Menuju konten utama

20 Contoh Soal Numerasi SMA ANBK 2024 dan Kunci Jawabannya

Contoh soal AKM numerasi SMA akan disajikan beserta jawabannya di artikel ini. Daftar soal berikut dapat menjadi bahan belajar siswa menjelang ujian.

20 Contoh Soal Numerasi SMA ANBK 2024 dan Kunci Jawabannya
Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun/am.

tirto.id - Setiap tahun, siswa sekolah akan mengikuti asesmen nasional berbasis komputer atau ANBK. Terdapat tiga instrumen yang diujikan, yaitu asesmen kompetensi minum atau AKM, survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

ABNK diikuti oleh siswa yang terpilih secara acak lintas jenjang, termasuk SMA. Jadwal ANBK 2024 untuk jenjang SMA digelar lebih dulu, yakni pada 19-22 Agustus 2024.

Peserta didik SMA perlu mempersiapkan diri sebelum mengikuti ANBK, terutama AKM. Terdapat dua materi yang diujikan dalam AKM, yakni literasi membaca dan numerasi.

Mengerjakan kumpulan soal numerasi SMA bisa menjadi salah satu alternatif belajar bagi siswa. Peserta didik jenjang SMA dapat mencari kumpulan soal AKM numerasi SMA dan pembahasannya di internet.

Contoh Soal Numerasi SMA ANBK 2024 dan Jawabannya

Di bawah ini akan disajikan sejumlah contoh soal AKM numerasi SMA sebagai bahan belajar bagi siswa. Kumpulan soal numerasi SMA berikut sudah disertai dengan kunci jawaban.

1. Rudi akan bermain kelereng bersama Bima, Sultan, Jaka dan Satriya. Rudi memiliki 120 kelereng. Rudi akan membagikan kelerengnya kepada Bima; 30 persen kelereng kepada Sultan dan 0,15 bagian kepada Jaka. Sisa kelereng Rudi akan dibagi sama banyak untuk dirinya sendiri dan Satriya.

Jika 10 kelereng Satriya diberikan kembali kepada Rudi, berapakah selisih paling banyak antara kelereng yang dimiliki Rudi dengan kelereng milik masing-masing temannya?

A. 23

B. 22

C. 20

D. 14

E. 4

Jawaban: C

Untuk menjawab soal numerasi SMA nomor 2, simak informasi dalam teks berikut!

Andi mengikuti kursus academic writing untuk melatih kemampuannya dalam menulis. Academic writing adalah kemampuan menulis karya ilmiah dalam Bahasa Inggris yang mengikuti kaidah Bahasa Inggris yang baik dan benar. Untuk belajar menulis dengan baik, guru meminta Andi untuk menulis sebuah teks yang terdiri dari 100 kata pada minggu pertama. Kemudian pada minggu-minggu berikutnya Andi harus menambahkan 20 kata untuk setiap minggu.

2. Andi mendapat tugas untuk menulis sebuah teks yang terdiri dari 100 kata pada minggu pertama. Pada minggu-minggu berikutnya, Andi harus menambahkan 20 kata setiap minggu. Andi menuliskan teks dengan jumlah kata sesuai dengan permintaan. Pada minggu ke berapakah Andi menulis teks sebanyak 300 kata?

A. 9

B. 10

C. 11

D. 12

E. 13

Jawaban: C

3. Pada acara 17 Agustus 2020, di desa Jaya Selalu diadakan lomba menari yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok SUPER dan kelompok KEREN. Kelompok SUPER beranggotakan 12 ibu-ibu dan 3 remaja putri, sedangkan kelompok KEREN beranggotakan 4 ibu-ibu dan 4 remaja putri. Setiap sesi perlombaan, akan dipilih satu orang dari masing-masing kelompok secara acak untuk mewakili kelompoknya. Setelah selesai sesi mereka bisa kembali lagi di kelompoknya.

