tirto.id - Calon mahasiswa baru ITB 2024 perlu mengetahui cara daftar ulang SNBT 2024, beserta jadwal dan syaratnya. Berikut ini adalah informasi mengenai hal tersebut.
Pengumuman hasil UTBK SNBT 2024 sendiri sudah diumumkan pada 13 Juni 2024 yang lalu, tepatnya pada pukul 15.00 WIB.
Untuk mengecek hasil pengumuman UTBK SNBT 2024, peserta seleksi bisa mengunjungi laman resmi SNPMB atau via link mirror pada masing-masing PTN yang bersangkutan.
Kemudian, setelah mengetahui hasil seleksi UTBK SNBT 2024, peserta yang lolos seleksi, harus melakukan daftar ulang di PTN tujuan, salah satu PTN tersebut adalah ITB atau Institut Teknologi Bandung.
Jadwal Daftar Ulang SNBT 2024 ITB Bandung
Jadwal daftar ulang ITB atau Institut Teknologi Bandung bagi peserta yang lolos seleksi SNBT 2024 ITB adalah pada 18-22 Juni 2024.
Pendaftaran ulang ITB jalur SNBT 2024 dilakukan secara daring atau online.
Untuk mengetahui jadwal lengkap proses daftar ulang calon mahasiswa baru ITB jalur SNBT 2024 serta daftar pengisian rencana studi mahasiswa ITB, berikut ini adalah jadwal yang telah disusun oleh ITB, sebagaimana dirujuk dari laman resmi ITB:
- Pendaftaran ulang mahasiswa baru program sarjana jalur SNBT, tahun 2024/2025: 18 Juni 2024 (pukul 00.00 WIB) – 22 Juni 2024 (pukul 23.59 WIB)
- Unduh Kit Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru: 18 Juni 2024 – 22 Juni 2024
- Pembayaran UKT (Uang Kuliah Tunggal): 25 Juni 2024 – 29 Juni 2024
- Pembukaan dan penawaran kelas oleh program studi: 20 Mei 2024 (pukul 00.00 WIB) – 20 Juni 2024 (23.59 WIB)
- Pengisian rencana studi oleh mahasiswa: 24 Juni 2024 (pukul 08.00 WIB) – 27 Juni 2024 (pukul 10.00 WIB)
- Pengisian kuesioner evaluasi perkuliahan: 25 Juni 2024 (pukul 00.00 WIB) – 25 Juni 2024 (pukul 23.59 WIB)
- Survei tahap ketiga pemilihan program studi bagi mahasiswa ITB: 23 Mei 2024 (pukul 00.00 WIB) – 26 Juni 2024 (pukul 23.59 WIB)
- Penggantian rencana studi oleh mahasiswa: 9 Juli 2024 (pukul 08.00 WIB) – 11 Juli 2024 (pukul 10.00 WIB)
Link Daftar Ulang ITB Bandung Jalur SNBT 2024
Proses daftar ulang calon mahasiswa baru ITB yang lolos melalui jalur SNBT 2024 dilakukan secara daring atau online.
Untuk melakukan daftar ulang tersebut, calon mahasiswa baru ITB bisa menuju laman berikut ini https://akademik.itb.ac.id/.
Sesudah itu, calon mahasiswa baru ITB 2024 yang lolos melalui jalur SNBT harus melakukan aktivasi akun melalui link berikut ini https://akademik.itb.ac.id/pmb/aktivasi.
Berkas Daftar Ulang SNBT ITB Bandung yang Perlu Dipersiapkan
Untuk melakukan proses daftar ulang, calon mahasiswa baru ITB harus melakukan pengisian data dan mengunggah sejumlah file atau berkas yang sudah di scan dalam format PDF atau JPEG/JPG.
