Cara Screenshot Samsung A51 Tanpa Tombol Fisik

Penulis: Ibnu Azis - 31 Des 2021 16:35 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Selain pakai tombol fisik, cara ambil screenshot di Samsung Galaxy A51 bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur motion.
tirto.id - Cara screenshot atau screen capture atau memotret layar Samsung A51 untuk menyimpan tampilan layar, secara umum bisa dilakukan dengan menggunakan tombol fisik: power + volume. Namun, ada cara lain yaitu dengan memanfaatkan fitur Motion and Gestures.

Samsung A51 adalah salah satu lini andalan Samsung dari keluarga seri Galaxy A yang telah resmi meluncur di Indonesia pada Januari 2020 lalu. Ponsel ini diumumkan bersama Samsung A71 yang setingkat di atasnya.

Yang menarik dari Galaxy A51 ialah pada segi kamera, layar, dan baterai. Samsung A51 dibekali quad camera, layar 6,5 inci Super AMOLED, dan baterai 4.000mAh. Performanya pun andal berkat chipset Exynos 9611 dengan RAM 6GB.


Dengan spesifikasi tangguh di atas, Samsung A51 juga tawarkan fitur keren, salah satunya yaitu kebutuhan pengguna dalam memotret layar untuk menyimpan tampilannya. Cara screenshot-nya pun tidak konvensional lantaran menggunakan gerakan.

Kendati begitu, Samsung A51 juga masih menawarkan cara screen capture secara reguler yaitu dengan menggunakan tombol. Berikut ini cara screenshot di Galaxy A51 dengan atau tanpa tombol fisik.

Cara aktifkan fitur Motion and Gestures:

  1. Buka Settings
  2. Tap Advanced Features
  3. Pilih Motion and Gestures
  4. Aktifkan opsi Palm Swipe to Capture

Lantas, bagaimana cara menggunakan fitur gerakan tersebut? Tak sulit. Sebagaimana dijelaskan saluran Tech2touch, cukup tentukan area yang akan di-screenshot-nya, kemudian swipe layar dari sisi kanan ke kiri atau sebaliknya dengan tangan.

Bila screenshot itu berhasil diambil, akan terdengar suara shutter seperti saat kita mengambil foto melalui kamera. Sementara hasil screen capture akan disimpan di aplikasi galeri (Gallery > Albums > Screenshots).

Sementara untuk cara manual, bisa menggunakan tombol fisik, yaitu dengan menekan tombol volume down dan tombol power secara bersamaan, sebagaimana dijelaskan laman Vorizon. Hasilnya disimpan di galeri ponsel.


Baca juga artikel terkait SAMSUNG A51 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Yantina Debora
Penyelaras: Ibnu Azis
DarkLight