Numerasi

Numerasi. foto/Dok. Kemendikbud

Dalam pemilihan peserta lomba menari tersebut, peluang yang terpilih dari dua kelompok tersebut bukan ibu-ibu adalah ....

A. 1/10

B. 2/10

C. 3/10

D. 4/10

E. 5/10

Jawaban: A

Untuk menjawab contoh soal AKM numerasi SMA nomor 4, simak informasi di bawah ini!

Roket air merupakan roket yang menggunakan tekanan air untuk meluncur. Roket air umumnya menggunakan botol plastik bekas minuman. Meskipun menggunakan bahan-bahan sederhana, memainkan roket air harus dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari kecelakaan.

Dua buah roket diluncurkan dari atas tanah. Roket pertama diluncurkan ke atas hingga kembali lagi jatuh ke tanah. Waktu dan ketinggian roket pertama tersebut dicatat dalam tabel berikut.

Numerasi

Numerasi. foto/Dok. Kemendikbud

Ketinggian roket pertama tersebut dapat dinyatakan sebagai fungsi tinggi (h) terhadap waktu (t), yakni:

h(t) = - 4(t – p)² + 64

Sedangkan ketinggian roket kedua dapat dinyatakan dengan fungsi tinggi (h) terhadap waktu (t) yaitu:

h(t) = - 4t² + 32t

4. Berdasarkan persamaan pada roket pertama, nilai p yang memenuhi adalah ….

A. -4

B. -2

C. 0

D. 2

E. 4

Jawaban: E

Untuk menjawab soal AKM numerasi SMA nomor 5, simak informasi dan gambar di bawah ini!

Pemancar radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan gelombang elektromagnetik. Gelombang ini bisa merambat melalui udara dan bisa juga merambat melalui ruang hampa udara.

Berikut disajikan gambar menara pemancar radio.

Numerasi

Numerasi. foto/Dok. Kemendikbud

PT Radio Kita akan membangun menara pemancar radio baru dengan 4 kawat penyangga dipasang simetris pada menara tersebut, seperti tampak pada gambar berikut:(Gambar)

Numerasi

Numerasi. foto/Dok. Kemendikbud

5. Diketahui nilai tan 53° = 4/3. Jarak pemasangan ujung kawat pendek pada menara terhadap tanah (panjang CE) adalah ....

A. 20,00 m

B. 18,00 m

C. 16,89 m

D. 15 m

E. 11,25 m

Jawaban: A

Untuk menjawab soal numerasi SMA nomor 6, cermati informasi di bawah ini!

Abi berencana untuk membeli sebuah kap lampu di sebuah toko online. Abi menyukai suatu model kap lampu seperti tampak pada gambar berikut.

Numerasi

Numerasi. foto/Dok. Kemendikbud

Setelah diketahui harganya, ternyata uang yang dimiliki tidak cukup untuk membeli kap lampu tersebut. Kemudian, Abi berinisiatif untuk membuat kap lampu serupa tetapi dari bahan-bahan yang ada di rumah. Abi membuat kerangkanya dengan bahan bambu dan penutupnya dengan kain yang sudah tidak terpakai. Abi berpikir bahwa bentuk kap lampu tersebut merupakan bentuk limas persegi yang dipotong sejajar alas. Oleh karena itu, Abi menggambar rancangan kap lampu yang akan dibuatnya sebagai berikut.

Numerasi

Numerasi. foto/Dok. Kemendikbud

6. Kap lampu yang akan dibuatnya seperti gambar bagian II karena sesuai dengan model kap lampu yang diinginkannya.

Luas kain yang diperlukan Abi untuk membuat kap lampu tersebut adalah ....

A. 180 cm²

B. 182 cm²

C. 384 cm²

D. 720 cm²

E. 768 cm²

Jawaban: C

Untuk menjawab soal numerasi SMA nomor 7, cermati informasi di bawah ini!