Beberapa berkas yang wajib disiapkan sebagaimana dilansir dari Petunjuk Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB SNBT 2024 adalah:
1. Kartu Peserta SNBT 2024, asli.
2. Ijazah SMA/SMK/MA/MAK/Paket C, asli.
3. Khusus lulusan tahun 2024 yang belum memperoleh Ijazah asli, diwajibkan mengunggah Surat Tanda Kelulusan (STL) Sementara atau Surat Keterangan Kelas XII.- Surat Tanda Kelulusan Sementara (STL) atau Surat Keterangan Kelas XII harus memuat foto calon mahasiswa dan diberi cap Sekolah (cap sekolah harus mengenai foto calon mahasiswa)
- Kelulusan SMA merupakan syarat utama untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri. ITB akan membatalkan status kelulusan dari penerimaan mahasiswa baru bagi calon mahasiswa yang tidak mampu menunjukkan bukti kelulusan SMA
- Ijazah asli WAJIB diunggah pada tanggal 22 Juli – 16 Agustus 2024
4. Akta Kelahiran, asli.
- Tidak dapat menggunakan Surat Kenal Lahir dan/atau dokumen sejenis selain Akta Kelahiran
- Kartu Keluarga (KK) tidak dapat digunakan sebagai pengganti dokumen Akta Kelahiran
- Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki akta kelahiran, agar segera mengurus pembuatan akta dan wajib mengunggah berkas tersebut antara tanggal 1 – 15 Juli 2024
5. Bukti Kepemilikan Asuransi Kesehatan.
- Asuransi kesehatan adalah asuransi yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit, dan bukan Asuransi Kecelakaan
- ITB mewajibkan seluruh mahasiswa memiliki Asuransi Kesehatan selama menempuh pendidikannya di ITB
- Asuransi BPJS adalah asuransi yang minimal harus dimiliki oleh calon mahasiswa.
- Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki asuransi kesehatan pada jadwal pendaftaran online di atas, wajib mengunggah bukti kepemilikan asuransi kesehatan antara tanggal 1 – 15 Juli 2024
6. Surat Keterangan Bebas Buta Warna ASLI dari Dokter Spesialis Mata.
- Surat Keterangan Bebas Buta Warna Total maupun Parsial, untuk Fakultas/Sekolah/Program Studi berikut :
* Sekolah Farmasi (SF)
* Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) – Program Sains
* Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM)
* Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)
* Program Studi Kimia (FMIPA-IPA)- Surat Keterangan Bebas Buta Warna Total (buta warna parsial diperkenankan), untuk Fakultas/Sekolah/Program Studi berikut :
* Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) – Program Rekayasa
* Program Studi Teknik Kimia (FTI-SP)
* Program Studi Teknik Bioenergi dan Kemurgi (FTI-SP)
- Surat Keterangan Bebas Buta Warna dari Dokter selain Dokter Spesialis Mata tidak dapat digunakan
- Surat Keterangan harus sesuai dengan format yang disediakan ITB di link berikut ini:
Link unduh surat keterangan hasil pemeriksaan mata.
Info UKT ITB 2024
Salah satu bagian dari proses daftar ulang adalah pembayaran UKT atau Uang Kuliah Tunggal. Besaran UKT atau Uang Kuliah Tunggal yang harus disiapkan dan dilunasi oleh mahasiswa ITB adalah berikut ini:
- Semua prodi SBM (Sekolah Bisnis dan Manajemen) : Rp 500.000,- s.d Rp 14.500.000,-
- Semua prodi FMIPA, SITH, SF, FITB, FTTM, STEI, FTSL, FTI, FTMD, SAPPK, dan FSRD : Rp 500.000,- s.d Rp 12.500.000,-
- Semua prodi Fakultas dan Sekolah di ITB Kampus Cirebon : Rp 500.000,- s.d Rp 12.500.000,-
Pembayaran UKT wajib dilunasi oleh calon mahasiswa baru ITB pada 25-29 Juni 2024. Setelah dilunasi, proses administrasi akademik mahasiswa baru ITB baru bisa diproses dan baru akan diberikan Nomor Induk Mahasiswa (NIM).
Penulis: Lucia Dianawuri
Editor: Yulaika Ramadhani