek wisata dikenal dan wisatawan banyak berkunjung.

D. Banyaknya tempat wisata yang indah dan menarik di tanah air seharusnya menjadi daya tarik wisatawan dalam negeri (lokal) daripada terdapat objek di luar negeri.

E. Pengelola objek wisata pada suatu daerah, seharusnya dapat meningkatkan daya tarik pengunjung dengan membangun fasilitas yang memadai bagi pengunjung.

Jawaban: C

4. Pihak yang dituju dalam isi opini penulis pada tajuk rencana tersebut adalah ....

A. Masyarakat setempat

B. Pengelola wisata

C. Wisatawan mancanegara

D. Wisatawan lokal

E. Pemerintah pusat

Jawaban: A

5. Keberpihakan penulis (editorial) dalam kutipan tersebut adalah ....

A. Pemerintah pusat

B. Masyarakat setempat

C. Pengelola wisata

D. Wisatawan mancanegara

E. Wisatawan lokal

Jawaban: B

Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 6-7!

Soekarno sebagai orang Indonesia telah memberi pengaruh besar terhadap perjalanan sejarah dunia. Oleh sebab itu, dia bisa disebut sebagai salah satu tokoh dunia. Ini yang membuat kita bangsa Indonesia sangat bangga memiliki pemimpin seperti dia.

6. Maksud kata acuan ‘ini’ pada kalimat ke-3 paragraf tersebut adalah ….

A. Sebagai salah satu tokoh dunia

B. Soekarno, Presiden Republik Indonesia

C. Perjalanan sejarah dunia

D. Seorang pemimpin bangsa Indonesia

E. Sebagai orang Indonesia

Jawaban: A

7. Inti kalimat yang tercetak miring pada paragraf tersebut adalah ….

A. Soekarno, sebagai orang Indonesia

B. Orang Indonesia, telah memberi pengaruh

C. Soekarno memberi pengaruh terhadap sejarah

D. Memberi pengaruh besar terhadap perjalanan

E. Terhadap perjalanan sejarah dunia

Jawaban: C

Cermati paragraf berikut untuk soal nomor 8 dan 9!

(1) Kejadian dalam peristiwa sejarah dianggap sebagai proses atau dinamika dalam suatu konteks historis bukan hanya sekadar peristiwa yang terjadi pada masa lampau. (2) Sejarah termasuk ilmu empiris karena sejarah sangat bergantung pada pengalaman manusia, kerap dimasukkan ke dalam ilmu kemanusiaan, dan berbeda dengan antropologi atau sosiologi. (3) Sejarah membicarakan manusia dari segi waktu, seperti perkembangan masyarakat dari satu bentuk ke bentuk lainnya. (4) Diungkapkan pula kesinambungan yang terjadi dalam suatu masyarakat, pengulangan peristiwa yang terjadi pada masa lampau, dan perubahan yang terjadi dalam masyarakat. (5) Berbagai nilai dan kearifan yang terdapat dalam sebuah peristiwa sejarah itu merupakan sumber kekayaan yang dapat diserap dan diterapkan dalam mempersiapkan masa depan generasi muda.

8. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor ....

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

E. (5)

Jawaban: A

9. Makna istilah empiris yang tercetak miring pada kalimat nomor (2) dalam paragraf tersebut adalah ....

A. Perbuatan seseorang

B. Berdasarkan pengalaman

C. Dasar pemantauan

D. Kejadian penting

E. Melakukan penelitian

Jawaban: B

Cermati teks berikut!

Kualitas pendidikan di Indonesia masih sangat memprihatinkan. Hal tersebut tercermin, antara lain, dari hasil studi kemampuan membaca untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) yang dilaksanakan oleh organisasi Internasional Education Achievement (IEA) yang menunjukkan bahwa siswa SD di Indonesia berada pada urutan ke-38 dari 39 negara peserta studi. Sementara untuk tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), studi untuk kemampuan matematikasiswa SMP sederajat di Indonesia hanya berada pada urutan ke-39 dari 42 negara dan untuk kemampuan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) hanya berada di urutan ke-40 dari 42 negara peserta.

10. Ide pokok dari paragraf tersebut adalah ….

A. Kemampuan membaca

B. Kemampuan matematika

C. Kualitas pendidikan

D. Kemampuan IPA

E. Kualitas membaca

Jawaban: C

11. Cermati teks berikut!

(1) Pada sebuah cerita ulang biografi, partisipannya adalah manusia yang terlibat pada peristiwa tertentu dalam sejarah. (2) Penganalisaan fakta perlu dicek kembali. (3) Si penulis akan mencatat peristiwa tersebut secara kronologis. (4) Kesistematisan peristiwa dalam penulisan harus diperhatikan. (5) Penggunaan kaidah bahasa dalam penulisan harus cermat pula.

