tirto.id - Contoh soal observasi PPPK Guru berikut ini tersedia dalam beberapa pertanyaan pilihan ganda. Ada juga tautan atau link unduh soal observasi PPPK Guru PDF yang memuat contoh pertanyaan lebih banyak.
Soal observasi PPPK Guru termasuk bagian dari materi tes PPPK Jabatan Fungsional Guru. Materi soal observasi PPPK Guru menguji kemampuan peserta seleksi dalam menjalankan proses pembelajaran di kelas.
Maka itu, isi soal observasi PPPK Guru kemungkinan akan berhubungan dengan cara seorang pengajar bersikap dan menangani situasi dalam kelasnya, termasuk soal observasi diri sendiri PPPK guru
Materi SJT Observasi Diri PPPK Guru
Seleksi PPPK Guru diprioritaskan bagi guru honorer kategori P1 (sudah ikut seleksi PPPK dan punya nilai lolos passing grade), P2 (guru honorer K2), P3 (guru honorer negeri dengan pengabdian 3 tahun atau lebih), serta P4 (guru honorer lulus PPG dengan masa pengabdian di bawah 3 tahun dan tercatat di dapodik).
Jadi, tes PPPK Guru akan diikuti oleh pelamar dari kategori guru honorer P2, P3, dan P4. Namun, ada perbedaan materi soal tes PPPK Guru untuk pelamar P2, P3, dan P4.
Khusus bagi para pelamar PPPK Guru kategori P2 dan P3 akan menjalani tes yang menggunakan sistem Situational Judgement Test (SJT), selain juga soal-soal PPPK Guru observasi.
Materi soal SJT observasi PPPK Guru selama ini diujikan kepada peserta Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) jabatan fungsional guru. Tes SJT menggunakan sistem CAT atau Computer Assisted Test.
Isi materi tes SJT adalah soal pilihan ganda yang berkaitan dengan cara guru merenspons berbagai situasi, termasuk di kelas maupun lingkungan sekitar.
Adapun materi tes PPPK Guru bagi pelamar kategori P4 meliputi ujian CAT berkaitan dengan kompetensi teknis, manajerial, sosio kultural, dan tes wawancara. Khusus untuk pelamar bersertifikat pendidik, akan mendapat afirmasi kompetensi teknis 100 persen.
Kumpulan Soal Tes SJT Obserbasi Diri PPPK Guru dan Jawabannya
Berikut ini sejumlah contoh tes observasi PPPK Guru beserta jawabannya:
1. Sebagai guru, Anda diharapkan mampu mengelola kelas dengan efektif. Suatu ketika, Anda sebagai guru baru di sekolah dihadapkan dengan situasi kelas yang sangat tidak kondusif terlihat dari para peserta didik yang suka ngobrol sendiri saat pembelajaran berlangsung. Langkah yang Anda ambil dalam mengatasi situasi tersebut adalah ...
A. Membuat kontrak pembelajaran bersama peserta didik
B. Mencari metode pembelajaran yang tepat untuk tiap-tiap kelas
C. Memberi tugas tambahan kepada peserta didik yang mengobrol sendiri
D. Menegur secara lisan peserta didik yang ngobrol sendiri
Jawaban: B
2. Berdasarkan hasil evaluasi yang diisi oleh peserta didik, banyak yang mengeluhkan sikap Anda dalam mengajar, yaitu terlalu sering memberikan tugas kepada peserta didik. Meskipun begitu, banyak pula peserta didik yang lebih memahami materi setelah mengerjakan tugas yang Anda berikan. Hal yang sebaiknya Anda lakukan setelah mengetahui hasil evaluasi tersebut adalah ...
A. Membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait pembelajaran dan resiko terdepan
B. Tetap memberikan tugas banyak kepada peserta didik sesuai prinsip Anda
C. Mencoba mengurangi tugas yang diberikan dengan sering melakukan latihan soal di kelas
D. Meniadakan pemberian tugas yang dianggap membebani peserta didik.
Jawaban: C
3. Salah satu kunci keberhasilan tujuan pembelajaran dapat dilihat dari manajemen kelas yang dilakukan oleh guru. Salah satu kelas yang Anda mampu memiliki karakter peserta didik yang suka datang terlambat. Berbagai upaya Anda lakukan namun masih saja ada beberapa peserta didik datang terlambat di dalam kelas. Upaya yang Anda lakukan adalah ...
A. Membuat kesepakatan bersama peserta didik dan menempelnya pada papan bulletin dalam kelas
B. Meminta ketua kelas untuk mengoordinasi ketertiban kelas agar tidak ada yang dating terlambat
C. Memberikan konsekuensi pada peserta didik yang masih datang terlambat di dalam kelas
D. Tidak bosan untuk mengingatkan peserta didik untuk datang tepat waktu di kelas Anda
Jawaban: A
4. Anda adalah seorang wali kelas. Suatu hari peserta didik mengeluhkan cara pengajaran salah satu guru senior. Guru tersebut sering memberi tugas namun jarang menjelaskan penyelesaian soal kepada peserta didik. Hal yang sebaiknya Anda lakukan sebagai wali kelas adalah ....
