Menuju konten utama
Soal Olimpiade OSN IPA SMP

Contoh Soal OSN IPA SMP 2023 beserta Jawaban dan Link Download

Kumpulan contoh soal olimpiade OSN 2023 bidang IPA untuk jenjang SMP beserta jawaban dan link download.

Contoh Soal OSN IPA SMP 2023 beserta Jawaban dan Link Download
Ilustrasi ujian OSN. foto/Istockphoto

tirto.id - Contoh soal OSN 2023 dibutuhkan oleh peserta yang akan mengikuti olimpiade sains nasional ini sebagai bahan belajar dan latihan. Kumpulan soal OSN bidang IPA di bawah ini akan disajikan beserta jawaban dan pembahasannya.

Seleksi OSN SMP 2023 tingkat kabupaten akan dilaksanakan pada 16-17 Mei 2023. Tahapan OSN tingkat Kabupaten ini digelar secara daring di masing-masing sekolah, sesuai ketetapan pihak penyelenggara.

Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan salah satu wujud dari implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggara Pendidikan.

Berdasarkan buku Pedoman OSN untuk SMP tahun 2023, salah satu tujuan pelaksanaan OSN 2023 tingkat SMP adalah mengidentifikasi talenta di bidang sains melalui pendekatan kompetisi. Lomba di bidang sains ini telah diselenggarakan selama lebih kurang dua dekade.

Merujuk pada buku Pedoman Olimpiade Sains Nasional SMP 2023, cabang yang dilombakan dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP Tahun 2023 adalah IPA, IPS, dan Matematika.

Contoh soal dan materi lengkap OSN SMP 2023 dapat di-download melalui tautan di bawah ini:

Contoh soal dan materi OSN SMP 2023

Contoh Soal OSN IPA SMP 2023 dan Jawabannya

1. Burhan mengalami perbedaan pertumbuhan dari beberapa saudara kandungnya. Hal ini tidak biasa terjadi. Setelah melakukan cek ke dr Teguh Haryo Sasongko yang merupakan salah satu ahli genetika, ternyata burhan positif didiagnosis mengalami mutasi pertumbuhan berupa gigantisme. Hal ini biasa terjadi karena perubahan urutan gen pada saat translasi protein terjadi. Salah satu sekuen basa nitrogen ditunjukan sebagai berikut, bantu dokter untuk menemukan urutan mRNA yang seharusnya terbentuk jika salah satu sekuen DNA sebagai berikut:

Bagaimana urutan basa dikodekan pada mRNA....

3’ACAGTGC5’

a. TGTCACG

b. GUGACAU

c. UGUCACG

d. CACUGUA

Jawaban: C

2. Rusdi diajak seorang guru ke ruang bimbingan konseling karena habis berkelahi dengan teman sekelasnya. Tampak raut wajahnya yang lelah dan napasnya yang terengah-engah. Rusdi sulit berbicara karena respon tubuh yang meliputi detak jantung berdegup kencang ditambah lagi tekanan darah yang tinggi. Respon tubuh ini disebabkan oleh....

a. Sekresi insulin oleh pankreas

b. Sekresi tiroksin oleh kelenjar tiroid

c. Sekresi oksitosin oleh kelenjar pituitari

d. Sekresi adrenalin oleh kelenjar adrenal

Jawaban: D

3. Farhan merupakan salah satu anak yang alergi pada udang. Ketika itu dia memenangkan salah satu kejuaraan bergengsi KSM Nasional sekaligus mendapatkan medali perak. Semua orang senang menyambutnya, pada akhirnya farhan lengah saat mengajak seluruh temannya untuk makan bersama merayakan kemenangannya tersebut. Farhan makan dengan lahapnya sampai tidak sadar kalau dia sudah memakan 5 ekor udang utuh. Seketika seluruh kulitnya mengalami ruam. Dari kasus tersebut apa bahaya terbesar bagi pasien yang mengalami kerusakan pada organ kulitnya....