Pak Bagus memiliki tanah. Luas tanah Pak Bagus adalah 3.000 m². Pak Bagus hendak mewariskan tanahnya kepada 5 orang anaknya. Sesuai dengan saran dari istrinya, Pak Bagus tidak akan membagi tanahnya secara merata kepada anak-anaknya. Ia akan membagi warisannya sesuai dengan kebutuhan anak-anaknya. Semakin banyak cucu dari anaknya, maka semakin banyak bagian tanah yang diterima oleh anaknya. Total banyak cucu Pak Bagus ada 12 orang, sehingga pembagian tanah warisan dibagi sebanyak cucu Pak Bagus yang digambarkan sebagai berikut:

Numerasi

Numerasi. foto/Dok. Kemendikbud

  • Bagian berwarna biru untuk anak pertama.
  • Bagian berwarna kuning untuk anak ke-2.
  • Bagian berwarna merah untuk anak ke-3.
  • Bagian berwarna hijau untuk anak ke-4.
  • Bagian berwarna ungu untuk anak ke-5.

7. Berilah tanda centang (√) pada pernyataan yang benar berkaitan dengan pembagian tanah warisan yang dilakukan oleh Pak Bagus! Pernyataan benar bisa lebih dari satu.

A. Anak pertama mendapatkan 1/3 bagian tanah warisan.

B. Anak ke-2 mendapatkan 1/2 bagian tanah warisan.

C. Anak ke-3 mendapatkan 1/4 bagian tanah warisan.

D. Anak ke-4 mendapatkan 2/3 bagian tanah warisan.

E. Anak ke-5 mendapatkan 1/12 bagian tanah warisan.

Jawaban: A, C, dan E

8. Untuk menjawab contoh soal ANBK SMA nomor 11, simak penjelasan berikut!

Sebuah roket air ditembakkan dari atas gedung dengan ketinggian 90 feet mengarah ke atas dengan persamaan:

h(t) = -8t²+ 20t + 90

dengan h menyatakan ketinggian peluru (dalam feet) dan t waktu dalam detik. Satuan feet disingkat ft atau kaki dapat dikonversi menjadi meter, dimana 1 feet = 0,3048 meter.

Seseorang yang berada di atas gedung lain dengan ketinggian 98 feet akan dapat melihat roket ketika ketinggian roket sama dengan ketinggian tempat orang tersebut berada atau di atasnya.

Berikut adalah pernyataan-pernyataan yang berkaitan dengan percobaan roket air tersebut. Berilah tanda centang pada setiap pernyataan yang benar! Pernyataan benar lebih dari satu!

A. Seorang pada gedung yang berlainan tersebut dapat melihat roket pada interval ½ ≤ t ≤ 2 setelah roket ditembakkan.

B. Roket mencapai ketinggian maksimum pada saat t = 1,5 detik.

C. Pada saat t = 4 detik, ketinggian roket lebih dari 40 feet.

Jawaban: A dan C

9. Untuk menjawab contoh soal ANBK SMA nomor 11, simak gambar berikut!

Numerasi

Numerasi. foto/Dok. Kemendikbud

Di sela mengisi waktu setelah belajar online, Early membuat roti kering. Dari beberapa bentuk loyang roti yang ada, dia memilih bentuk kerucut dan limas segi 4 beraturan. Early mulai membuat adonan roti kering di loyang berbentuk setengah bola dan terisi penuh. Adonan kemudian dituangkan ke loyang kerucut, loyang limas, loyang kerucut, loyang limas, seterusnya secara bergantian hingga adonan habis. Ukuran yang tertera pada gambar setiap bentuk loyang adalah ukuran bagian dalam loyang. Roti kering berbentuk kerucut dinamakan “roker” dan roti kering berbentuk limas dinamakan “rolim”.

Adonan kue yang telah dibuat oleh Early adalah sebanyak ….