Kesalahan penggunaan kata pada paragraf tersebut adalah ….

A. Partisipan pada kalimat (1) salah, seharusnya partisipasi

B. Penganalisaan pada kalimat (2) seharusnya penganalisisan

C. Kronologis pada kalimat (3) seharusnya kronologi

D. Kesistematisan pada kalimat (4) seharusnya kesistematisan

E. Kaidah pada kalimat (5) seharusnya kaidah

Jawaban: B

Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 12 dan 13!

(1) Isi buku tersebut menjelaskan cara mendidik anak dalam rumah tangga. (2) Menurut saya, pola yang diterapkan dalam rumah tangga sangat memengaruhi perkembangan anak, sekalipun dengan cara primitif, otoriter, atau demokratis. (3) Perhatian orang tua terhadap anak sangat diperlukan. (4) Orang tua harus bisa menjadi teladan, komunikasi orang tua dan anak memiliki dampak terhadap perkembangan dan pola pendidikan juga harus memperhatikan tahap perkembangan anak. (5) Perkembangan anak tidak boleh lepas dari pantauan orang tua.

12. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor …

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

E. (5)

Jawaban: A

13. Makna istilah primitif pada paragraf tersebut adalah ….

A. Pelan

B. Cepat

C. Kuno

D. Maju

E. Tegas

Jawaban: C

Perhatikan paragraf rumpang berikut!

Puncak Jayawijaya atau di dunia dengan nama Piramida Carstenz memiliki suhu hingga nol derajat celcius, bahkan bisa minus pada kondisi-kondisi tertentu. Di puncak Jayawijaya oksigen ....didapatkan. Puncak Jayawijaya merupakan tujuan trekking yang ....karena memiliki medan terjal dan berbahaya. Namun, itu semua akan terbayarkan dengan pemandangan alam yang disuguhkan oleh gunung tersebut. Keindahan pemandangan menjadi kebanggaan tersendiri bagi para trakker jika bisa sampai di Piramida Carstensz.

14. Frasa tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ....

A. Tidak sulit, kurang menantang

B. Tidak sulit, lebih menantang

C. Sangat sulit, sangat menantang

D. Sangat sulit, tidak menantang

E. Lebih sulit, sangat menantang

Jawaban: C

Cermati penggunaan tanda baca pada kalimat dalam paragraf berikut!

(1) Keterlibatan Nelson Mandela dalam politik dimulai, saat dia keluar dari sekolah College of Fort hare. (2) Namun selama bertahun-tahun, dia menyaksikan bagaimana politik apartheid sangat tidak manusiawi. (3) Keterlibatan inilah, yang kemudian menentukan jalan panjang yang harus dia tempuhnya. (4) Dia, memperjuangkan persamaan hak bagi mayoritas orang kulit hitam di Afrika Selatan. (5) Harapan Mandela untuk berhasil, sangatlahkecil karena selama berabad-abad pemerintah kolonial telah mengonsentrasikan semua kekuasaan politik dan militer.

15. Penggunaan tanda baca koma (,) yang salah dengan alasan perbaikan yang tepat adalah ....

A. Pada kalimat bernomor (1) salah, seharusnya tanda koma dibuang karena sudah terdapat konjungsi saat sebagai pernyataan anak kalimat keterangan waktu

B. Pada kalimat bernomor (2) salah, seharusnya tanda koma digunakan setelah kata namun karena penanda konjungsi antar paragraf

C. Pada kalimat bernomor (3) salah, seharusnya tanda koma sesudah kata inilah tidak diperlukan karena tidak ada fungsinya

D. Pada kalimat bernomor (4) salah, seharusnya tanda koma sesudah kata dia tidak diperlukan karena tidak ada fungsinya

E. Pada kalimat bernomor (5) salah, seharusnya tanda koma dipindahkan setelah konjungsi karena. Karena sudah terdapat konjungsi karena sebagai penyataan anak kalimat keterangan sebab

Jawaban: B

16. Cermati penggunaan tanda baca pada deretan kalimat berikut!

(1) Pada Agustus 1943, kapal yang dipimpinnya dihantam destroyer Jepang.

(2) Kapal terbelah dua, dan dua belas orang awaknya tewas.