a. Kehilangan banyak produksi minyak di kulit

b. Kontraksi otot yang berlebihan di daerah yang mengalami kerusakan

c. Infeksi pada jaringan yang terkena alergi

d. Jaringan yang rusak memasuki aliran darah

Jawaban: C

4. Nofal sedang asik melakukan rutinitasnya seperti biasa, yaitu clubbing. Kala itu waktu sudah larut dan langit terlihat gelap. Nofal berjalan dalam keadaan mabuk. Seketika datang seorang pria bernama Reynhard mengulurkan bantuan padanya. Reynhard yang begitu mengagumi sosok nofal akhirnya tidak mampu menahan diri. Nofal diberikan segelas air putih yang sudah diisi oleh obat tidur. Saat itulah reynhard meluncurkan aksinya. Saat terbangun dari lelapnya nofal merasa sakit pada bagian pinggang dan pundak, saat dicek terlihat bercak darah pada pakaian dalamnya. Nofal mengabaikan keadaan tersebut. Tiga tahun kemudian nofal mengalami keluhan, saat diperiksa ternyata positif terjangkit double disease yaitu HIV sekaligus pneumonia. Orang dengan HIV kadang-kadang tertular infeksi pneumonia yang sebenarnya jarang terjadi dalam suatu populasi, hal ini bisa terjadi karena orang dengan HIV....

a. Tidak mampu melawan organisme penyebab pneumonia

b. Lebih sering terpapar organisme penyebab pneumonia

c. Melepaskan hormon feromon yang menarik organisme penyebab pneumonia

d. Melepaskan zat yang dapat meningkatkan kekuatan organisme penyebab pneumonia

Jawaban: A

5. Abdilah ingin bergabung ke dalam bagian kemiliteran. Saat hendak tes masuk tentara, abdilah diharuskan melewati berapa proper tes. Salah satunya tes kesehatan tahap awal. Tes ini banyak melibatkan beberapa uji fisik, salah satunya dengan memukul bagian tempurung lutut dengan harapan apakah kaki bagian bawahnya akan bergerak. Yang kedua dengan mengayunkan bagian tangan ke depan wajahnya, untuk melihat apakah matanya berkedip atau tidak. Hal tersebut merupakan contoh dari....

a. Respon tubuh yang telah dipelajari

b. Ingatan jangka pendek yang dimiliki abdilah

c. Gerak refleks yang sistematis

d. Saraf sensorik yang berlebihan

Jawaban: C

Kerjakan soal no 6-9 berdasarkan wacana di bawah ini!

Rashiqa adalah anak yang cekatan di kelasnya. Sejak duduk di bangku SMA, ia sudah tertarik dengan dunia tumbuhan dan hewan. Melihat antusiasnya tersebut para guru mengarahkan agar ia mengambil jurusan biologi murni atau terapan. Menurut para guru, Universitas Botani POSI sangat layak menjadi pilihannya. Setelah tamat kuliah ia bertemu dunia kerja yang benar-benar berhubungan langsung dengan buah dan tanaman bibit unggul. Hingga sekarang, ia masih menekuni dunia pekerjaannya sesuai sarjana yang ia tamatkan.

Dari wacana tersebut, bantu rashiqa menjawab hal-hal berikut. Asumsikan kemungkinan yang terjadi dari pertanyaan yang diajukan oleh dosen berikut ini:

6. Apa yang dimaksud dengan ilmu biologi?

a. Ilmu yang mempelajari fisik suatu objek

b. Berkenaan dengan zat-zat kimia dan komposisi tubuh

c. Ilmu yang membahas tentang kehidupan makhluk hidup termasuk tumbuhan, hewan, dan

manusia

d. Ilmu alam yang mengkaji unsur pembentuk alam semesta dan gaya yang bekerja di dalamnya