A. 359,3 cm3

B. 718,7 cm3

C. 3.234 cm3

D. 5.749,3 cm3

E. 17.248 cm3

Jawaban: D

Untuk menjawab soal numerasi SMA nomor 10, simak teks berikut!

Peningkatan jumlah penduduk di negara P menyebabkan terjadi peningkatan perjalanan di daerah tersebut yang akhirnya berpengaruh juga terhadap kebutuhan transportasi. Namun demikian, ternyata peningkatan perjalanan dan kebutuhan transportasi berdampak pada meningkatnya potensi permasalahan transportasi, salah satunya kecelakaan lalu lintas. Berikut adalah data jumlah kecelakaan di kota P pada periode tahun 2013 s.d. 2017.

Numerasi

Numerasi. foto/Dok. Kemendikbud

10. Berdasarkan grafik, manakah kriteria berikut ini yang memiliki nilai simpangan baku terbesar?

A. Jumlah kecelakaan.

B. Korban luka berat.

C. Korban luka ringan.

D. Korban meninggal dunia.

E. Tidak dapat ditentukan dari grafik.

Jawaban: C

11. Jika bangunan rumah yang direncanakan Pak Diki berukuran panjang 10 m dan lebar 6 m. Pak Diki menginginkan genting berkualitas terbaik. Biaya yang dikeluarkan Pak Diki adalah....

(Keterangan: 2=1,4; 3=1,7)

A. Rp8.653.000

B. Rp8.000.000

C. Rp10.353.000

D. Rp8.108.818

E. Rp8.750.000

Jawaban: A

12. Amanda akan mencoba membuat kap lampu dengan menggunakan bahan kertas dengan diameter lingkaran bagian atas 10 cm, tingginya 24 cm, dan diameter lingkaran bagian bawah 34 cm. Mengacu pada rumus kerucut terpancung, luas kap lampu yang dibuat Amanda adalah....

A. 2.035 cm2

B. 2.120 cm2

C. 3.454 cm2

D. 2.050 cm2

E. 3.500 cm2

Jawaban: A

13. Rina menginginkan kap lampu berbentuk balok dan tabung memunyai luas yang sama. Apabila tinggi balok dan tabung sama, perbandingan tinggi balok dan tabung adalah....

A. 2/3

B. 7/3

C. 11/7

D. 7/11

E. 22/3

Jawaban: C

Pendapatan sopir bus antar kota ditentukan dari besarnya Upah Minimum Regional (UMR) ditambah uang lembur per jam serta hasil kali rata-rata indeks kepuasan pelanggan dan jumlah penumpang dalam sebulan kali 1000. Indeks kepuasan pelanggan dalam bentuk persentase dari 50 sampai 90 persen. Uang lemburnya adalah Rp20.000 per jam dan maksimal lembur dalam satu hari 3 jam.

14. Jika upah minimum regional (UMR) daerah M adalah Rp3,2 juta. Rata-rata indeks adalah i, banyaknya penumpang adalah x, dan jumlah jam lemburnya dalam sebulan adalah y. Dengan begitu, pendapatan sopir bus antar kota dapat ditulis dengan rumus.

A. P=1000ix+20.000y+3.200.000

B. P=20.000x+1000iy+3.200.000

C. P=ix+20.000y+3.200.000

D. p=ix+3.200.000x-20.000y

E. P=iy-20.000y-3.200.000

Jawaban: D

Untuk menjawab soal numerasi SMA nomor 15-16, simak informasi di bawah ini!

dr. Lutfi adalah seorang dokter anak. Sebagai seorang dokter anak, ia pernah ditanyakan oleh beberapa orang tua tentang potensi tinggi badan anak mereka ketika sudah dewasa. Untuk mengetahui potensi tinggi anak, dr. Lutfi menanyakan beberapa pertanyaan seperti berapa tinggi Ayah dan Ibu, serta jenis kelamin anak mereka. Berikut adalah data yang diperoleh dr. Lutfi (dalam cm):

