Cara Memegang Raket dalam Permainan Bulu Tangkis dan Tekniknya

Oleh: Abdul Hadi - 25 November 2021
Dibaca Normal 2 menit
Cara memegang raket dalam permainan bulu tangkis terdiri dari pegangan forehand, backhand, pegangan Inggris, hingga pegangan panci goreng.
tirto.id - Cara memegang raket dalam permainan bulu tangkis termasuk salah satu keterampilan gerak yang harus dikuasai setiap pemain. Landasan utama memukul shuttlecock (kok) terletak pada cara memegang raket. Dengan demikian, penguasaan teknik memegang raket memperbesar peluang keberhasilan memenangkan pertandingan.

Teknik pegangan raket berguna untuk memukul, menerima, dan mengembalikan pukulan kok dari lawan.

Tatang Muhtar dan Sumarno dalam Bulutangkis (2008) menuliskan bahwa seorang pemain dianggap menguasai cara memegang raket dengan baik ketika ia dapat menerima dan mengembalikan segala macam pukulan dengan mudah dan bebas.

Cara Memegang Raket dalam Permainan Bulu Tangkis dan Teknik Melakukannya


Dalam permainan bulu tangkis, setidaknya terdapat sejumlah cara memegang raket, sebagaimana dikutip dari buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (2017) yang ditulis Sumaryoto dan Soni Nopembri.

Beberapa cara memegang raket itu terdiri dari, (1) pegangan cara Inggris (English grip), (2) pegangan backhand (backhand grip), (3) pegangan forehand (forehand grip) dan (4) pegangan panci goreng (frying pan grip).

1. Pegangan Cara Inggris (English Grip)


Pegangan Inggris juga dikenal sebagai pegangan kapak. Sebab, memegang raketnya mirip seperti memegang kapak. Pegangan ini menjamin rasa aman sepanjang permainan karena pegangannya terasa kuat dan tak mudah lepas.

Pegangan Inggris berguna untuk menangkis dan memukul bola yang datang dari arah kanan tubuh. Selanjutnya, kok dapat dibalikkan dengan pukulan forehand secara cermat. Pemain juga dapat mengatur kecepatan kok dan mengarahkan sasarannya dengan mudah.

Cara melakukan pegangan Inggris adalah sebagai berikut.

  • Letakkan raket miring di atas lantai.
  • Ambil raket, diangkat pegangannya sampai bagian tangan antara ibu jari dan jari telunjuk menempel pada bagian permukaan pegangan yang kecil atau sempit.
  • Raket dipegang tanpa diubah-ubah atau dalam kondisi statis.
  • Letak ujung ibu jari tidak melebihi dan tidak kurang dari jari telunjuk.

2. Pegangan Backhand (Backhand Grip)

Pegangan backhand dalam permainan bulu tangkis cocok untuk melancarkan pukulan backhand atau pukulan netting. Pegangan backhand digunakan sebagai tangkisan antisipatif, bukan sebagai ancang-ancang pukulan utama.

Cara melakukan pegangan backhand adalah sebagai berikut.

  • Pegang bagian pegangan raket di posisi awalan.
  • Gunakan genggaman empat jari, yakni jari telunjuk, jari tengah, jari manis, dan jari kelingking.
  • Sementara itu, posisi ibu jari diluruskan pada bagian yang berlawanan dengan keempat jari tersebut.


3. Pegangan Panci Goreng (Frying Pan Grip)

Pegangan panci goreng atau frying pan grip adalah pegangan raket paling kuno dalam permainan bulu tangkis. Dari tampilannya, pegangan ini tampak kaku, namun sebenarnya efektif dalam memukul smash di depan net.

Nama lain pegangan panci goreng adalah pegangan gebuk kasur atau pegangan Amerika. Gunanya yang lain adalah untuk menangkis kok di atas net dan menyarangkannya dengan tajam ke lapangan lawan.

Cara melakukan pegangan panci goreng adalah sebagai berikut.

  • Letakkan raket di lantai secara mendatar.
  • Ambil raket dan pegang handelnya.
  • Posisikan bagian tangan antara ibu jari dan jari telunjuk menempel pada bagian handel yang permukaannya lebar.
  • Posisi tangan telungkup seperti memegang panci goreng.

Selain itu, pastikan gerakan tangan fleksibel dan tidak kaku, namun secara bersamaan pegangan tetap harus kuat untuk menangkis kok.

Jika bola dalam kondisi tinggi dan pas, pemain dapat langsung melepaskan smash mematikan ke arah lapangan lawan dengan pegangan panci goreng ini.

4. Pegangan Forehand (Forehand Grip)

Pegangan forehand atau pegangan depan (forehand grip) biasanya dilakukan untuk melepaskan pukulan overhead hingga pukulan smash. Pegangan forehand ini memungkinkan pemain untuk melepaskan kok dengan tenaga penuh sehingga sukar ditangkis lawan.

Cara melakukan pegangan forehand adalah sebagai berikut.

  • Pegang bagian pegangan raket di posisi awalan.
  • Posisi ibu jari dan jari telunjuk harus membentuk huruf "V" dalam pegangan forehand.
  • Posisikan ketiga jari lainnya, yakni jari tengah, jari manis, dan jari kelingking memegang raket sedikit terpisah dari jari manis.
  • Sementara itu, posisikan ibu jari tepat berada diantara jari manis dan ketiga jari tersebut.

Baca juga artikel terkait CARA MEMEGANG RAKET DALAM BULU TANGKIS atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Abdul Hadi
Penyelia: Addi M Idhom
DarkLight