Jawaban: C

7. Mengapa ilmu fisiologi termasuk ke dalam biologi murni?

a. Berhubungan erat dengan penerapan sistem kehidupan yang terlibat dalam fungsi kegiatan tubuh makhluk hidup

b. Melibatkan macam kaidah kehidupan

c. Mengarahkan bagaimana struktur tubuh dapat terbentuk

d. Mempelajari perbedaan bentuk luar tubuh dari masing-masing organisme

Jawaban: A

8. Mengapa pekerjaan yang dilakukan rashiqa termasuk ke dalam cabang biologi terapan?

a. Mendalami pengetahuan tentang penyakit

b. Dapat diaplikasikan dalam menangani makhluk hidup secara implisit

c. Bergelut dalam dunia praktek lapangan

d. Berkaitan dengan objek penelitian biologi

Jawaban: B

9. Apa kesimpulan yang mungkin dapat dianalisis dari cabang biologi murni terhadap keberhasilan Rashiqa, kecuali?

a. Menjadi ahli zoology

b. Membuat penemuan-penemuan baru dalam menciptakan produk unggul

c. Menjadi ahli tumbuhan di bidangnya

d. Menjadi ahli genetika persilangan

Jawaban: A

10. Bagian organ mana pada tumbuhan yang mengandung leukoplas....

a. Batang

b. Akar

c. Bunga

d. Ranting

Jawaban: B

11. Pernyataan yang tepat tentang nukleus adalah

i. Terletak di tengah sel hidup

ii. Mengatur pembelahan sel

iii. Mengandung DNA kromosom

Manakah yang benar dari yang berikut ini....

a. I saja

b. I dan III

c. II dan III

d. II saja

Jawaban: C

12. Dengan cara apa organ yang diberi label A membantu organisme untuk tetap hidup....

i. Menghasilkan makanan

ii. Melakukan respirasi

iii. Melakukan osmosis

Manakah di bawah ini yang benar....

a. I saja

b. I dan II

c. II saja

d. I, II, dan III

Jawaban: A

13. Sebutkan nama organel yang diberi label D....

a. Kloroplas

b. RE kasar

c. RE halus

d. Mitokondria

Jawaban: D

14. Tuliskan dua perbedaan antara label A dan B....

a. Kehadiran ribosom

b. Kehadiran lisosom

c. Kehadiran vesikel

d. Kehadiran badan mikro

Jawaban: A

15. Jika label E dihapuskan maka gambar tersebut menjadi bentuk dari sel....

a. Sel tumbuhan

b. Sel Protista

c. Sel jamur

d. Sel hewan

Jawaban: D

16. Organ yang ditunjukkan label C dalam kehidupan sel berfungsi dalam....

a. Membuat makanan

b. Organisme heterotrof

c. Menghasilkan enzim intraseluler

d. Modifikasi protein

Jawaban: A

17. Pada tahap mana nukleus memperbesar ukurannya....

a. Telofase

b. Anaphase

c. Metaphase

d. Profase

Jawaban: A

18. Dengan proses mitosis, kehidupan organisme baru biasanya dapat:

i. Mengatur penyebaran jumlah keseimbangan kromosom

ii. Mengatur keseimbangan sifat

iii. Menghasilkan gamet yang haploid

Manakah pernyataan di bawah ini yang tepat....

a. II dan III

b. I, II, dan III

c. I dan II

d. I dan III

Jawaban: C

19. Proses pembelahan sel pada akar tumbuhan terjadi secara....

a. Mitosis

b. Meiosis

c. Metafase

d. Anafase

Jawaban: A

20. Apa kemungkinan konsekuensi yang terjadi pada sel tumbuhan jika pada tahap ke-2 fase di atas tidak

terkendali....

a. Mengalami kanker

b. Pertumbuhan yang lambat dari biasanya

c. Tumbuh bagian yang tidak seharusnya

d. Tumbuhan menjadi sangat subur

Jawaban: A

Baca juga artikel terkait OSN 2023 atau tulisan lainnya dari Sulthoni

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Sulthoni
Penulis: Sulthoni
Editor: Fadli Nasrudin