A. Meminta peserta didik agar memahami pola pengajaran yang dilakukan guru tersebut
B. Mengkritisi secara langsung cara mengajar guru tersebut meskipun senior Anda
C. Mengomunikasikan permasalahn tersebut melalui kepala sekolah agar disampaikan kepada guru yang bersangkutan
D. Meminta peserta didik agar menyampaikannya secara langsung kepada guru yang bersangkutan
Jawaban: C
5. Pernyataan yang betul untuk tes formatif adalah...
A. Nilai maksimum adalah nilai jumlah adanya soal
B. Nilai minimum adalah sejumlah adanya soal
C. nilai maksimum butir soal benar adalah 1
D. Nilai minimum butir soal benar adalah 1
Jawaban: C
6. Langkah langkah menulis soal tes uraian sebagai berikut kecuali....
A. Melakukan analisis KI dan KD serta indikator
B. Mendefinisikan tujuan-tujuan pembelajaran dan lingkup bahan ajar yang mestinya diungkap.
C. menyusun kisi-kisi.
D. membuat atau menulis soal
Jawaban: A
7. Saat terjadi tindakan asusila di sekolah antara guru dan siswa, apa yang perlu Anda lakukan?
A. Membahas bersama pihak internal sekolah dan seger menemukan solusinya
B. Mendiskusikan peristiwa tersebut dengan melibatkan pihak – pihak yang berkepentingan
C. Memanggil guru dan siswa yang bertindak asusila disertai pemberian nasihat
D. Memberitahukan kejadian tersebut kepada pihak – pihak yang berkepentingan agar mendapat bantuan
Jawaban: A
8. Jika pada silabus terdapat diksi “memecahkan masalah sampah” hal itu terdapat pada komponen....
A. Materi pembelajaran
B. Kegiatan pembelajaran
C. Kompetensi Dasar
D. Indikator pencapaian kompetensi
Jawaban: C
9. Kumpulan tugas siswa yang akan dijadikan bahan untuk menyusun laporan hasil belajar kepada orang tua di sebut penilaian...
A. Jurnal
B. Portofolio
C. Raport
D. Produk
Jawaban: B
10. Siswa – siswi peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) dari sekolah Anda gagal meraih skor tinggi dalam uji coba OSN. Sebagai pendamping OSN, apa yang Anda lakukan?
A. Saya merencanakan, menyiapkan dan menyelenggarakan latihan lebih intensif bagi peserta didik untuk mengikuti OSN pada waktu berikutnya
B. Saya meminta para peserta OSN membentuk kelompok belajar materi OSN agar penguasaannya meningkat
C. Saya meminta alumni OSN untuk mengajari para peserta tentang cara menjawab soal OSN
D. Saya mendorong para peserta OSN mengikuti tambahan pengayaan materi olimpiade dan guru kelas
Jawaban: A
11. Guru mengadakan penilaian dengan mengacu pada kriteria yang telah ditetapkan dan mencakup berbagai aspek kompetensi, baik afektif, kognitif, dan psikomotorik. Hal itu adalah prinsip penilaian...
A. Beracuan kriteria dan menyeluruh
B. Beracuan kriteria dan Sistematis
C. akuntabel dan menyeluruh
D. objektif dan menyeluruh
Jawaban: A
12. Penilaian yang tepat untuk mengukur kemampuan siswa dalam membuat beragam jenis produk teknologi dan seni adalah....
A. Penilaian sikap
B. Penilaian produk
C. Penilaian praktik
D. Penilaian proyek
Jawaban: B
13. Perhatikan teknik-teknik penilaian berikut!
(1) Observasi
(2) Pertanyaan langsung
(3) Laporan tertulis
(4) Laporan diri
(5) Tes tertulis
Teknik penilaian sikap yang tepat adalah.....
A. 1, 2, 3
B. 1 , 3, 5
C. 1, 2, 4
D. 1, 2, 5
Jawaban: C
14. Ketika menyusun instrumen penilaian tertulis, guru harus memperhatikan berbagai hal sebagai berikut, kecuali.....
A. Materi
B. Bahasa
C. Relevansi
D. Kaidah penulisan
Jawaban: C
15. Seorang orang tua peserta didik, yaitu Pak Darto, mendatangi sekolah untuk klarifikasi terkait nilai anaknya yang tidak sesuai harapan. Anak Pak Darto terkenal sebagai siswa cerdas sejak kecil, tetapi nilainya kali ini justru rendah. Sambil marah, Darto mendatangi Dina yang menjadi guru wali kelas anaknya. Lalu, Dina sebagai wali kelas memperlihatkan semua data perolehan nilai dari siswa di kelasnya, termasuk anak Darto. Setelah melihat dengan mata kepala sendiri, barulah Pak Darto paham dan meminta maaf pada Dina.
Dengan demikian, guru yang bernama Dina itu telah menerapkan prinsip penilaian......
A. Terbuka
B. Akuntabel
C. Sistematis
D. Adil
Jawaban: B
16. Saat melakukan penilaian harian, guru membagi kelas ke dalam 2 kelompok. Kelompok pertama mengerjakan soal nomor 1- 10, sedangkan kelompok kedua mengerjakan nomor soal 11-20. Praktik seperti ini bertentangan dengan prinsip penilaian....
