Menuju konten utama

Cara Daftar KIP Kuliah 2023 PTKIN di IAIN Langsa & Syarat Berkas

Cara daftar KIP Kuliah 2023 PTKIN di IAIN Langsa dan berkas persyaratanya adalah sebagai berikut.

Cara Daftar KIP Kuliah 2023 PTKIN di IAIN Langsa & Syarat Berkas
Ilustrasi KIP Kuliah. foto/https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

tirto.id - Pendaftaran KIP Kuliah 2023 untuk mahasiswa baru IAIN Langsa dari jalur SPAN PTKIN 2023 dapat dilakukan bersamaan dengan proses daftar ulang.

Adapun jadwal daftar ulang mahasiswa baru dari jalur SPAN PTKIN 2023 di IAIN Langsa mulai dari 5 April hingga 31 Mei 2023. Di periode yang sama, berkas pendaftaran KIP Kuliah bisa diserahkan.

IAIN Langsa merupakan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Kota Langsa, Aceh. Tahun ini, IAIN Langsa membuka seleksi mahasiswa baru melalui SPAN PTKIN saja. Hasil seleksi SPAN PTKIN sudah diumumkan pada 3 April lalu.

Sementara itu, KIP Kuliah merupakan bantuan beasiswa dari pemerintah yang memungkinkan para mahasiswa dari keluarga kurang mampu untuk menjalani kuliah secara gratis. Penerima KIP Kuliah 2023 juga berkesempatan mendapatkan uang saku bulanan untuk biaya hidup saat kuliah.

Syarat Pendaftaran KIP Kuliah 2023 UIN Langsa

Pendaftaran KIP Kuliah 2023 di IAIN Langsa menjadi satu paket dengan proses daftar ulang SPAN PTKI 2023.

Maka itu, calon mahasiswa baru dari jalur SPAN PTKIN di IAIN Langsa yang berminat mendapatkan beasiswa KIP Kuliah 2023 dan bisa memenuhi syarat, perlu menyerahkan berkas tambahan ketika melakukan pendaftaran ulang.

Berikut detail persyaratan untuk daftar ulang SPAN PTKIN beserta pendaftaran KIP Kuliah 2023 di IAIN Langsa:

1. Syarat daftar ulang SPAN PTKIN 2023 IAIN Lansa:

  • Pasfoto berwarna terbaru;
  • Hasil Scan/Foto Kartu Pendaftaran SPAN-PTKIN 2023;
  • Hasil Screnshot Bukti Kelulusan SPAN-PTKIN 2023;
  • Hasil Scan/Foto Surat Keterangan Lulus;
  • Hasil Scan/Foto KTP/Kartu Pelajar;
  • Hasil Scan/Foto Surat Keterangan Pemeriksaan Narkoba (Bisa disusulkan saat kuliah)
  • Hasil Scan/Foto Kartu Keluarga;
  • Hasil Scan/Foto Bukti Prestasi (jika ada);
  • Hasil Scan/Foto Slip (Bukti) Pembayaran Jas Almamater Rp150.000 Disetor pada Bank Aceh Syari’ah dengan No. Rekening : 650.01.08.000011-1 an. Kocika STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa);
  • Hasil Scan/Foto Slip (Bukti) Pembayaran Sumbangan Pembangunan Masjid Kampus (disetor ke Bank Aceh Syari’ah dengan No. Rekening : 650.02.20.0122109 an. Pengurus BKM IAIN ZCK)
  • Hasil Scan/Foto Kartu KIP/ KKS/ PKH/ KJP/ Surat Keterangan Terdaftar pada DTKS dari Dinas Sosial yang masih aktif (bila ada dan mau ikut seleksi UKT);
  • Hasil Scan/Foto Surat Keterangan Keadaan Keluarga bermaterai (Link Format), Bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) cukup melampirkan Slip Gaji terakhir saja (bila mau ikut seleksi UKT);
  • Hasil Scan/Foto Keadaan Rumah Calon Mahasiswa (link format) (bila mau ikut seleksi UKT);
  • Hasil Scan/Foto rekening pembayaran listrik (bila mau ikut seleksi UKT).

2. Syarat Pendaftaran KIP Kuliah 2023 di UIN Langsa:

  • Fotokopi kartu KIP/ KKS/ PKH/ KJP/Surat Keterangan Terdaftar pada DTKS dari Dinas Sosial;
  • Fotokopi Kartu Peserta SPAN-PTKIN 2023 (Screnshot Bukti Kelulusan SPAN-PTKIN 2023);
  • Formulir Pendaftaran KIP Kuliah dilengkapi dengan pas Foto Ukuran 3x4 cm sebanyak 3 lembar (link Formulir);
  • Fotokopi Ijazah/SKHU/SKL yang telah dilegalisasi;
  • Fotokopi Rapor Semester 1-5 yang telah dilegalisir;
  • Surat Rekomendasi Kepala Sekolah/ Madrasah (Link Format);
  • Surat Keterangan Prestasi/Peringkat siswa dan bukti prestasi lain dibidang kokurikuler dan ekstrakurikuler yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah/Madrasah (Link Format);
  • Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua yang dikeluarkan dari Kepala Desa (Link Format);
  • Fotokopi Kartu Keluarga;
  • Fotokopi Rekening Listrik bulan terakhir;
  • Foto Keadaan Rumah Calon Mahasiswa;
  • Foto calon mahasiswa bersama dengan orang tua/wali dicetak ukuran 5R (berwarna).