(3) JFK, beberapa kru, dan awak kapal yang selamat.

(4) Namun, bantuan tidak kunjung datang sehingga mereka harus berenang.

(5) JFK melakukan tindakan heroik, menyelamatkan jiwa seorang kru yang terluka.

(6) Dia dan krunya akhirnya selamat, setelah ditemukan oleh penduduk asli.

Penggunaan tanda baca yang tepat terdapat pada kalimat bernomor ….

A. (1) dan (2)

B. (2) dan (3)

C. (3) dan (4)

D. (4) dan (5)

E. (5) dan (6)

Jawaban: C

Cermati penulisan judul berikut!

Saya telah membaca buku sistem gotong royong dalam masyarakat pedesaan daerah istimewa Yogyakarta. Isi buku itu untuk salah satu sumber karya ilmiah saya yang sedang saya tulis.

17. Perbaikan penulisan judul buku tersebut adalah ....

A. Sistem gotong royong dalam masyarakat pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta

B. Sistem Gotong Royong dalam Masyarakat Pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta

C. Sistem Gotong Royong Dalam Masyarakat Pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta

D. Sistem gotong Royong dalam masyarakat Pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta

E. Sistem Gotong Royong dalam masyarakat pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta

Jawaban: B

Cermati paragraf berikut!

Pada 17 Agustus 1945, tidak lama setelah Jepang takluk pada Sekutu, atas desakan para aktivis pemuda yang sempat menculik Soekarno ke Rengasdengklok, Soekarno dan Hatta ... Kemerdekaan Indonesia. Sehari kemudian Soekarno-Hatta diangkat menjadi presiden dan wakil presiden pertama Indonesia.

18. Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah

A. Memproklamasikan

B. Memproklamatorkan

C. Pemproklamasian

D. Pemproklamiran

E. Pemproklamatoran

Jawaban: A

Cermati penggunaan konjungsi (kata penghubung) dalam paragraf berikut!

Di negara sedang berkembang, indeks tingkat kemiskinan yang didefinisikan sebagai proporsi masyarakat dengan pendapatan kurang dari US$ 1 per hari berdasarkan harga prioritas daya beli menurun 28,3% pada tahun 1987 menjadi 24% pada tahun 1998. Dan penurunan angka kemiskinan tidak dapat mengimbangi laju pertumbuhan penduduk, banyak kaum miskin di negara berkembang meningkat sekitar 160 juta antara tahun 1987 dan 1998. Begitu pula pada akhir abad ke dua puluh masalah kemiskinan meningkat pada banyak negara, terutama di Asia Tenggara yang secara langsung berpengaruh pada krisis finansial 1997.

19. Perbaikan kata konjungsi yang bercetak miring pada kalimat ke-2 paragraf tersebut adalah ….

A. Bahwa

B. Walau

C. Sehingga

D. Karena

E. Bahkan

Jawaban: C

Cermati deretan kalimat berikut!

Cara Membuat Tape Singkong

(1). Kukus singkong hingga matang, tetapi jangan sampai terlalu lembek, angkat singkong (jangan disentuh karena mengganggu fermentasi).

(2). Kupas dan bersihkan singkong, potong dengan ukuran panjang kira-kira 10-15 cm dan cuci sampai bersih.

(3). Tutup rapat singkong yang sudah ditaburi ragi dengan menggunakan daun pisang, dan tutup kembali menggunakan penutup wadah agar tidak terbuka.

(4). Sediakan wadah yang agak dalam seperti baskom, toples yang agak besar , atau bakul dan alasi dengan menggunakan daun singkong pada bagian dasar serta pinggirannya.

(5). Diamkan selama minimal 2 hari 2 malam, dan setelah itu cek tape dengan menggunakan garpu dan sudah bertekstur lembut , serta mudah ditusuk dengan garpu, berarti tape singkong sudah jadi.

(6). Susun singkong untuk lapisan pertama dengan menggunakan garpu untuk menatanya, taburkan sebagian bubuk ragi, susun lagi singkong untuk lapisan kedua, taburkan lagi ragi, dan seterusnya.

20. Urutan kalimat tersebut yang tepat sehingga menjadi sebuah paragraf prosedur adalah ….

A. (1), (2), (5), (6), (3), dan (4)

B. (2), (1), (4), (6), (3), dan (5)

C. (3), (1), (4), (2), (6), dan (5)

D. (4), (3), (2), (1), (5), dan (6)

E. (5), (2), (4), (3), (1), dan (6)

Jawaban: B

Cermati kutipan teks cerita berikut untuk menjawab soal nomor 21 – 24!