A. Adil
B. Obyektif
C. Terpadu
D. Terbuka
Jawaban: A
17. Peran satuan pendidikan dalam pelaksanaan literasi di sekolah adalah sebagai berikut, kecuali....
A. Melaksanakan kegiatan pembiasaan harian, mingguan, bulanan, semester, kegiatan rutin membaca 15 menit sebelum pembelajaran
B. Menyediakan ruang baca untuk peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan
C. Mendorong terbentuknya ruang baca outdoor yang nyaman
D. Melakukan analisis kebutuhan dan mengkaji isu isu yang terkait kemampuan literasi pendidik dan peserta didik.
Jawaban: D
18. Perilaku peserta didik yang dapat diukur untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran adalah.......
A. Kompetensi Inti
B. Standar kompetensi lulusan
C. Indikator
D. Standar Isi
Jawaban: C
19. Salah satu tahapan dalam siklus Penilaian Tindakan Kelas (PTK) adalah menyusun langkah yang akan dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang mungkin dihadapi pada saat pembelajaran dilaksanakan. Tahapan ini mencakup segala hal yang diperlukan pada pelaksanaan PTK, mulai dari materi ajar, rencana pengajaran, metode atau teknik mengajar, serta instrumen observasi. Tahapan ini adalah...
A. Planning
B. Actuating
C. Controling
D. Observing
Jawaban: A
20. Setiap guru akan menghadapi permasalahan di kelas saat pembelajaran. Maka dari itu sudah seharusnya setiap guru mampu memecahkan permasalahan pembelajaran yang terjadi di kelas. Salah satu cara paling tepat yang bisa dilakukan guru dalam menghadapi permasalahan dalam pembelajaran adalah....
A. Meminta solusi dari kepala sekolah
B. Mendatangkan konsultan pendidikan
C. Melakukan classroom action research
D. Menemui orang tua siswa
Jawaban: C
21. Contoh perilaku guru yang berwibawa dan adil dalam pembelajaran adalah......
A. Membuat tata tertib kelas bersama peserta didik
B. Mengusir peserta didik yang ramai di kelas
C. Menyerahkan peserta didik yang membolos ke guru BK
D. Memberi sanksi fisik yang tidak mencederai peserta didik
Jawaban: A
22. Cara membantu peserta didik SD yang suka terhadap hal baru dan praktis adalah......
A. Mengemas materi pembelajaran ke dalam topik-topik kecil
B. Mengganti buku cetak dengan buku elektronik
C. Menambah bacaan untuk peserta didik
D. Mengurangi jam pelajaran dan tatap muka
Jawaban: A
23. Berikut cara yang dapat dilakukan guru untuk membangun hubungan yang baik dengan peserta didik dan orang tua peserta didik. kecuali....
A. Memastikan semua peserta didik selalu bisa mengerjakan PR
B. Menjalin komunikasi yang baik dengan peserta didik dan orang tua peserta didik
C. Menghargai perbedaan dan keunikan setiap peserta didik
D. Menyediakan waktu untuk berinteraksi dengan peserta didik dan orang tua peserta didik
Jawaban: A
24. Sebagai guru mata pelajaran, Anda diharapkan mampu memberikan materi yang dapat dengan mudah dipahami peserta didik. Di sekolah, Anda dinilai sebagai guru yang kompeten mengajar. Namun, tahun ini, nilai peserta didik untuk mata pelajaran yang Anda ampu mengalami kemerosotan. Apa langkah yang Anda lakukan sebagai guru?
A. mengevaluasi pokok pembahasan yang diberikan kepada peserta didik apakah sesuai modul ajar atau belum
B. meminta peserta didik yang memiliki nilai tinggi untuk membantu temannya yang masih memiliki nilai rendah
C. menganggap hal tersebut bukan suatu masalah karena Anda sudah mengajar sesuai dengan prosedur
D. mengusulkan jam tambahan kepada pihak sekolah agar peserta didik dapat melakukan pendalaman materi
Jawaban: A
25. Berdasarkan hasil evaluasi yang diisi oleh peserta didik, banyak yang mengeluhkan sikap Anda dalam mengajar, yaitu terlalu sering memberikan tugas. Meskipun demikian, banyak pula peserta didik yang lebih memahami materi setelah mengerjakan tugas yang Anda berikan. Hal yang sebaiknya Anda lakukan adalah....
A. memperbanyak tugas agar peserta didik lebih memahami materi
B. memberikan tugas secara acak tanpa memperhatikan kemampuan peserta didik
C. memberikan tugas hanya pada peserta didik yang memiliki kemampuan tinggi
D. mengevaluasi kembali cara memberikan tugas dan memperbaikinya agar lebih efektif
Jawaban: D
Download Soal Observasi PPPK Guru PDF
Untuk melihat contoh soal secara lebih lengkap, Anda dapat mengakses tautan berikut:
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Addi M Idhom
Penyelaras: Dhita Koesno