Cara Download Rapor Pendidikan 2022: Unduh Hasil Asesmen Nasional

Kontributor: Ega Krisnawati, tirto.id - 23 Sep 2022 09:51 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Cara download rapor pendidikan 2022 yang menjadi bagian dari program Merdeka Belajar Episode ke-19.
tirto.id - Bagaimana cara mendownload rapor pendidikan 2022? Rapor Pendidikan menjadi bagian dari program Merdeka Belajar Episode ke-19. Platform ini resmi dirilis pada awal April 2022 oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim.

Rapor Pendidikan adalah platform yang menghadirkan data kualitas satuan pendidikan atau daerah. Data ini didapat dari berbagai asesmen atau survei nasional.

Platform ini diklaim sebagai penyempurnaan dari Rapor Mutu dan diharapkan bisa menjadi acuan untuk identifikasi, refleksi, dan pembenahan kualitas pendidikan Indonesia.

Platform Rapor Pendidikan menaksir indikator yang disusun dari input, proses, dan output pendidikan. Indikator itu diturunkan dari 8 Standar Nasional Pendidikan.

Di samping itu, dalam Rapor Pendidikan, satuan pendidikan tidak melakukan pengisian (input) data ke aplikasi. Lantaran, data akan diambil dari berbagai sistem dan sumber data yang sudah ada, seperti Dapodik, SIMPKB, AN, BPS, dan sumber lain yang relevan, demikian dikutip dari Buku Saku Rapor Pendidikan Indonesia.

Lantas, bagaimana cara unduh platform Rapor Pendidikan?



Cara Unduh Rapor Pendidikan


Berikut adalah cara unduh platform Rapor Pendidikan dilansir dari Pusat Informasi Rapor Pendidikan.

1. Klik menu "Tindak Lanjut" pada bagian atas laman Rapor Pendidikan

2. Pilih tahun di mana data disajikan, lalu klik “Unduh”

3. Jika data sudah berhasil diunduh, Anda akan mendapatkan pemberitahuan seperti di bawah ini, kemudian Anda dapat memilih file excel yang berhasil diunduh

Jika Anda sudah berhasil mengunduh data hasil Rapor Pendidikan, rincian data yang akan didapatkan adalah sebagai berikut:

    • Nomor dan Nama Indikator
    • Nilai Sekolah Anda
    • Capaian
    • Detail Perbandingan
    • Rentang nilai
    • Definisi Indikator
    • Definisi Capaian
    • Waktu Pengkinian data
    • Level

Hasil dari mengunduh Rapor Pendidikan dapat digunakan sebagai acuan dalam melakukan refleksi dan evaluasi bersama tenaga pendidik di satuan pendidikan. Selain itu, Rapor Pendidikan yang sudah diunduh juga bisa digunakan sebagai dasar Perencanaan Berbasis Data (PBD).

PDB adalah bentuk pemanfaatan data rapor pendidikan sebagai bentuk intervensi satuan maupun dinas pendidikan maupun pemerintah daerah terhadap mutu dan capaian pendidikannya. Tujuan dari PDB adalah untuk mencapai peningkatan dan perbaikan mutu pendidikan yang berkesinambungan.

Dalam hal ini, PDB disesuaikan dengan kebutuhan satuan pendidikan atau dinas berdasarkan identifikasi masalah yang berasal dari data pada platform Rapor Pendidikan.

Setelah itu, PDB mendorong satuan pendidikan dan dinas pendidikan untuk melakukan pembenahan melalui penyusunan kegiatan peningkatan capaian berdasarkan hasil identifikasi dan refleksi terhadap capaian di Rapor Pendidikan dan kondisi lapangan.

Agar tidak gagal mengunduh platform Rapor Pendidikan, pastikan Anda terhubung dengan koneksi internet yang stabil. Namun, jika tidak ada masalah dengan koneksi internet dan masih berkendala saat mengunduh data hasil Rapor Pendidikan, silakan isi form ini agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.


Baca juga artikel terkait RAPOR PENDIDIKAN atau tulisan menarik lainnya Ega Krisnawati
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Ega Krisnawati
Penulis: Ega Krisnawati
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight