tirto.id - Menurut Modul PJJ Bahasa Indonesia dari Kemdikbud, iklan merupakan salah satu media informasi yang digunakan untuk memberitahukan kepada khalayak tentang suatu produk/brang dan/atau jasa, menawarkan barang dan/atau jasa, bersifat membujuk atau mendorong warga masyarakat untuk membeli barang dan/atau menggunakan jasa yang ditawarkan.
Iklan pada umumnya bersifat komersial dan bisa disampaikan melalui berbagai jenis media massa seperti radio, surat kabar, majalah, televisi, internet, baliho, selebaran, videotron, atau bioskop.
Iklan secara komersial umumnya digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk menawarkan produk atau jasanya serta memperkenalkan hasil industri dan identitas perusahaan. Selain komersial, iklan juga digunakan oleh pemerintah untuk menyebarkan informasi layanan kepada masyarakat.
Di Indonesia sendiri iklan pertama kali ada sebagai warisan dari pemerintah Belanda. Dilansir dari Repositori UPI YAI, iklan mulai diperkenalkan di Indonesia oleh Jan Pieterzoen Coen pendiri Batavia dan Gubernur Jenderal Belanda tahun 1619-1629.
Saat itu JP Coen menulis surat yang merupakan refleksi naluri bersaing rempah-rempah antara Belanda dan Portugis di Ambon. Tulisan tersebut dimuat di surat kabar pertama di Hindia Belanda tahun 1744 yaitu Batavia Nouvelles.
Hingga saat ini perkembangan periklanan di Indonesia masih berkembang pesat mengikuti zaman. Dalam pertelevisian, periklanan Indonesia diatur dalam SK MENPEN No. 111/90 di mana iklan yang tayangdi televisi haruslah iklan yang diproduksi di dalam negeri dan oleh orang Indonesia.
Ciri-ciri Iklan
Adapun ciri-ciri iklan adalah sebagai berikut:
1. Isi berupa pengenalan barang atau produk dan/atau jasa.
2. Bahasa bersifat persuasif atau membujuk dan mendorong orang untuk membeli atau menggunakan barang dan/atau jasa yang ditawarkan.
3. Bersifat komersial
4. Menargetkan kelompok masyarakat tertentu sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan.
5. Menggunakan media audio, audiovisual, atau cetak.
Apa Tujuan Iklan?
Menurut Terence A. Shimp (2000) tujuan iklan adalah sebagai berikut:
1. Memberikan informasi
Iklan membuat konsumen sadar akan merek-merek baru, mendidik mereka tentang berbagai fitur dan manfaat merek, serta menciptakan citra merek yang positif.
2. Mempersuasi
Iklan yang efektif dapat membujuk konsumen untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan
3. Mengingatkan
Iklan juga berperan sebagai pengingat agar merek perusahaan tetap segar di ingatan konsumen. Bagi pemerintah, iklan juga befungsi sebagai pengingat akan informasi birokrasi tertentu.
4. Memberi nilai tambah
Periklanan dapat memberi nilai tambah pada perusahaan dan produk dengan penyempurnaan kualitas dan inovasi pada merek dengan mempengaruhi persepsi konsumen.
Unsur-unsur Pembentuk Iklan
Adapun unsur-unsur pembentuk iklan menurut Modul Bahasa Indonesia SMP dari Kemdikbud adalah sebagai berikut:
1. Sumber
Seseorang, badan, atau instansi yang memasang iklan dan membiayai pembuatannya.
2. Pesan
Informasi verbal maupun nonverbal yang disampaikan dalam iklan. Informasi tersebut bisa dalam bentuk gambar, kata-kata, gerak, atau suara.
3. Media
Sarana yang digunakan untuk menampilkan atau menayangkan iklan.
4. Penerima
Seseorang atau sekelompok orang yang menjadi sasaran iklan sesuai dengan produk/jasa yang ditawarkan.
5. Efek
Perubahan sikap, pola pikir, perilaku, kebiasaan, dan pola hidup yang terjadi pada penerima setelah menyaksikan/membaca/mendengar iklan tersebut.
6. Umpan balik
Respons atau reaksi utama dari penerima iklan.
7. Konteks
Situasi atau latar belakang yang berhubungan dengan iklan atau tujuan dibuatnya iklan.
Contoh-contoh iklan
Berikut adalah contoh-contoh iklan:
"Ini baru burger yang beda! Cita rasanya bikin nagih. Renyahnya patty daging ayam utuh dipadu dengan saus sambal dan mayonaise-nya semakin mengguncang lidah. Apalagi ditambah saus keju yang lumer. Rasakan tiap gigitan dari burger sensasional baru BigBurger. Cuma 25.000an saja!"
"Jangan asal makan snack. Pilih snack terbaik yang bisa bikin jantung sehat hanya kacang Elang. Faktanya, kacang Elang kaya akan Fitosterol dan Omega 9 yang justru sangat baik untuk organ jantung. Pastinya kacang Elang sangat baik untuk kesehatan jantung hatimu."
"Jangan lewatkan setiap momen berharga Anda. Memorise Photography siap membantu Anda mengabadikan setiap jengkal kebahagiaan Anda. Kami akan memberikan segala yang terbaik mulai dari ulang tahun, pernikahan, hingga acara kantor. Dengan hasil terbaik dan harga terbaik, kami jamin tak akan ada momen terbaik Anda yang terlewatkan!"
"Tanah Dijual! Area Bandung
Jl. Buah Mangga L,370m. bgs. hdp barat
174m²&190m², Jln Panjang. Aks tol dkt
CP. 0826294576, 0826718745"
Penulis: Muhammad Iqbal Iskandar
Editor: Nur Hidayah Perwitasari