”Ayo kita ke pasar,” kata Ibu Nur.”Kami mau beli kembang, untuk nyekar.”

Kami tinggalkan warung di tepi sungai itu.Becak membawa kami ke pasar.Ibunya Nur membeli dua keranjang bunga rampai dan kami terus ke makam.

Di pemakaman itu kami sulit mencari dua makam ayah dan anaknya, suami dan mertuanya.Kucabut rimbunan semak menyiangi makam.Akhirnya kutemukan makam yang kami cari, R. Soedjatmiko, wafat 31 Agustus 1973.Kutabur bunga rampai. Kusentuh nisan yang bertulis namanya dan kupegang erat pusaranya.

”Maafkan aku Papi… Kutanggalkan ikatan lima ikat rambutan itu, kucampur dengan daun segarnya, kubungkus dengan taplak meja rumah tempat aku kos. Aku tak punya kebun dan pohon rambutan Papi… Maafkan aku membohongimu,” bisikku pelan supaya tidak didengar yang lain.

Wangi bunga rampai semerbak diterbangkan angin mengiring kami keluar dari pemakaman itu meninggalkannya.…

Nyekar, oleh Hamsad Rangkuti

21. Pendeskripsian watak tokoh aku seorang yang pembohong adalah melalui ....

A. Dialog tokoh

B. Pikiran-pikiran tokoh

C. Penjelasan pengarang

D. Lingkungan tokoh

E. Tanggapan tokoh lain

Jawaban: A

22. Pembuktian bahwa latar dalam cerpen tersebut di pemakaman adalah ....

A. Nyekar, kembang, tabur, rambutan

B. Keranjang bunga, makam, pohon, nyekar

C. Keranjang, pusara, bunga rampai, pohon

D. Pohon, daun segar, bungkusan, rambutan

E. Nyekar, nisan, pusara, bunga rampai

Jawaban: E

23. Hal yang terdapat dalam kutipan novel yang masih ditemukan dalam kehidupan saat ini adalah ….

A. Berbecak

B. Berwarung

C. Nyekar

D. Bernisan

E. Mengubur

Jawaban: C

24. Amanat yang terdapat pada kutipan tersebut adalah ...

A. Sebelum melakukan kebohongan, pikirkanlah agar tidak timbul penyesalan kelaknya.

B. Demi kebaikan, sering berbohong tidak menjadi masalah atau diperbolehkan.

C. Kepada orang tua tidak masalah berbohong karena mudah untuk meminta maaf.

D. Akuilah kebohongan apa saja yang pernah dilakukan saat berada di kuburan orang tua.

E. Berusahalah menutupi kebohongan yang telah dilakukan, terutama kepada anggota keluarga.

Jawaban: A

25. Cermatilah paragraf berikut!

Yah, bukan tugas orang tua untuk menguliahi anak-anak yang sudah dewasa dan menikah.Yuliani dan suaminya hanya dapat berdoa dan menyerahkan perjalanan hidup anak-anaknya kepada kemahaarifan Tuhan. Tugas orang tua tidak berbeda dari apa yang dikerjakan Allah yang Mahabijaksana: member iklim, member syarat-syarat kehidupan, dan selanjutnya merestui kemerdekaan mereka. Ah, mungkin kebajikan ikhlas manusia di usia senja ialah sumarah, percaya bahwa Tuhan jauh lebih menjaga dan menuntun anak daripada orang tuanya.

Nilai agama dalam kutipan novel tersebut adalah ....

A. Orang tua sangat bertanggung jawab kepada anaknya

B. Ikhlas dalam menghadapi cobaan

C. Menyerahkan segala-galanya kepada Tuhan

D. Bukan tugas orang tua menyekolahkan anak

E. Peribadatan yang dilakukan keluarganya

Jawaban: B

Cermatilah paragraf berikut!

Kegiatan perpisahan di SMA Wawasan berlangsung haru. Setelah kepala sekolah menyampaikan sambutan pelepasan, semua undangan baik orangtua maupun murid tampak ... . Mereka terharu mendengar nasihat yang disampai kepala sekolah.Kemudian, acara dilanjutkan dengan ... Antarsiswa dan guru.Beberapa guru tampak ... Rambut para siswa sebagai tanda kasih sayang.Para orangtua tampak bahagia melihat kejadian tersebut.