PasanganTinggi ayahTinggi ibuJenis kelamin anak
A170,2163,0Laki-laki
B172,0163,2Perempuan
C168,0163,4Perempuan
D169,5165Laki-laki

Potensi tinggi badan anak memiliki rentang yang ditentukan oleh tinggi badan orang tuanya. Sehingga ada batas bawah dan batas atas dari kemungkinan tinggi badan yang didapatkan anak. Potensi tinggi badan anak saat dewasa dapat dihitung dengan rumus Tinggi Potensi Genetik (TPG) yaitu:

TPG anak laki-laki=(tinggi ibu+13cm+tinggi ayah)/2±8,5

TPG anak perempuan=((tinggi ayah-13cm)+tinggi ibu)/2±8,5

Namun, dr. Lutfi memberi catatan bahwa tinggi badan akhir seorang anak dapat diprediksi sesuai dengan rumus potensi genetik berdasarkan tinggi badan orang tua jika anak tersebut tumbuh dengan optimal.

15. Jika ternyata anak dari pasangan C adalah seorang laki-laki, manakah dari pernyataan-pernyataan berikut yang benar? Berilah tanda centang (√) pada pernyataan yang benar! Jawaban benar lebih dari satu!

A.
Batas atas tinggi potensial anak pasangan tersebut mengalami penurunan sebesar 13 cm.

B.
Hanya batas bawah tinggi potensial anak pasangan tersebut yang naik sebesar 13 cm.

C.
Baik batas bawah ataupun batas atas tinggi potensial anak tersebut akan mengalami kenaikan sebesar 13 cm.

D.
Kesalahan jenis kelamin tidak mempengaruhi selisih antara batas bawah dan batas atas tinggi potensi anak pasangan tersebut.

Jawaban: C,D

16. Berdasarkan data yang diperoleh untuk menghitung TPG anak, dr. Lutfi ingin mengetahui bagaimana jika jenis kelamin anak pasangan A dan B sama-sama laki-laki. Berilah tanda centang (√) pada kolom Ya atau Tidak untuk setiap pernyataan berikut!

PernyataanBenarSalah
A. Batas bawah pasangan B akan menjadi lebih rendah daripada pasangan A.

B. Tidak ada perbedaan selisih batas atas pasangan A dengan B ketika anak pasangan B perempuan maupun laki-laki.

C. Batas bawah dan batas atas TPG pasangan B menjadi lebih tinggi daripada pasangan A.

Jawaban:

A (Salah)

B (Salah)

C (Benar)

Untuk menjawab soal AKM numerasi SMA nomor 17-18, simak informasi berikut!

Perumahan Peduli Lingkungan Sehat adalah sebuah komplek perumahan yang minimalis, bersih, dan rindang. Perumahan ini memiliki tipe rumah 21, 36, dan 54. Harga dari tipe rumah 21 adalah Rp220.000.000,00. Sedangkan harga tipe rumah 21 dengan 36 memiliki selisih yang sama dengan harga tipe rumah 36 dan 54, yaitu Rp140.000.000,00. Pembelian rumah ini dapat dicicil dengan bunga yang dihitung berdasarkan nilai dari periode sebelumnya.

Tipe rumah 21, 36, dan 54

Bunga 10 persen per tahun

Harga mulai Rp220 juta

Perhitungan cicilan:

Harga rumah dikurangi uang muka (apabila ada) kemudian dikali dengan bunga (1 + persentase bunga)waktu. Selanjutnya dibagi secara merata sesuai dengan jangka waktu cicilan.

17. Rumah tipe 21 akan dicicil selama 3 tahun. Berapakah perkiraan cicilan yang harus dibayar setiap tahun apabila sudah membayar uang muka sebesar Rp10.000.000,00?

