Contoh Komunikasi Daring Sinkron dan Asinkron

Kontributor: Ai'dah Husnala Luthfiyyah Ans - 13 Sep 2021 22:04 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Mengetahui komunikasi daring sinkron dan asinkron beserta contoh-contohnya.
tirto.id - Dalam kehidupan sehari-hari, manusia memerlukan suatu tindak komunikasi. Melansir buku "Peranan Komunikasi" karya Dr. Sutopo MS, dkk, komunikasi merupakan kebutuhan dasar bagi manusia.

Melalui komunikasi, manusia dapat saling berhubungan dan berinteraksi antara satu dengan yang lainnya.

Pentingnya komunikasi tidak terbatas pada komunikasi personal, tetapi juga dalam tatanan komunikasi organisasi.

Dengan adanya komunikasi yang baik, sebuah komunikasi dapat berjalan dengan lancar dan berhasil, begitu pula sebaliknya.

Komunikasi sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diartikan sebagai bentuk perhubungan; pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami; hubungan; kontak.

Sementara itu menurut Handoko (2002:30 dalam Modul Komunikasi Sinkron dan Asinkron), komunikasi adalah suatu proses pemindahan pengertian dalam bentuk gagasan, informasi, dari seseorang ke orang lain.

Secara singkat, komunikasi terjadi ketika saya berbicara, Anda mengerti, dan sebaliknya jika Anda berbicara, saya mengerti.

Komunikasi dilakukan baik secara lisan atau verbal dan nirkata atau nonverbal. Dari kedua jenis komunikasi tersebut, dapat diketahui bersama bahwa komunikasi adalah sebuah kegiatan atau alat penyampai informasi, kendali, motivasi, serta bentuk pengungkapan emosional.

Berkembangnya teknologi memberikan dampak positif pada sektor komunikasi. Kini, komunikasi jarak jauh semakin mudah dilakukan berkat adanya internet.

Jenis komunikasi yang dilakukan menggunakan jaringan internet ini disebut juga sebagai komunikasi daring.

Jenis-Jenis Komunikasi Daring

Berikut uraian jenis komunikasi daring sebagaimana disebut dalam Modul Komunikasi Sinkron dan Asinkron.

1. Contoh Komunikasi Daring Sinkron (Serempak)

Dalam baktikominfo.id dijelaskan bahwa komunikasi sinkron (serempak) ini merupakan komunikasi yang dilakukan pada waktu bersamaan (real time) menggunakan media perantara berupa komputer, gawai, atau alat sejenisnya. Berikut beberapa bentuk komunikasi sinkron (serempak).

a. Text Chat

Merupakan suatu fitur dalam jaringan internet untuk berkomunikasi langsung dengan sesama pemakai internet yang sedang daring.

Komunikasi teks biasa dilakukan dengan mengirim pesan dengan teks kepada orang lain secara daring, kemudian orang yang dituju membalas pesan dengan teks, demikian seterusnya. Hal tersebut disebut sebagai kegiatan text chatting.

b. Video Call

Merupakan teknologi untuk melangsungkan interaksi berupa video dan audio secara real time antara pengguna di lokasi yang berbeda.

Video call
ini dapat juga berupa interaksi point-to-point, FaceTime dan Skype, atau interaksi multipoint, seperti dalam Google+ Hangouts.

2. Komunikasi Asinkron (Tidak Serempak)

Komunikasi ini merupakan jenis komunikasi yang dilakukan pada waktu yang berlainan. Untuk lebih jelas dan lengkap, berikut uraian contoh komunikasi saring asinkron (tidak serempak) sebagaimana diuraikan dalam Modul Komunikasi Sinkron dan Asinkron.

a. Surel/e-mail

E-mail merupakan singkatan dari electronic-mail yang artinya surat elektronik (surel). Secara singkat, surel merupakan alat pengiriman data, file, teks, foto digital, file audio, dan video dari satu komputer ke komputer lainnya menggunakan jaringan internet.

b. Forum

Komunikasi ini dilakukan dalam suatu kelompok yang biasanya terjadi pada sebuah grup yang terbentuk dalam sebuah platform.

c. Rekaman simulasi visual

Berbeda dengan jenis komunikasi sinkron video call, pada jenis ini kita hanya dapat mengirimkan video kepada lawan bicara tanpa mengetahui keadaan lawan bicara.

d. Membaca dan menulis daring melalui World Wide Web


Komunikasi ini dilakukan seperti saat kita sedang membaca sebuah informasi dari internet. Selain itu, dapat juga dilakukan ketika kita membagikan unggahan dengan disertai keterangan untuk dibaca oleh khalayak ramai.


Baca juga artikel terkait atau tulisan menarik lainnya Ai'dah Husnala Luthfiyyah Ans
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Ai'dah Husnala Luthfiyyah Ans
Penulis: Ai'dah Husnala Luthfiyyah Ans
Editor: Yandri Daniel Damaledo

DarkLight