26. Kata ulang berimbuhan yang tepat untuk kalimat tersebut adalah ....

A. Kaca-mengaca, salam-salaman, mengelus-elus

B. Kaca-berkaca, salam-salaman, mengelus-mengelus

C. Kaca-berkaca, salam-bersalam, elus-mengelus

D. Berkaca-kaca, bersalam-salaman, mengelus-elus

E. Berkaca-berkaca, bersalam-bersalam, mengelus-elus

Jawaban: D

Cermati data buku berikut!

Ulasan buku karya sastragraha ini tidak mendalam dan tidak teliti karena desakan waktu yang disediakan kepada penulisnya.Buku ini merupakan catatan kesan-kesan pertama seorang pembaca.

27. Kalimat resensi yang menyatakan kelemahan buku adalah …

A. Penulis buku tidak teliti dan tidak mendalam mengulas masalah.

B. Membaca, menikmati, dan menghayati cerpen Sastragraha tidak sulit.

C. Buku tersebut disusun karena desakan penerbit.

D. Pengarang menceritakan secara mendetail cerpennya.

E. Pengarang dengan leluasa mengungkapkan kesan pertamanya.

Jawaban: A

Kutipan novel berikut untuk soal nomor 28 dan 29. Bacalah dengan cermat!

(1) Belum habis katanya, ia sudah menyimpang mendekati kembang setahun itu. (2) Sambil menunjuk membelai-belai bunga yang segar-segar itu, ia berkata, “Bagaimana engaku tersesat di tengah-tengah rimba ini? Siapakah yang menanammu di sini?” (3) Yusuf datang mendekat pula “Tentulah ada orang membawa kembang setahun kemari, terjatuh atau dibuangkannya di sini setangkai yang sudah tua.” (4) “Bagus benar, bagus benar,” ujar Maria, tiada memperdulikan kata Yusuf, belum puas rupanya mengucapkan kekagumannya melihat kembang itu. (5) “Kalau kita di Jakarta, tentu saya cabut sekaliannya akan ditanam di rumah.” (6) “Tidak usah engkau cabut, ambil saja kembangnya yang tua. Cukuplah itu ditanami!”

(Layar Terkembang)

28. Pendeskripsian watak tokoh Yusuf sebagai orang yang tidak peduli dalam lingkungan sesuai kutipan adalah ....

A. Gambaran fisik tokoh

B. Jalan pikiran tokoh

C. Perilaku tokoh

D. Dialog antartokoh

E. Pendapat tokoh lain

Jawaban: D

29. Pembuktian latar tempat di hutan dalam kutipan tersebut terdapat pada nomor ....

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

E. (5)

Jawaban: B

Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama untuk menjawab pertanyaan nomor 30!

Teror di pagi buta itu berwujud tas jinjing – sebuah barang yang pernah ditemuinya di gerai khusus di Canton Road, Tsim Sha Tsui, Hongkong. Tas itu dibandrol dengan harga ribuan dolar. Bukan harga itu yang membuatnya jatuh hati.Itu cukup mahal untuk ukuran kantongnya. Tapi karena ia begitu khas, dengan pola tartan, dan warna dasar yang hampir selalu bernuansa khaki – paduan yang dianggapnya paling mewakili sosoknya.

Saat itu, ia ingat, musim dingin baru saja lewat. Ia tengah didera bimbang, mematut-matut tas koleksi terbaru musim semi itu, ketika mendengar suara rendah. “Kamu sudah bekerja keras, sayang.Dan jika suka, kamu berhak memilikinya.”Suara lunak tapi tegas. Ketika ia menoleh, ia menemukan sepasang mata penuh dukungan. Mata yang menentramkan.Diam-diam, hatinya bersorak. Mereka memang pernah menyepakati satu hal: boleh membeli barang yang diinginkan untuk merayakan keberhasilan. Tak terkecuali barang mewah.(Tas Jinjing, Ong hari Wahyu)

30. Keterkaitan watak tokoh ia pada penggalan cerpen tersebut dengan kehidupan sehari-hari adalah...

A. Seseorang yang suka mengoleksi barang antik.

B. Hidup seseorang yang suka berfoya-foya.

C. Wanita umumnya mengutamakan penampilan.

D. Suka dipuji-puji dan disanjung-sanjung.

E. Menjaga gengsi dengan kemewahan.

Jawaban: B

Baca juga artikel terkait CONTOH SOAL UAS atau tulisan lainnya dari Nurul Azizah

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Nurul Azizah
Penulis: Nurul Azizah
Editor: Yulaika Ramadhani