A. Rp73.300.000,00.

B. Rp84.700.000,00.

C. Rp93.170.000,00.

D. Rp95.300.000,00.

E. Rp97.500.000,00.

Jawaban: C

18. Seseorang ingin membeli rumah tipe 54 secarang langsung atau tanpa cicilan. Ia sudah menabung sebesar Rp10.000.000,00 pada bulan pertama dan rutin menambah tabungannya sebesar Rp7.000.000,00 setiap bulan selama 5 tahun untuk membeli sebuah rumah.

Berdasarkan kondisi tersebut, perhatikanlah pernyataan-pernyataan di bawah ini! Klik pada setiap pernyataan yang benar! Jawaban benar lebih dari satu!

A. Harga rumah tipe 54 adalah Rp260.000.000 juta lebih tinggi dari harga rumah tipe 21.

B. Tabungan selama 5 tahun adalah adalah Rp423.000.000,00.

C. Harga rumah tipe 54 adalah Rp500.000.000.

D. Seseorang tersebut masih harus menabung selama 10 bulan lagi untuk bisa membeli rumah tipe 54.

Jawaban: B, C

Untuk menjawab soal numerasi SMA nomor 19 dan 20, simak informasi berikut!

Gula aren merupakan gula tradisional yang terbuat dari air nira yang berasal dari tandan bunga jantan pohon enau. Dalam proses pembuatan gula aren, air nira dimasak dan diaduk terus menerus sampai terkaramelisasi. Untuk sekali pemasakan seorang produsen dapat mengolah air nira sejumlah 5 liter dan memakan waktu 5 jam dengan api sedang. Dari 5 liter air nira yang dimasak hanya akan menyisakan 50 persen karamelisasi gula. Setelah gula berwarna coklat pekat dan masak, gula akan dicetak ke dalam cetakan batok kelapa berbentuk setengah bola seperti pada gambar berikut.

Keterangan: diameter=6cm

Pengisian karamel gula aren ke dalam cetakan batok biasanya dilakukan sampai 80 persen dari volume yang dapat ditampung cetakan agar gula aren mudah diambil saat sudah mengeras. Agar menghasilkan 1 kg gula aren yang siap jual, pembuat membutuhkan sekitar 6 liter air nira saat musim kemarau. Dengan hasil gula yang sama, saat musim hujan air nira yang dibutuhkan sejumlah 8 liter karena saat musim hujan kadar air dalam nira akan lebih banyak.

19. Perhatikan bentuk dan ukuran cetakan batok gula aren yang disajikan! Berapa banyak karamel gula yang dapat ditampung dalam satu cetakan batok?

(bulatkan hasil ke dua tempat desimal)

A. 11,31 cm3

B. 45,26 cm3

C. 56,57 cm3

D. 90,51 cm3

E. 113,14 cm3

Jawaban: B

20. Pada musim kemarau, dalam sehari seorang pembuat gula aren mampu mengolah air nira menjadi gula sebanyak 6 kali pemasakan. Berilah tanda centang (√) pada setiap pernyataan berikut yang benar! Jawaban benar lebih dari satu!

A. Karamel gula yang dihasilkan dalam sehari adalah sebanyak 18 liter.

B. Gula aren yang mampu dihasilkan dalam sehari adalah sebanyak 5 kg.

C. Karamel gula aren yang dibutuhkan untuk menghasilkan 2 kg gula aren adalah sebanyak 6 liter.

D. Dalam 1 kg gula aren, gula aren yang dihasilkan adalah sebanyak 100 kepingan gula.

Jawaban: B, C

Download Soal AKM Numerasi SMA 2024

Selain mempelajari sejumlah contoh soal ANBK SMA numerasi di atas, siswa juga bisa menguduhnya melalui tautan di bawah ini.

Link download soal AKM numerasi SMA

Baca juga artikel terkait ANBK 2024 atau tulisan lainnya dari Ririn Margiyanti

tirto.id - Edusains
Kontributor: Ririn Margiyanti
Penulis: Ririn Margiyanti
Editor: Yulaika Ramadhani
Penyelaras: Fadli Nasrudin