*Keterangan: Berkas pendaftaran KIP Kuliah bisa diantar langsung ke Kampus IAIN Langsa atau dikirim via POS ke Subbagian Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama IAIN Langsa (Jl. Meurandeh, Kec. Langsa Lama, Kota Langsa, Aceh 24416), dengan jadwal pada 5 April sampai 31 Mei 2023..

Cara Daftar Ulang SPAN PTKIN 2023 IAIN Langsa & KIP-K

Sementara itu, berikut ini tata cara untuk pendaftaran ulang SPAN PTKIN 2023 di IAIN Langsa dan mendaftar KIP Kuliah 2023 (KIP-K).

1. Bula laman pmb.iainlangsa.ac.id/ lalu klik tombol “Masuk”.

2. Atau, langsung buka laman pmb.iainlangsa.ac.id/login

3. Untuk login, masukkan NISN sebagai ID Pendaftar, dan PIN berupa Tanggal Lahir dengan format tanggalbulantahun (Contoh : 16042022). kemudian klik LOGIN.

4. Lengkapi data Biodata di menu-menu berikut:

  • Identitas (jika sudah diisi, klik “Simpan dan Lanjutkan”)
  • Alamat Lengkap (jika sudah diisi, klik “Simpan dan Lanjutkan”)
  • Data Orang Tua (jika sudah diisi, klik “Simpan dan Lanjutkan”)
  • Asal Sekolah (jika sudah diisi, klik “Simpan dan Lanjutkan”)
  • Pilihan Prodi (jika sudah diisi, klik “Lanjut Isi Berkas").

5. Kemudian klik Menu Berkas Administrasi (Upload Pas Foto dan Berkas Pendukung untuk calon mahasiswa yang mengikuti seleksi Uang Kuliah Tunggal). Lalu klik SIMPAN.

6. Jika tidak berminat mengikuti seleksi UKT (Uang Kuliah Tunggal), hanya unggah pasfoto, lalu klik SIMPAN.

7. Menu KIP Kuliah akan muncul jika calon mahasiswa berhak mendaftar KIP Kuliah.

8. Lalu klik “Daftar KIP KULIAH” untuk calon mahasiswa yang mengikuti KIP Kuliah

9. Klik kotak untuk checklist "Saya menyetujui dan menyatakan bahwa mengikuti program KIP Kuliah."

10. Kemudian klik “Daftar KIP KULIAH.”

11. Lalu, klik “Ubah Berkas” untuk unggah berkat syarat KIP KULIAH

12. Klik “Simpan” jika semua berkas KIP Kuliah sudah diunggah.

13. Jika TIDAK mengikuti seleksi KIP Kuliah, klik “Lewati Tahap Ini.”

14. Lalu klik Menu Pengumpulan Data (Isi Kuesioner dan checklist "Saya menyetujui dan menyatakan bahwa semua data yang telah saya isikan adalah BENAR dan dapat dipertanggung jawabkan"). Kemudian, klik “Kumpulkan Data.”

15. Klik Menu “Hasil Seleksi” dan klik “Selanjutnya” (Checklist Persetujuan lalu klik “Selanjutnya”).

16. Klik Menu “Daftar Ulang” dan klik “Ubah Berkas” untuk Upload Berkas Daftar Ulang (tombol Selanjutnya akan aktif 2 hari setelah pembayaran UKT untuk melihat Nomor Induk Mahasiswa);

17. Masuk ke Menu “KEUANGAN” minimal 7 hari setelah Pengumpulan Data untuk melihat nilai besaran UKT (Uang Kuliah Tunggal);

13. Jika UKT sudah muncul, checklist Tagihan dan Generate VA;

14. Kode VA tersebut digunakan saat membayar UKT;

15. UKT bisa dibayar melalui Teller Bank Syariah Indonesia (BSI) dengan menunjukkan Kode VA yang masih berlaku atau dengan BSI Mobile.

Informasi selengkapnya bisa dicek melalui link ini.

Baca juga artikel terkait EDUKASI DAN AGAMA atau tulisan lainnya dari Tifa Fauziah

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Tifa Fauziah
Penulis: Tifa Fauziah
Editor: Addi M Idhom