Bagaimana Cara Login Rapor Pendidikan Indonesia Kemendikbud?

Penulis: Yonada Nancy, tirto.id - 21 Sep 2022 11:45 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Satuan dan dinas pendidikan harus punya akun Belajar.id agar bisa login di laman Rapor Pendidikan Indonesia, raporpendidikan.kemdikbud.go.id.
tirto.id - Rapor Pendidikan Indonesia sudah bisa diakses oleh publik maupun petugas satuan pendidikan dan dinas pendidikan sejak awal April 2022. Admin dan petugas satuan pendidikan yang sudah memiliki akun bisa langsung melakukan login di laman raporpendidikan.kemdikbud.go.id.

Rapor Pendidikan Indonesia sendiri merupakan platform yang berisi data penilaian kualitas satuan pendidikan atau daerah. Platform ini dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebagai bagian dari program Merdeka Belajar Episode ke-19.

Data-data penilaian di Rapor Pendidikan Indonesia diperoleh dari berbagai asesmen dan survei nasional. Harapannya, data-data tersebut dapat menjadi acuan untuk identifikasi, refleksi, serta pembenahan kualitas pendidikan Indonesia.

Data Penilaian yang Ada di Rapor Pendidikan Indonesia


Ada beragam data yang bisa diakses secara publik melalui Rapor Pendidikan Indonesia. Mengutip dari Pusat Asesmen Pendidikan (Pusmendik), berikut data-data penilaian yang tercantum di platform Rapor Pendidikan Indonesia:
  • Data capaian hasil belajar, terdiri dari kemampuan literasi, kemampuan numerasi, dan karakter.
  • Data pemerataan hasil belajar murid berdasarkan wilayah urban-rural terkait pemerataan literasi, numerasi, dan karakter.
  • Data kualitas proses pembelajaran peserta didik, meliputi kualitas pembelajaran, indeks refleksi guru, dan kepemimpinan instruksional.
  • Data iklim satuan pendidikan, termasuk iklim keamanan sekolah, kesetaraan gender, kebinekaan, dan inklusivitas.

Cara Login Rapor Pendidikan Indonesia Kemendikbud


Bagi satuan pendidikan yang ingin mengakses data Rapor Pendidikan Indonesia Kemendikbud diharuskan memiliki akun belajar.id dan melakukan login terlebih dahulu.

Perlu diketahui pihak yang berwenang mengakses akun Rapor Pendidikan Indonesia adalah kepala sekolah, dinas pendidikan daerah, atau operator sekolah. Selain pihak tersebut dapat mengakses data publik.

Berikut tata cara login Rapor Pendidikan Indonesia Kemendikbud:

  1. Buka website raporpendidikan.kemdikbud.go.id.
  2. Klik tombol “Masuk sebagai Satuan/Dinas Pendidikan.”
  3. Pilih akun Google dengan alamat e-mail berakhiran @dinas.belajar.id atau @admin.jenjang.belajar.id.
  4. Jika perangkat yang digunakan bukan perangkat pribadi, klik "gunakan akun lain" dan login menggunakan alamat e-mail yang berakhiran @dinas.belajar.id atau @admin.jenjang.belajar.id.
  5. Jika alamat e-mail benar, maka pengakses otomatis akan berhasil login.
  6. Namun, jika login tidak berhasil muncul halaman "eror 403:org_internal."

Cara Mengatasi Kendala Login Rapor Pendidikan Indonesia Kemendikbud



Kendala login atau tampilan "eror 403:org_internal" Rapor Pendidikan Indonesia memang dapat terjadi karena berbagai faktor. Beberapa alasan mengapa kendala tersebut terjadi karena:

  • Pengakses bukan kepala sekolah atau dinas pendidikan daerah (saat ini, baru kepala sekolah dan dinas pendidikan daerah yang bisa mengakses website Rapor Pendidikan);
  • Pengakses menggunakan akun e-mail pribadi;
  • Pengakses belum memiliki Akun Pembelajaran (belajar.id);
  • Pengakses belum mengaktifkan akun belajar.id.

Sesuai dengan panduan yang tercantum di laman Pusat Informasi Rapor Pendidikan Indonesia, berikut cara mengatasi kendala-kendala tersebut:

  • Tidak melakukan login menggunakan akun e-mail pribadi. Pastikan login dengan akun Belajar.id atau e-mail yang digunakan berakhiran @dinas.belajar.id, atau @admin.jenjang.belajar.id.
  • Hanya kepala satuan pendidikan, dinas pendidikan daerah, atau operator sekolah yang bisa mengakses hasil penilaian satuan pendidikan/dinas pendidikan. Bagi yang bukan, maka dapat melihat data publik dengan memilih menu "Lihat Data Publik."
  • Bagi pengakses yang belum memiliki akun Belajar.id direkomendasikan untuk membuat akun Belajar.id terlebih dahulu dengan mengisi formulir di link ini.
  • Bagi pengakses yang belum mengaktifkan akun Belajar.id dapat melakukan aktivasi terlebih dahulu atau kunjungi panduan di link ini.
  • Jika terjadi kendala lain, pengakses dapat mengajukan bantuan dengan mengisi formulir layanan pengaduan di link ini.


Baca juga artikel terkait PROGRAM MERDEKA BELAJAR atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Yonada Nancy
Editor: Addi M Idhom

DarkLight